MATRAMAN_PROPERTI_CEK KEASLIAN SERTIFIKAT TANAH DENGAN APLIKASI ONLINE BPN_ICHWAN_1100 px X 600 px-01.jpg

Properti dan Solusi

Cek Keaslian Sertifikat Tanah dengan Aplikasi Online BPN

Setiap rumah pasti dilengkapi dengan surat tanah. Umumnya sertifikat itu berupa hak guna bangunan (HGB), girik, atau sertifikat hak milik (SHM). Namun pernahkah timbul rasa keraguan, apakah sertifikat tanah yang dimiliki asli dan terdaftar di kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN)? Bagi pemilik rumah yang sudah tinggal lama di suatu wilayah seperti kawasan Matraman, bisa jadi sangat jarang melakukan pengecekan sertifikat tanah.

Sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan oleh pemilik rumah untuk memastikan keaslian sertifikat tanah, yakni menggunakan jasa notaris yang segalanya akan diurus atau melakukan pengecekan secara mandiri dengan datang kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Berdasarkan laman resmi BPN (2/10/2018), pengecekan keaslian sertifikat tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika menurut BPN aman, sertifikat tersebut akan dicap. Namun bila ada kejanggalan, biasanya akan diajukan plotting (memastikan kebenaran dari data sertifikat).

Aplikasi Online BPN

Jika tidak punya waktu banyak untuk melakukan mengecekan sertifikat tanah secara mandiri ke kantor BPN, lembaga ini memberikan kemudahan dengan layanan pengecekan sertifikat melalui aplikasi online BPN. Ada tiga media layanan cek sertifikat ini mulai dari KiosK, website, dan aplikasi BPN Go Mobile.

1. KiosK

KiosK merupakan suatu media informasi pertanahan yang tersedia di lobi di mana masyarakat dapat memperoleh berbagai informasi seperti jenis layanan pertanahan beserta persyaratan, jangka waktu dan alur proses penyelesaiannya, biaya layanan serta simulasinya, berkas permohonan, informasi pegawai, informasi PPAT serta jadwal Layanan Jemput Bola (LARASITA). KiosK juga menyajikan informasi hasil layanan pertanahan yang meliputi jumlah penerbitan sertifikat, nilai jual beli, nilai Hak Tanggungan dan nilai BPHTB/PPH, serta menjadi media menyampaikan pengaduan.

[Baca Juga : Deretan Biaya yang Muncul Saat Jual Beli Rumah]

2. Website

Melalui website ini ada dua layanan fitur seputar pertanahan, yaitu informasi syarat, waktu, proses dan biaya layanan yang meliputi layanan pendaftaran tanah pertama kali (sertifikasi tanah hak milik adat atau tanah negara), pemeliharaan data pendaftaran tanah (perubahan subyek atau pemegang hak maupun obyek hak atas tanah), pencatatan dan informasi pertanahan, pengukuran bidang tanah serta layanan pengaturan dan penataan pertanahan. Selain itu, fitur ini juga akan memberikan informasi mengenai persyaratan, jangka waktu serta alur proses dari setiap layanan serta dapat menghitung biaya layanan melalui simulasi biaya.

Kemudian fitur informasi berkas pemohonan, di mana masyarakat dapat memperoleh informasi status penyelesaian berkasnya. Untuk melakukan pencarian atau cek sertifikat tanah online, pemilik berkas harus mengisi form yang tersedia dengan benar dan memiliki nomor PIN yang diberikan oleh Kantor Pertanahan untuk setiap berkas permohonan.

Untuk melakukan pencarian berkas sertifikat, pemilik berkas harus mengisi form dengan benar dan memiliki nomor PIN yang diberikan oleh kantor Badan Pertanahan Nasional. Informasi yang bisa diperoleh adalah tanggal masuk berkas, jenis kegiatan, tanggal update berkas terakhir, status permohonan (selesai atau masih dalam proses), nama pemilik, serta nama dan alamat penerima berkas.

3. Aplikasi BPN Go Mobile

Informasi ini dilakukan melalui SMS Pertanahan 2409 yang terdapat dalam aplikasi BPN Go Mobile yang tersedia pada perangkat komunikasi berbasis software Android. Melalui aplikasi BPN Go Mobile ini masyarakat dapat memperoleh informasi mengenai persyaratan dan biaya layanan pertanahan, jadwal LARASITA serta informasi permohonan.

4. Sentuh Tanahku

Badan Pertanahan Nasional juga meluncurkan aplikasi Sentuh Tanahku (Android dan iOS). Fitur yang tersedia di dalam aplikasi ini antara lain adalah Notifikasi, Info Berkas, Plot Bidang Tanah, Info Sertifikat, Lokasi Bidang Tanah, dan Info Layanan. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat mencari tahu persyaratan, menelusuri proses pengurusan sertifikat tanah, mengetahui lokasi suatu bidang tanah, dan mengetahui prediksi perhitungan biaya yang akan dikeluarkan.

[Baca Juga : Tips dan Trik Meningkatkan Pengamanan Rumah]

Namun jika ingin menggunakan fitur Info Berkas dan Info Sertifikat, Anda perlu mendaftar ke Badan Pertanahan Nasional dengan cara mengisi Formulir Verifikasi Pengguna Aplikasi Sentuh Tanahku, serta melampirkan fotokopi KTP dan sertifikat. Selanjutnya, pengguna yang terverifikasi dapat memperoleh fitur tambahan, contohnya daftar sertifikat yang dimiliki dan daftar berkas yang sedang diproses di Badan Pertanahan Nasional.


Read More

Artikel Lainnya

Bazar Takjil3.jpg

Kuliner

Hadir Setiap Ramadan, Bazar Takjil Kota Wisata Cibubur

22 April 2021, 17:08

Saat bulan Ramadan tiba, beberapa Kawasan selalu mengadakan bazar yang dibuka saat menjelang Adzan Magrib. Salah satunya adalah Bazar Takjil Kota Wisata yang selalu disambut antusias.

Inspirasi Menu Buka Puasa Ini Resep Klapertaart Kurma ala Chef Chitra.jpg

Kuliner

Inspirasi Menu Buka Puasa: Resep Klapertaart Kurma ala Chef Chitra

22 April 2021, 16:09

Ingin menikmati menu buka puasa yang terkesan ‘tidak biasa’? Anda bisa coba resep klapertaart kurma dari Chef Chitra.

Musim Pancaroba, Diskar PB Kota Bandung Siap Melakukan Langkah-Langkah Mitigasi. 2jpg.jpg

Berita Kawasan

Musim Pancaroba, Diskar PB Kota Bandung Siap Melakukan Langkah-Langkah Mitigasi

22 April 2021, 09:09

Sebagian wilayah di Kota Bandung mengalami musim pancaroba. Maka Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung selalu siap siaga selama 24 jam untuk mengantisipasi terjadinya bencana di masa pancaroba dan menjelang musim kemarau

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Bandung Butuh Penanganan Khusus 3.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 untuk Lansia di Bandung Butuh Penanganan Khusus

22 April 2021, 08:07

Pelaksanaan vaksinasi lansia di Kota Bandung mengalami sedikit hambatan. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Wali Kota Bandung pada saat meninjau vaksinasi di Kecamatan Batununggal.


Comments


Please Login to leave a comment.