Chef Chitra Kreasikan Menu Fusion Barat dan Indonesia di Soul Cafe.jpg

Kuliner

Chef Chitra Kreasikan Menu Fusion Barat dan Indonesia di Soul Café

Chef Chrysania Chitra Dewi pada Juni lalu baru saja meresmikan kafenya yang bernama Soul Café yang berada di bilangan Jakarta Selatan. Perempuan yang akrab disapa dengan panggilan Chef Chitra ini telah menyusun menu di kafe tersebut agar dapat dinikmati semua kalangan yang ingin menjalani hidup sehat. Menariknya, di dalam menu Soul Café, Chef Chitra memasukan unsur masakan Barat serta Indonesia namun bukan sebagai makanan yang terpisah jenisnya. Karena ia membuat menu fusion yang menggabungkan unsur makanan dari Barat dengan rasa yang cocok di lidah masyarakat Tanah Air.

Menurut Chef Chitra, Soul Café merupakan realisasi mimpinya untuk memiliki restoran yang berukuran tidak terlalu besar tapi tetap memiliki suasana yang nyaman untuk konsumen sekaligus menu sehat yang memang enak. Bahkan pemilihan nama dari kafe ini diambil dari pandangan Chef Chitra terkait bisnis makanan. Di mana menurutnya, kafe atau restoran seharusnya tidak hanya bisnis dalam mencari uang semata tapi juga memberikan sesuatu yang lebih. Karena baginya makanan serta minuman yang sehat untuk tubuh, baik juga untuk jiwa (Soul dalam bahasa Inggris).

Chef Chitra Kreasikan Menu Fusion Barat dan Indonesia di Soul Cafe.jpg

Dari sisi sajiannya, semua makanan serta minuman yang ada di dalam menu kafe ini merupakan hasil kreasi Chef Chitra dan memang menjadi resep favoritnya yang ia suka nikmati. Apalagi mengingat ini merupakan kafe miliknya maka Chef Chitra pun dapat bebas berkreasi dengan makanan yang ia tampilkan di menu.

“Jadi selalu ada sentuhan personal, selalu ada apa cerita dibalik sesuatu yang saya makan dan hadirkan di sini. Jadi yang ditampilin di menu sini, bukan saya tiru dari mana-mana, karena ini memang kreasi saya sendiri. Contohnya Lemper Croissant yang saya pikirkan, ‘Bagaimana kalau ayamnya lemper dimasukkan ke croissant?’,” jelas Chef Chitra kepada PingPoint.co.id di Soul Café, Jalan Moh. Kahfi 1, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan (3/7/2020).

Soul Café

Unsur fusion ini sebenarnya sudah terlihat dari Lemper Croissant yang ada di Soul Café dengan PingPoint.co.id yang berkesempatan mencicipi. Rasanya yang dimunculkan dari menu ini pun terbilang unik dan enak. Pasalnya, ketika gigitan pertama, Anda akan merasakan bagaimana tekstur dan rasa dari croissant. Kemudian saat sampai pada ayamnya, Anda merasakan nikmatnya isian ayam dari lemper khas Indonesia, apalagi ditambah chip serta salad sebagai side-nya. Di mana kombinasi makanan Barat dan Indonesia ini bisa dikatakan sukses. Selain itu contoh menu fusion lainnya yang ada di Soul Café adalah Gado-Gado Burrito.

[Baca Juga: Soul Café Hadirkan Menu Sehat nan Nikmat ala Chef Chitra]

“Saya suka berkreasi dengan berbagai makanan, seperti dengan dasar wrap, kemudian karbo lain seperti croissant karena rasa garingnya banyak disukai masyarakat. Aku rasa ada beberapa menu Western yang kita kombinasikan dengan menu lokal akan memiliki rasa yang enak sebenarnya,” tambahnya


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.