Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

Walau tragedi gempa Cianjur terjadi beberapa pekan lalu, namun hingga kini trauma tak bisa dipungkiri masih membayangi para korbannya dan ini belum ditambah dengan beberapa kali guncangan gempa susulan yang terjadi. Dalam rangka memastikan trauma ini secara perlahan dapat dikurangi sekaligus untuk memberikan layanan kesehatan fisik, para relawan dari Tim Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad) selama tiga hari turun ke posko korban gempa Cianjur untuk membantu anak-anak serta orang dewasa di sana.

Layanan sukarela ini dilakukan pada 3-5 Desember 2022 dan terdiri dari Dosen Fakultas Keperawatan Unpad Ida Maryati bersama delapan mahasiswa Program Profesi Ners dengan lokasi yang disambangi ada beberapa titik pengungsian seperti contohnya adalah di Posko 1 RT 4 Kampung Cikaret Girang yang berisikan 45 KK dengan puluhan anak korban gempa Cianjur.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa.jpg

“Banyaknya anak dan orang dewasa yang terkena dampak bencana gempa menyebabkan kebutuhan akan pelayanan kesehatan baik fisik dan mental meningkat,” ujar Ida, sebagaimana dikutip dari Unpad.ac.id (7/12/2022).

Dari sisi kesehatan, berdasarkan pemantauan tim dari Fakultas Keperawatan Unpad dan pengakuan para korban Cianjur, mayoritas pegungsi mengalami gatal-gatal, batuk, diare, hingga flu. Dari sisi gatal-gatal disebut dipicu oleh kondisi dari pengungsian itu sendiri yang kurang baik sanitasinya serta bagaimana para penyintas kurang memperhatikan kebersihan diri. Dengan kondisi yang kumuh, penyakit kudis juga mudah menular antara satu pengungsi dengan yang lainnya. Sedangkan untuk batuk dan flu, menurut tim, ini dipicu oleh musim hujan dan ventilasi yang kurang optimal di tenda.

[Baca Juga: Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad]

Selain masalah kesehatan fisik, kesehatan jiwa juga menjadi layanan yang diberikan oleh para sukarelawan. Di mana metode yang dipilih adalah art therapy yang disebut dapat membantu mengurangi post-traumatic stress yang dialami oleh para korban gempa, khususnya dari mereka yang masih anak-anak. Melalui metode ini, anak-anak didorong untuk menggambar dan menyalurkan emosi mereka tanpa perlu mengutarakan perasaan atau trauma yang mereka alami akibat gempa. Seperti yang dilakukan remaja bernama Ayuni yang menggambar pantai dan disebut berdasarkan rencana liburannya ke Pantai Karang Potong yang tertunda akibat bencana alam yang terjadi pada akhir November 2022 itu.

Tak lupa tim Fakultas Keperawatan Unpad juga membangikan obat-obatan serta vitamin untuk para penggungsi di posko korban gempa Cianjur. Berdasarkan penjelasan Unpad, ini bukan kali pertama tim dari fakultas tersebut dikerahkan untuk membantu korban gempa Cianjur. Pasalnya, sejak 23 November 2022, relawan dari fakultas tersebut sudah dikerahkan dan bergerak bersama Pusat Riset Kebencanaan Unpad.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.