MATRAMAN_KESEHATAN_CEK KESEHATAN JANTUNG DENGAN CARDIAC CATHETERIZATION_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Cek Kesehatan Jantung dengan Cardiac Catheterization

Banyak orang awam akan masalah medis mengklaim menderita penyakit jantung karena mengeluhkan rasa sesak atau mungkin karena rasa cepat lelah. Sebenarnya terdapat solusi untuk mengetahuinya yaitu dengan menggunakan tindakan cardiac catheterization. Namun mungkin Anda masih asing dengan prosedur medis ini. Tenang saja artikel ini akan mengulas mengenai cardiac catheterization yang layanannya tersedia di RS Omni Pulomas, Rumah Sakit Jantung Jakarta, hingga Rumah Sakit PGI Cikini.

Cardiac catheterization atau kateterasi jantung merupakan prosedur medis yang melibatkan penyisipan keteter ke dalam ruang atau pembuluh di jantung. Langkah ini dilakukan guna tujuan diagnosa dan mengobati penyakit jantung. Sekadar informasi kateter merupakan selang medis yang berukuran panjang, ramping serta fleksibel. Salah satu kelebihan selang ini adalah dapat terlihat melalui sinar x.

Perkembangan prosedur medis ini bisa ditarik benang merahnya hingga abad ke-17. Tepatnya saat Stephen Hales dan Claude Bernard yang mencobanya dengan model hewan. Kemudian Werner Forman pada 1929 mengaplikasikannya melalui uji klinis terhadap tubuhnya sendiri. Ia memasukan kateter ke pembuluh vena di lengan bawahnya dan menggerakan selang medis tersebut melalui fluoroskopi ke serambi kanan jantungnya.

Prosedur Cardiac Catheterization

Cardiac catheterization sebenarnya merupakan istilah umum untuk mendeskripsikan prosedur-prosedur yang dilakukan saat metode ini dugunakan. Prosedur-prosedur itu terdiri dari angiografi koroner dan angiografi ventrikel kiri. Bahkan setelah selang kateter sudah terpasang, dokter bisa melakukan prosedur lain seperti angioplasty koroner, baloon septostomy, studi elektrofisiologi atau ablasi kateter jantung.

Sebelum proses cardiac catheterization, dokter biasanya akan memberikan Anda instruksi untuk berpuasa sehari sebelum menjalani prosedur medis ini. Jika masih ada obat, termasuk vitamin, yang perlu Anda minum maka dokter perlu diberitahukan. Karena dokter akan menentukan apakah obat itu masih perlu diminum atau tidak sebelum prosedur cardiac catheterization dilakukan. Saat tiba di rumah sakit, langkah-langkah berikut ini pun dilakukan.

  1. Staf medis akan menempatkan infus ke pembuluh darah Anda. Infus itu berisi dengan obat penenang yang membantu Anda merasa relaks selama prosedur medis ini dilakukan.
  2. Perawat kemudian membersihkan dan mencukur bersih area yang menjadi lokasi tempat dokter memulai proses cardiac catheterization, biasanya dekat selangkangan. Anestesi lokal lalu diberikan di area yang akan ditusuk jarum agar pasien tidak merasa sakit ketika selang seukuran jerami bernama sheat dimasukkan ke dalam pembuluh darah.
  3. Dokter lalu memandu kateter masuk ke pembuluh darah melalui sheat. Pada layar monitor akan terlihat kateter ketika berulir melalui pembuluh darah menuju jantung. Ketika proses ini dilakukan, Anda akan merasakan tekanan di area selangkangan tanpa rasa sakit.
  4. Berbagai instrumen bisa ditempatkan di ujung kateter yang berfungsi secara beragam. Dengan contoh instrumen untuk mengukur tekanan darah di setiap ruangan jantung serta pembuluh darah yang terhubung dengan jantung, mengambil sampel darah dari berbagai bagian di jantung hingga melakukan biopsi dari dalam jantung.
  5. Beragam prosedur pun bisa dilakukan saat cardiac catheterization berlangsung. Seperti membersihkan arteri yang menyempit atau tersumbat. Bahkan kateter juga bisa digunakan untuk memperlebar jantung yang menyempit.
  6. Saat prosedur yang dibutuhkan selesai, dokter kemudian mengeluarkan kateter dan sheat dari tubuh Anda. Perawat kemudian akan menutup bekas cardiac catheterization demi mencegah pendarahan.

Saat prosedur ini selesai, Anda akan diminta berbaring selama beberapa jam sembari dokter melakukan pengecekan selama masa pemulihan tersebut. Dokter pun akan memberi tahu hasil dari prosedur cardiac catheterization mengenai kesehatan jantung Anda dan memberikan obat untuk dibawa pulang. RS Omni Pulomas, Rumah Sakit Jantung Jakarta, serta Rumah Sakit PGI Cikini menyediakan layanan ini jika memang Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai prosedur medis tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

Berita Kawasan

Kelenteng Tay Kak Sie Semarang Menyambut Imlek di Tengah Pandemi

24 January 2021, 10:08

Saat masuk, warga akan langsung disambut deretan kursi yang telah diatur secara berjarak saat pembagian angpau di kelenteng Tay Kak Sie.

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

Kesehatan

Sistem Kekebalan Penyintas COVID-19 Dapat Terus Meningkat dan Bertahan Lama

23 January 2021, 20:08

Penemuan yang dipublikasikan di Nature ini, memberikan bukti terkuat bahwa sistem kekebalan tubuh dapat "mengingat" virus dan secara luar biasa terus meningkatkan kualitas antibodi.

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

Pendidikan

Kenali Tipe Belajar Agar Anak Lebih Mudah Belajar di Rumah

23 January 2021, 18:07

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu anak untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar.

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

Berita Kawasan

Kelenteng Tertua di Bekasi Hok Lay Kiong Mulai Bersolek Sambut Imlek

23 January 2021, 15:51

Sejumlah pedagang kebutuhan peribadatan penganut Konghucu pun sudah menggelar aneka hiasan dan kebutuhan untuk perayaan Imlek.


Comments


Please Login to leave a comment.