Cek 4 Komponen Mobil Ini Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Properti dan Solusi

Cek 4 Komponen Mobil Ini Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Memasuki musim hujan sejumlah hal perlu kalian antisipasi. Terlebih bagi kalian yang sering bepergian menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil. Hal itu dikarenakan hujan dapat membatasi jarak pandang kita ketika berkendara. Selain itu, jalanan yang lincin pun bisa memengaruhi keselamatan pengendara. Maka dari itu, untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan saat hujan tiba, kalian pun mesti mengecek beberapa komponen mobil sebelum digunakan. Lalu apa saja yang perlu kalian cek ketika akan berkendara di musim hujan?

Cek 4 Komponen Mobil Ini Sebelum Berkendara di Musim Hujan

Berikut beberapa diantaranya.

Ketika hujan tiba, jarak pandang pengendara bisa menjadi terbatas. Apalagi jika hujan yang turun sangat deras. Hal itu bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan. Untuk itu, lampu mobil menjadi salah satu bagian yang harus diperhatikan. Jangan sampai lampu mobil tidak menyala ketika akan digunakan pada musim hujan.

[Baca Juga: Cara Merawat Ban Mobil Agar Tetap Awet]

Lebih baik lagi jika mobil kalian dilengkapi dengan lampu kabut atau yang biasa disebut foglamp. Sebab sesuai dengan namanya, lampu tersebut bisa dimanfaatkan untuk memecah kabut yang biasa muncul saat hujan tiba. Selain ampu depan, lampu belakang atau lampu re juga sangat berperan penting. Jangan sampai lampu rem tidak menyala saat terjadinya hujan karena bisa membahayakan mobil yang berada di belakang kalian.

Setelah lampu, wiper menjadi komponen yang paling penting ketika hujan tiba. Hal itu dikarenakan fungsi wiper yang mampu menghapus butiran air hujan agar pandangan pengendara bisa lebih jelas. Maka dari itu, menjaga wiper agar kondisinya tetap baik adalah hal penting. Cobalah untuk mengganti wiper paling tidak 6 bulan sekali. Lakukan hal tersebut agar karet wiper bisa menyapu air dengan baik. Selain wiper, kalian juga harus sering membersihkan kaca mobil. Sebab, kaca mobil yang kotor dapat membuat umur karet wiper lebih pendek.

Di musim hujan, banyak kecelakaan terjadi akibat ban yang slip karena jalanan yang licin. Untuk itu, kalian perlu rutin mengecek kondisi ban mobil paling tidak satu bulan sekali. Cek tekanan angin agar ban tidak tiba-tiba kempes ketika berkendara di tengah hujan. Selain itu, pastikan ban dalam kondisi layak untuk digunakan. Jika ternyata diketahui karet ban mobil kalian sudah tipis, sebaiknya segera ganti di bengkel-bengkel terdekat. Kalian pun bisa mencari berbagai macam ban mobil mulai dari harga Rp100.000an. Mengganti ban pilihan yang tepat dapat membantu kalian terhindar dari risiko melayang di atas air dan tergenlincir ketika hujan.

[Baca Juga: Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari Saat di Dalam Kendaraan Umum]

Kaki-kaki mobil, adalah komponen krusial dalam sebuah mobil. Sebab, nyaman atau tidaknya sebuah kendaraan tergantung dari komponen ini. Seperti yang kita tahu, kaki-kaki mobil terdiri dari dua bagian yakni sistem suspensi dan sistem kemudi. Apabila sistem suspensi ini lemah, maka mobil akan sulit dikendalikan. Hal itu tentu sangat membahayakan pengendara, apalagi jika jalanan yang dilalui licin akibat hujan.

Setelah mengecek komponen, Anda bisa mulai berburu kebutuhan kendaraan Anda. Jika tidak sempat mencari langsung ke toko onderdil atau ban, Anda bisa melakukannya secara online di e-commerce yang terpercaya demi mendapatkan barang berkualitas.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.