Cianjur Berduka, Pemkot Bandung Galang Bantuan.jpg

Berita Kawasan

Cianjur Berduka, Pemkot Bandung Galang Bantuan

Saat ini masyarakat di Kabupaten Cianjur tengah berduka usai guncangan gempa berkekuatan 5,6 skala richter terjadi di wialyahnya pada awal pekan ini. Bencana alam ini berdasarkan keterangan dari Badan Nasional penanggulangan Bencana (BNPB) menyebabkan setidaknya 268 orang meninggal dunia dan luka-luka sebanyak 1.083 orang dengan 58.362 orang mengungsi. Kondisi ini memicu rasa prihatin dari Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan mendorong elemen Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melakukan aksi penggalangan bantuan.

“Kami Pemerintah Kota Bandung turut berduka cita sedalam-dalamnya atas musibah gempa bumi yang dialami Kabupaten Cianjur. Saya tadi sempat baca kalau banyak korbannya itu anak-anak. Kita selalu berdoa jangan sampai ada gempa susulan. Tapi, tetap harus waspada. Jaga keselamatan diri. Hindari gedung-gedung tinggi. Tetap tenang dan terus berkomunikasi dengan pihak terkait jika membutuhkan bantuan,” tutur Yana, sebagaimana dikutip dari Bandung.go.id (21/11/2022).

Cianjur Berduka, Pemkot Bandung Galang Bantua n.jpg

Sehari setelah terjadinya guncangan gempa di Cianjur, Pemkot Bandung pun bergerak untuk berupaya membantu di lapangan. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna pada 22 November 2022, pihaknya telah mengerahkan bantuan sebanyak tujuh unit mobil ambulans ke lokasi terdampak gempa. Berdasarkan keterangan Ema, Wali Kota Bandung sudah mengadakan rapat bersama SKPD terkait dalam upaya pengumpulan serta pengiriman bantuan.

Hal senada disampaikan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekda Kota Bandung Momon Agmad Imron Sutisna. Di mana dalam rapat disepakati melakukan penggalangan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa Kabupaten Cianjur dan ini diresmikan melalui serat edaran dari Pemkot Bandung.

[Baca Juga: Cianjur Berduka, Pemprov DKI Jakarta Kirim Bantuan]

“Pertama, bantuan dari ASN, karyawan RS, BUMD dikumpulkan di Bagian Kesra. Ini akan kita buatkan surat edarannya. Lalu Disdagin dan Dinsos mengumpulkan bantuan dari para pengusaha dan donatur lingkup masing-masing,” jelas Momon (22/11/2022).

Selanjutnya bantuan juga akan digalang oleh camat serta lurah di wilayahnya masing-masing untik mengumpulkan bantuan dari warga dan tak lupa Dinas Kesehatah Kota Bandung juga turut mengirimkan bantuan unit ambulans, tenaga medis, serta obat-obatan. Dinas Kebakaran Kota Bandung juga akan dikerahkan ke lokasi untuk melakukan asesmen mengenai kebutuhan di lokasi bencana.

Baik masyarakat hingga ASN, bantuan yang diberikan bisa berupa uang, makanan, hingga pakaian yang layak. Batas penggalangan bantuan ini akan dilakukan sampai 25 November 2022. “"Bantuan dari ASN, BUMD, rumah sakit, Disdagin, Dinsos dan dari para camat serta lurah, akan diserahkan ke lokasi, Senin 28 November 2022. Rencananya Pak Wali Kota yang menyerahkan," tambah Momon.


Read More

Artikel Lainnya

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Tiket Tambahan Konser Tur Westlife Dijual Mulai 10 Desember 2022

06 December 2022, 14:14

Pihak promotor mengumumkan akan mulai menjual tiket tambahan pada pekan ini untuk konser tur Westlife The Wild Dream Tour 2023 Jakarta.


Comments


Please Login to leave a comment.