Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, usai terjadinya guncangan gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur dan membuat banyak orang kehilangan tempat tinggal serta ratusan korban jiwa, pihak Universitas Padjadjaran (Unpad) langsung bergerak. Hal ini dilakukan sejak pekan lalu dengan dikerahkannya para relawan Unpad untuk membantu para korban gempa di Cianjur di lapangan dan tak lupa menggelar penggalangan dana. Satu minggu pasca-bencana alam itu, para relawan dari perguruan tinggi negeri tersebut masih terlihat terus berada di lapangan untuk ikut dalam proses evakuasi.

Pengerahan relawan Unpad yang terdiri dari para anggota Unit SAR Unpad serta Forum Komunikasi Padjadjara Rescue atau FKPR dilakukan hanya berjarak beberapa jam usai guncangan gempa bumi dengan kekuatan 5,6 SR menghantam wilayah Kabupaten Cianjur. Di mana para relawan sepakat untuk langsung menggelar rapat darurat untuk mempersiapkan keberangkatan mereka untuk membantu korban gempa Cianjur. Dari sini disepakati ada 18 anggota tim yang berasal dari berbagai organisasi kemahasiswaan di Unpad.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpad.jpg

Para relawan Unpad tiba di RSUD Cianjur pada 22 November 2022 dini hari dan langsung berkoordinasi dengan tim medis rumah sakit untuk membantu para korban luka yang ada di posko medis darurat. Lalu pada pagi harinya, tim lain bergerak untuk berkoordinasi dengan satuan Brimob setempat untuk membantu proses evakuasi, namun karena terhalang medan yang menyulitkan, mereka tak bisa mencapai titik pusat gempa. Para relawan Unpad tak patah arah dan memutuskan untuk bergerak ke SMAS Al-Mu’awanah untuk mendirikan posko kemanusiaan di sana.

Mulai tanggal 23 November 2022, sebagaimana dilansir dari Unpad.ac.id (29/11/2022), tim relawan pun kembali disebar untuk memberikan donasi yang berisikan kebutuhan seperti obat, terpal, makanan ringan, serta kebutuhan bayi. Kemudian tim lainnya bergerak dengan Basarnas serta BNPB melakukan upaya pencarian korban. Pada 25 November 2022, tim relawan tersebut berhasil menemukan 17 korban di area Warung Shinta dan Cijedil, kemudian keesokan harinya di salah satu lokasi yang sama, mereka kembali menemukan tiga korban. Kemudian pada 28 November 2022, tim kembali menemukan dua korban di titik tersebut. Upaya pencariaan ini akan dilakukan sampai hari ini 30 November 2022.

[Baca Juga: Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa]

Kemudian Unpad juga sempat melakukan aksi penggalangan dana untuk korban gempa Cianjur pada pekan kemarin dan sampai 25 November 2022 berhasil terkumpul Rp177.917.590. Pihak Unpad pun menyerahkan donasi ini langsung ke Pemerintah Kabupaten Cianjur di hari yang sama. Selain donasi, pihak Unpad juga turut memberikan bantuan kebutuhan pokok, pakaian, terpal, dan demi menghindari potensi penyebaran COVID-19 di antara para korban gempa, tak lupa juga diserahkan bantuan 2.500 alat rapid test karya Unpad, yakni CePAD.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.