95aa9732.jpg

Kesehatan

Check-in PeduliLindungi Kini Bisa dari Shopee

Shopee menjadi salah satu mitra Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menghadirkan akses PeduliLindungi dalam aplikasi Shopee. Fitur ini memungkinkan pengguna Shopee yang memiliki NIK untuk melakukan scan QR Code pada waktu check-in dan check-out di lokasi publik langsung dalam aplikasi, tanpa harus mengunduh aplikasi lain.

Fitur aplikasi PeduliLindungi di Shopee ini sudah bisa digunakan sejak 2 Oktober 2021. Pengguna juga tidak perlu susah payah untuk mencarinya karena fitur tersebut berada di laman depan aplikasi Shopee untuk memberikan pengguna akses yang cepat dan mudah.

Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, sebagai mitra pemerintah, Shopee percaya bahwa kerja sama dan sinergi perlu dilakukan untuk bisa memperluas dampak positif dari berbagai inisiatif. “Shopee senang dapat menjadi salah satu mitra Pemerintah Indonesia dengan menawarkan kemudahan akses aplikasi PeduliLindungi melalui platform kami, yang kini digunakan di 514 Kota dan Kabupaten se-Indonesia,” katanya dalam keterangan persnya, Selasa (5/10/2021).

[Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Bantu Telusuri Riwayat Kontak ODP & PDP COVID-19]

Untuk dapat mengakses PeduliLindungi dalam aplikasi Shopee, pengguna hanya perlu mengklik logo PeduliLindungi yang berada di laman depan platform. Pengguna lalu diminta untuk check-in dengan melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Pengguna tinggal mengisi nama lengkap dan nomor KTP dan dapat melakukan scan kode QR yang tertera di pintu masuk gedung atau fasilitas umum, sebagai syarat menuju ke area publik.

Aplikasi yang dikembangkan untuk melakukan pelacakan digital kasus COVID-19 ini memiliki banyak manfaat. Di antaranya, untuk memberikan peringatan kepada pengguna jika berada di keramaian atau kawasan zona merah. Pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika di lokasi sedang ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada pasien yang sedang dalam pengawasan.

Bagi pemerintah, aplikasi PeduliLindungi ini berfungsi sebagai pengawasan (surveillance) untuk mendeteksi pergerakan orang-orang yang terpapar virus selama 14 hari ke belakang. Pemerintah dapat melacak data lokasi dan informasi secara digital. Dengan data dan pelacakan itu, diharapkan bisa menekan penyebaran virus COVID-19.

[Baca Juga: Pasar Tradisional di Bandung Bakal Terapkan Aplikasi PeduliLindungi]

Untuk diketahui, fitur PeduliLindungi tidak menyimpan data pribadi di aplikasi mitra, melainkan hanya meneruskan data pengguna ke sistem PeduliLindungi dan Dukcapil untuk melakukan validasi NIK. Dalam aplikasi mitra, data tidak disimpan di server mitra serta tidak dapat menyimpan data lokasi saat check-in dan check-out ataupun meneruskan ke sistem lainnya.

Sebagai mitra Kementerian Kesehatan, Shopee menerapkan kebijakan manajemen risiko yang kuat dalam hal operasional. Shopee juga memiliki berbagai fitur yang memungkinkan pengguna bertransaksi dengan aman, seperti fitur keamanan berlapis, otentikasi wajah dan sidik jari, serta tim customer service yang siap siaga selama 24 jam untuk menanggapi permintaan pengguna.


Read More

Artikel Lainnya

IMG_03122021_102258_(1100_x_600_piksel).jpg

Bisnis

Dari Usaha Rumahan, Sirup Markisa Noerlen Jadi Oleh-oleh Khas Medan

03 December 2021, 22:09

Sirup markisa Noerlen menggunakan bahan baku buah markisa segar dan berkualitas dari Berastagi, Karo, Sumatera Utara, tanpa pengawet dan pewarna dan sangat menyehatkan."

IMG_03122021_105549_(1100_x_600_piksel).jpg

Kecantikan dan Fashion

Tetap Tampil Fashionable Meski Pakai Sepatu Bekas

03 December 2021, 21:09

Seperti yang ada di Pasar Melati Medan. Di sini merupakan pusatnya penjualan sepatu bekas murah namun bermerk di Kota Medan.Pasar ini berada Jalan Flamboyan Medan Tuntungan, Sumatera Utara.

IMG_03122021_184213_(1100_x_600_piksel).jpg

Bisnis

Aplikasi Kuncie dan Fita dari Telkomsel Raih Google Play Awards 2021

03 December 2021, 20:04

Walau belum genap setahun kedua aplikasi tersebut dihadirkan, tapi sambutan khususnya dari pengguna OS Android sudah semakin meningkat.

Catat! Ganjl-Genap di Jalan Margonda Siap Diuji Coba 4 Desember 202 1.jpg

Berita Kawasan

Catat! Ganjl-Genap di Jalan Margonda Siap Diuji Coba 4 Desember 2021

03 December 2021, 19:07

Pemkot Depok siap memulai kebijakan ganjil-genap di kawasan Jalan Margonda Raya mulai besok siang!


Comments


Please Login to leave a comment.