Cianjur Berduka, Berbagai Elemen di Kota Depok Berupaya Bantu Korban Gempa.jpg

Berita Kawasan

Cianjur Berduka, Berbagai Elemen di Kota Depok Berupaya Bantu Korban Gempa

Gempa yang mengejutkan sejumlah wilayah Jabodetabek berujung duka hingga saat ini. Pasalnya, pusat gempa tersebut terjadi tak jauh dari kawasan Kabupaten Cianjur dan menyebabkan kerusakan infrastruktur serta ratusan orang meninggal dunia. Kondisi ini membuat berbagai elemen di sekitar wilayah Jawa Barat tergerak untuk membantu saudara mereka yang tertimpa bencana alam tersebut. Salah satunya bisa dilihat di Kota Depok dengan elemen pemerintah kota (Pemkot) hingga warga memutuskan untuk berupaya membantu meringankan beban para korban gempa Cianjur.

Bantuan diawali dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok yang sudah langsung memberangkatkan relawannya pada 21 November 2022 atau tak lama usai terjadinya guncangan gempa di Kabupaten Cianjur. Sebanyak enam relawan dikerahkan dengan membawa 50 paket Hygine Kit bagi para korban gempa Cianjur dengan rencana awal mereka akan bertugas sampai 23 November 2022. Tapi mereka disebut siap bila diperpanjang masa tugasnya jika tenaganya masih dibutuhkan untuk membantu para korban.

Cianjur Berduka, Berbagai Elemen di Kota Depok Berupaya Bantu Korban Gemp a.jpg

Sehari setelah diturunkan ke lapangan, relawan PMI Kota Depok langsung bergerak untuk membantu proses evakuasi korban yang sempat tertimbun longsor akibat gempa. Tak sedikit di antara korban ditemukan sudah dalam keadaan tak bernyawa dan ini mendorong PMI Kota Depok kembali mengirimkan kantong jenazah untuk proses evakuasi berikutnya.

Pemkot Depok pada 22 November 2022 juga telah mengerahkan petugas Dinas pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok yang diberangkatkan bersama tim lanjutan dari PMI Kota Depok. Di mana pada pengerahan ini, Pemkot Depok juga turut menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran, satu unit kendaraan operasional untuk PMI, dan satu unit mobil jenazah untuk proses evakuasi korban jiwa.

[Baca Juga: Cianjur Berduka, Relawan Unpad Dikerahkan Bantu Korban Gempa]

Kemudian pada 23 November 2022, Pemkot Depok melalui Tim Depok Peduli Gempa Cianjur menggelar rapat koordinasi dalam rangka persiapan, monitoring, hingga evaluasi bantuan penanganan korban gempa Cianjur. Sebagaimana dilansir dari Berita.Depok.go.id (23/11/2022), berdasarkan hasil rapat itu diputuskan ada tim personel gabungan yang terdiri dair anggota dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, PMI, Taruna Siaga Bencana, dan PDAM Tirta Asasta Kota Depok yang dikerahkan untuk membantu korban sekaligus membawa bantuan pada hari ini 24 November 2022.

Tak hanya di tingkat pemerintah, elemen warga di Kota Depok juga turut terpanggil untuk meringankan beban korban gempa Cianjur. Di mana ini bisa dilihat dari aksi Karang Taruna Kelurahan Kedaung yang sudah selama beberapa hari melakukan aksi penggalangan dana. Menurut Sekretaris Karang Taruna Kedaung Balda Fathullah, pihaknya mengumpulkan donasi dalm bentuk tenda, pakaian, selimut, obat-obatan, makanan serta uang tunai.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.