Cerita Di Balik Kokohnya Bangunan Stasiun Jakarta Kota

Berita Kawasan

Cerita di Balik Kokohnya Bangunan Stasiun Jakarta Kota

Bagi warga Jakarta, terutama yang sering menggunakan sarana transportasi kereta untuk berpergian, tentu akrab dengan sosok Stasiun Jakarta Kota atau juga lazim dipanggil Stasiun Beos. Stasiun kereta api utama yang berlokasi di kawasan Kota Tua ini dikelola oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi I Jakarta dan merupakan satu dari sedikit stasiun di Indonesia yang berjenis terminus atau stasiun yang tidak memiliki jalur lanjutan lagi.

Struktur Stasiun Jakarta Kota yang besar dan tinggi tentu membuat setiap orang beranggapan bahwa bangunan ini dibuat pada zaman kolonial Belanda. Memang benar, karena di balik kemegahan stasiun ini, tersebutlah nama seorang arsitek keturunan Belanda, yakni Frans Johan Louwrens Ghijsels.

Cerita Di Balik Kokohnya Bangunan Stasiun Jakarta Kota

Pria kelahiran Tulungagung ini menamatkan pendidikan arsitekturnya di kota Delft, Belanda, dan mendirikan biro arsitektur Algemeen Ingenieur Architectenbureau. Bersama rekan-rekannya, Hein von Essen dan F. Stolts, Frans Johan Louwrens Ghijsels tak hanya sukses merancang bangunan Stasiun Jakarta Kota saja, namun juga gedung Departemen Perhubungan Laut di Jalan Medan Merdeka Timur dan Rumah Sakit PELNI di kawasan Petamburan.

Zaman dahulu, stasiun ini disebut juga sebagai Beos karena mengacu pada nama stasiun Batavia BOS Bataviasche Oosterspoorweg Maatschapij, atau jika diartikan ialah Maskapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur. Namun ada versi lain, ada yang menyebut bahwa julukan Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang artinya Batavia dan Sekitarnya.

[Baca Juga: Penataan PKL dan Pembelian Cagar Budaya Menuju Revitalisasi Kota Tua]

Hal tersebut pun masih dapat diterima, karena berasal dari fungsi stasiun sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Kota Batavia dengan kota lain di sekitarnya, mulai dari Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lainnya.

Stasiun ini awalnya dibangun sekitar tahun 1887, kemudian dibongkar pada tahun 1926 untuk direnovasi menjadi bangunan yang kini ada. Pembangunannya selesai pada 19 Agustus 1929 dan secara resmi digunakan pada 8 Oktober 1929. Acara peresmiannya dilakukan secara besar-besaran oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Andries Cornelies Dirk de Graeff.

[Baca Juga: Disparbud Jakarta akan Restorasi Jembatan Kota Intan]

Stasiun Beos merupakan karya besar Frans Johan Louwrens Ghijsels yang memiliki perpaduan antara struktur dan teknik modern Eropa, serta diwarnai dengan bentuk-bentuk tradisional setempat. Dengan balutan art deco yang kental, rancangan Ghijsels ini terkesan sederhana namun berkelas. Sesuai dengan filosofi Yunani Kuno, bahwa kesederhanaan adalah jalan terpendek menuju kecantikan.

Pada 1993, Stasiun Jakarta Kota yang memiliki 12 jalur rel kereta ini mendapatkan predikat cagar budaya, setelah mendapat surat Keputusan Gubernur DKI Nomor 475 Tahun 1993. Dalam perkembangannya, semua kereta api penumpang jarak jauh dan menengah yang semula berhenti di stasiun ini sempat direlokasikan ke Stasiun Pasar Senen pada tahun 2013-2014. Namun sejak tanggal 29 Mei 2019, tiga perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah yang berakhir di Stasiun Pasar Senen, kini sudah dipindahkan kembali ke Stasiun Jakarta Kota.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.