BPUPOK2.jpg

Bisnis

Cepat Daftar! Kemenparekraf Beri Bantuan Usaha Pariwisata Hingga 26 November 2021

Kabar gembira bagi pelaku usaha pariwisata yang setahun lebih terpuruk akibat pandemi COVID-19. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Barekraf) memberikan bantuan kepada para pelaku usaha pariwisata melalui program Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) 2021. Bantuan ini dimaksudkan untuk menciptakan lapangan kerja serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di masyarakat.

Di tahun 2021 ini, Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menstimulus para pelaku usaha sebesar Rp1,8 juta per usaha pariwisata. “Program ini merupakan bagian dari keberpihakan kami, untuk terus memberikan bantuan stimulus yang tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu, agar tercipta lapangan kerja seluas-luasnya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Sandiaga yang juga Kepala Baparekraf pada 19 November 2021 lalu.

BPUPOK3.jpg

Dikutip dari bpup.kemenparekraf.go.id, Bantuan Pemerintah untuk Usaha Pariwisata (BPUP) merupakan bantuan pemerintah dalam rangka reaktivasi usaha yang diberikan kepada usaha pariwisata yang masih aktif, namun beroperasi di bawah kapasitasnya selama pandemi Covid-19 dan diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Bantuan ini diberikan kepada enam jenis usaha antara lain agen perjalanan wisata, biro perjalanan wisata, spa, hotel melati, homestay, dan penyedia akomodasi lainnya.

[Baca Juga: Untuk Danau Toba, Kemenparekraf Adakan Wisata Satwa Bareng Influencer Sumatera]

Nantinya para pelaku usaha pariwisata dapat melakukan pendaftaran melalui laman https://bpup.kemenparekraf.go.id/. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 15 November 2021 hingga tanggal 26 November 2021 hingga pukul 23.59 WIB. Adapun validasi dan verifikasi proposal permohonan Bantuan Pemerintah bagi Usaha Pariwisata (BPUP) dimulai dari tanggal 15 November 2021 - 26 November 2021. “Kami apresiasi pelaku usaha pariwisata, yang telah mendaftar BPUP. Mari ajak teman-teman pelaku usaha yang belum mendaftar, namun memenuhi persyaratan, untuk segera mendaftarkan usahanya dalam Program BPUP 2021,” tambah Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (19/11/2021).

Bagi anda para pelaku usaha di bidang pariwisata, kalian dapat melakukan pendaftaran dengan masuk ke dalam Aplikasi BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf dan mengisi NIB pada Halaman Utama. Sistem kemudian akan melakukan sinkronisasi ke database, jika nomor NIB telah terdaftar dalam OSS (Online Single Submission) Kementerian Investasi/BKPM tahun 2018 sampai dengan tahun 2020, maka pendaftar akan diarahkan untuk melakukan pendaftaran Akun pada Aplikasi BPUP Kemenparekraf/ Baparekraf.

BPUPOK.jpg

Beberapa dokumen yang diperlukan untuk mendaftar program ini antara lain nomor Induk berusaha atau NIB (dapat dicek melalui laman pendaftaran); KTP penanggung jawab usaha (pemilik perusahaan); NPWP atas nama badan usaha; SPT Tahunan (satu tahun terakhir); Surat permohonan ke dinas kabupaten/kota yang membidangi pariwisata (format pada laman BPUP); Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) keabsahan data yang disampaikan dan ditandatangani materai Rp10.000; Akta pendirian; Anggaran Dasar Angaran Rumah Tangga (AD/ART) terbaru; serta Surat Kuasa penunjukan pengelolaan rekening.

Informasi terkait kriteria daerah penerima BPUP, syarat untuk mengikuti BPUP, Proses Permohonan dan lain-lain dapat dilihat melalui laman https://bpup.kemenparekraf.go.id/.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.