Menonton Film Ladya Cheryl Kala Sore Hari

Hobi dan Hiburan

Cerita Sore Hari Ladya Cheryl Tentang Film Pendek dan Film Barunya

Kemang di sore hari, elegan tapi tetap dihiasi kemacetan. Di salah satu sudutnya, Kinosaurus, sebuah microcinema, memutar tiga film pendek karya Ladya Cheryl (22/2/2020). Acara tak hanya menyuguhkan penayangan karya bintang film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) tersebut. Bioskop kecil itu juga menghadirkan sang sineas dalam sesi tanya jawab selepas pemutaran tiga film pendeknya.

Dimulai pukul 16.30, Kinosaurus menampilkan Rial The Real, film seluloid pendek Ladya yang disisipkan animasi. Rial The Real mempertunjukkan sosok laki-laki sedang mengamati beberapa objek seperti mobil di jalan raya, dua tangan manusia yang terkepal dan terlepas, lalu ditutup dengan musik menyeramkan.

[Baca Juga: 4 Bioskop Alternatif Bagi Para Penikmat Film Indies]

Film kedua berjudul Run to Your Mama, mengisahkan seorang laki-laki yang ‘diburu’ perempuan di suatu bangunan. Laki-laki itu bersembunyi di kotak kayu, menghindari si perempuan. Sambil ketakutan, laki-laki itu tak tahu jika sang perempuan menemukan tempat persembunyiannya.

Penayangan terakhir, Vulgar. Film ini adalah film pendek pertama Ladya, diproduksi tahun 2013. Vulgar bercerita tentang nasib tikus di jalanan yang terlindas ban mobil berkali-kali, hingga yang sebelumnya gemuk menjadi gepeng.

Tepuk tangan penonton yang berjumlah sekitar dua puluh orang menutup pemutaran film. Ladya pun hadir dan mulai bercerita tentang karya-karyanya itu.

Menonton Film Ladya Cheryl Kala Sore Hari Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

Cerita Ladya

Vulgar adalah wujud observasi Ladya saat berada di jalan, baik sedang berjalan kaki maupun naik kendaraan umum. Kala aktivitas itu, dirinya sering melihat tikus.

“Pertama bikin film Vulgar karena pengalaman saya jalan kaki, naik kendaraan umum, saya tuh suka observasi dan hal yang saya lihat di jalan itu tadi, tikus. Saya tiba-tiba tertarik untuk bikin film [tentang tikus]”, ujar Ladya dalam sesi tanya jawab yang berlangsung seru.

Soal riset, film ini memiliki lika-liku dalam mencari tikus. Ladya butuh waktu menemukan tikus yang sudah terlindas, tetapi belum hancur. Lokasi pun menjadi sedikit kendala, Ia perlu menemukan tempat untuk diamati dan tidak terlalu jauh dari rumah.

Film kedua, Run to Your Mama terinspirasi dari mimpi Ladya. Perempuan 38 tahun itu menjelaskan bahwa dia lebih ingin eksplorasi di film tersebut. Run to Your Mama lebih bersifat naratif dibandingkan film Vulgar.

[Baca Juga: 100% Manusia Film Festival 2019, Usung Edukasi Kemanusiaan]

“Saya memang tidak ada background sekolah film, jadi saya mau coba-coba aja saat itu. Tapi saya yakin sekali sama ide Run to Your Mama karena ide itu muncul dari mimpi yang kuat sekali di kepala saya”, lanjutnya.

Setelah membuat Run to Your Mama, pemeran Alya di AADC itu semakin ingin mempelajari film. Ia bersekolah ke negeri Paman Sam, tepatnya di The New York School. Melalui belajar film secara formal, Ladya mengaku ada hal baru dalam mengembangkan film selain dari ceritanya, yaitu menggunakan kamera seluloid. Ini yang akhirnya menghantarkan Ladya membuat Rial The Real pada 2017.

“Gambar di atas seluloid itu baru banget buat saya. Terus ternyata film bisa digituin ya, bisa eksperimen dengan film yang ada juga, bisa lewat kameranya juga” tandasnya.

Menonton Film Ladya Cheryl Kala Sore Hari Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

Film Terbaru

Ladya Cheryl adalah aktris yang dikenal lewat film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) tahun 2002. Ia lanjut membintangi Biarkan Bintang Menari (2003), Banyu Biru (2005), dan Fiksi (2008), dan terakhir adalah Postcard from The Zoo (2012).

Postcard from The Zoo menjadi kolaborasi pertamanya bersama Edwin, sutradara yang juga akan kembali bertemu bekerjasama dengan Ladya di akhir tahun 2020 dalam produksi film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas.

Ladya akan menjadi Iteung dalam film yang diadaptasi dari novel karya Eka Kurniawan itu. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas dijadwalkan tayang pada tahun 2021.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.