Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

Berita Kawasan

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

Tahun 2019 lalu, change.org kebanjiran kampanye dengan tema sosial dan demokrasi. Tren ini sejalan dengan momentum pesta demokrasi. Terdapat pemilihan presiden dan juga legislatif pada 2019. Berbagai kampanye sempat menarik perhatian di media massa, seperti salah satunya adalah #ReformasiDiKorupsi yang merupakan aksi besar-besaran yang bertujuan untuk menolak rancangan undang-undangan yang kontroversial.

Beberapa kampanye digital yang didukung oleh change.org ini membuat jumlah pengguna untuk platform ini meningkat secara drastis. Pada tahun 2018, change.org mencatat ada 6,5 juta pengguna. Kemudian pada tahun 2019, tercatat ada 13,5 juta pengguna. Kenaikan lebih dari 100 persen ini tentu berkat banyaknya masyarakat yang ingin berkontribusi lebih untuk lingkungan, demokrasi, atau permasalahan apapun yang terjadi di Indonesia.

Change.org Bocorkan Kampanye Digital yang Populer Sepanjang 2019

Kampanye yang diselenggarakan change.org ini terbukti membuahkan hasil, pasalnya satu daru empat pengguna di change.org berhasil mendapatkan kemenangan sesuai yang diharapkan. Change.org merangkum, kategori yang paling populer pada 2019 lalu adalah hak anak, hewan, lingkungan, demokrasi, antikorupsi, dan Hak Asasi Manusia.

Presiden Joko Widodo jadi target pertama yang paling banyak dipetisi, dengan jumlah 6,5 juta pengguna. Saat ditemui PingPoint di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan (17/1/2020), berikut ini beberapa kampanye digital yang populer serta berhasil meraih kemenangan.

[Baca Juga: Ini Alasan Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Digelar 16 Hari]

1) Tolak RKUHP yang Kontroversial

Petisi ini dibuat pertama kali oleh Tunggal Pawestri seorang aktivis. Petisi ini muncul berkat beberapa sebelum masa jabatan habis, DPR periode 2014-2019 telah mengesahkan beberapa peraturan yang dianggap bermasalah. Lebih dari sejuta orang terkumpul dan melakukan protes lewat petisi ini. berkat adanya penolakan yang besar, DPR akhirnya tak jadi sahkan RKUHP yang kontroversial.

2) Amnesti untuk Nuril

Petisi ini dibuat Erasmus Napitupulu agar korban pelecehan seksual Baiq Nuril mendapatkan keadilan. Petisi ini didukung oleh lebih dari 300.000 orang di media sosial hingga akhirnya Presiden Joko Widodo mengeluarkan Amnesri agar Nuril bisa bebas dari kriminalisasi.

3) Keadilan untuk Kakak Beadik Joni Jeni

Petisi yang dibuat oleh LBH (Lembaga Bantuan Hukum) Apik ini berhasil membuat Ketua Pengadulan Negeri Cibinong mencopot hakim dan berhasil menjebloskan pelaku pemerkosa adik kakak ke epnjara selama 11 tahun dan denda sebanyak Rp60 juta setelah berhasil mengumpulkan dukungan sebesar 400.000 orang.

4) Menolak RUU Permusikan

Petisi yang satu ini dibuat oleh musisi Danilla Riyadi, dirinya menyebutkan RUU Permusikan ini merenggut kebebasan ekspresi dalam musik. Petisi ini akhirnya didengarkan oleh DPR setelah ditanda tangani oleh lebih dari 300.000 orang.

[Baca Juga: PKK Jakarta Utara Olah Sampah Spanduk Kampanye Jadi Tas]

Kasus lain yang meraih kemenangan adalah membatalkan Proyek PLTA Tampur, Tolak KPI Awasa Youtube, Facebook, dan Netflix, Edy Harus Mundur Sebagai Ketua Umum PSSI, Bebaskan Ananda Badudu, Dukung Ambon Jadi Kota Musik Dunia, Jangan Sahkan RUU Pertahanan, #JusticeFordrgRomi, #Pay4Plastic, Stop Penyiksaan Gajah di Borobudur, dan Jangan Diskriminasi Disabilitas pada CPNS.

Read More

Artikel Lainnya

Ada Bioskop Gratis Untuk Rakyat di Jakarta Timur

Berita Kawasan

Bioskop Rakyat di Jakarta Timur Ini Gratis untuk Hiburan Warga

25 February 2020, 21:00

Bioskop rakyat ini berkomitmen memutarkan film-film Indonesia berkualitas untuk memberikan hiburan gratis untuk warga sekitar.

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

Berita Kawasan

BMKG Prediksi Hujan Lebat Landa Jakarta Sampai Akhir Februari

25 February 2020, 20:00

Masyarakat diimbau selalu tetap waspada dan hati-hati akan dampak dari cuaca ekstrem yang diperkirakan akan melanda beberapa wilayah di Indonesia

Banjir di Bekasi,  Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

Berita Kawasan

Banjir di Bekasi, Perumnas III Padam Listrik 10 Jam

25 February 2020, 19:30

Sejak pukul 7.30 WIB Selasa pagi, pepadaman listrik terjadi di beberapa tempat di Perumnas III Bekasi Timur.

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

Kesehatan

Meski Menyegarkan, Ini Dampak Mandi Saat Tubuh Masih Berkeringat

25 February 2020, 19:00

Mandi pada dasarnya menyehatkan. Namun ketika mandi dalam keadaan berkeringat ternyata malah menimbulkan dampak yang buruk bagi tubuh.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna 1 month lalu
    hanna

    Hanya di qqharian,co website judi online terpercaya yang berani memberi anda kemenangan dan terpercaya!! Daftarkan dirimu segera dan langsung bermain  dan dapatkan macam bonus promo. Ingin membuktikannya ??? Langsung gabung bersama kami, di qqharian,info