Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gemp a.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa

Gempa berkekuatan 5,6 skala richter yang mengguncang Kabupaten Cianjur pada 21 November 2022 hingga kini terus memicu duka dengan setidaknya hingga 23 November 2022 diumumkan bahwa korban jiwa akibat bencana alam itu mencapai 271 orang. Bencana alam yang guncangan terasa hingga wilayah Jabodetabek ini pun langsung membuat pemerintah bergerak untuk membantu proses penanganan korban sekaligus memaparkan apa sebenarnya yang menjadi pemicu gempa tersebut dengan teori yang disampaikan adalah pergerakan dari Sesar Cimandiri. Namun teori ini tak didukung oleh Pakar Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Ir. Ismawan, M.T.,.

Sekadar informasi, sesar adalah istilah di geologi yang berarti fraktur planar yang mengalami perpindahan secara signifikan akibat dari gerakan massa batuan. Teori yang bermunculan dalam Gempa Cianjur adalah pergerakan sesar Cimandiri tapi hal ini tak didukung oleh Ismawan yang menegaskan bahwa pusat gempa terjadi di area yang jauh dari bentangan Sesar Cimandiri. “Yang jelas, saya yakin ini bukan bagian dari Sesar Cimandiri, meskipun arahnya sama,” tegas Dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad itu, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (21/11/2022).

Cianjur Berduka, Pakar Unpad Paparkan Pemicu Gempa.jpg

Dari sisi jaraknya, Ismawan mengungkapkan bawah area Cugenang yang notabene pusat gempat Cianjur jaraknya 10 km di sebelah utara jalur patahan Cimandiri. Di mana jalur Sesar Cimandiri bila digambarkan awalnya berada di Pelabuhan Ratu yang membentang ke arah timur dan berbelok ke utara sekitar area pusat Gempa Cianjur. Kemudian berdasarkan penelitian, Sesar Cimandiri memiliki lebar delapan hingga 10 meter dengan kontur yang miring ke arah selatan. Dari sinilah mengapa dirinya semakin yakin bahwa bukan Sesar Cimandiri pemicu Gempa Cianjur apalagi lokasi pusat gempa memiliki kedalaman 10 kilometer yang jauh dari jalur sesar.

Dari sinilah, ia memiliki teori bahwa terdapat potensi bahwa Gempa Cianjur dipicu pergerakan sesar baru yang jejak-jejak pelurusanya tertutupi sejumlah faktor. Salah satunya adalah kemungkinan tertutupi oleh endapan gunung api dan ini didukung oleh lokasi pusat gempa yang dekat dengan Gunung Gede. Kemudian bila lihat dari focal mechanism Gempa Cianjur, menurut Ismawan ada potensi jalur sesar pemicunya yang masih belum diidentifkasikan itu berada di titik barat-timur atau utara-selatan.

[Baca Juga: Cianjur Berduka, Relawan Unpad Dikerahkan Bantu Korban Gempa]

Ia menambahkan, mengapa Gempa Cianjur dapat memicu dampak yang parah diakibatkan oleh kekuatan yang cukup besar serta lokasi pusat gempa di daratan dan cukup dangkal. Dari sinilah mengapa bangunan di kawasan Cianjur rusak parah. Tak lupa, Ismawan memandang bencana alam ini merupakan pelajaran mahal penting bagi Indonesia dan dapat menjadi awal untuk upaya identifikasi terhadap potensi kehadiran sesar-sesar baru sehingga ke depannya bisa diambil langkah mitigasi khususnya demi keselamatan masyarakat yang tinggal di area yang masuk kawasan sesar-sesar tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.