Cicipi Bir Kotjok Asli Bogor yang Menghangatkan Tapi Tak Memabukkan

Kuliner

Cicipi Bir Kotjok Asli Bogor, Hangatkan Tapi Tak Memabukkan

Pernahkah Anda mendengar bir kotjok? Walaupun namanya bir, namun minuman ini tidak memabukkan, justru menyehatkan tubuh. Bir kotjok merupakan minuman tradisional asal Bogor yang sudah ada sejak 1940-an. Walaupun kemunculan awalnya belum diketahui, minuman ini merupakan pilihan yang tepat di saat cuaca dingin Kota Hujan menerpa.

Bir kotjok merupakan minuman yang dibuat dari jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir dan gula aren. Dilansir dari berbagai sumber (9/8/2019), menurut pemilik lapak Bir Kotjok Abah Eman menyebutkan, minuman tradisional ini bagus dikonsumsi saat masuk angin karena menghangatkan tubuh, selain itu beberapa bahan seperti kayu manis dan cengkeh mampu memperlancar sirkulasi darah.

[Baca Juga: Wisata Kuliner Bogor Tidak Lengkap Tanpa 3 Asinan Ini]

Resep bir kotjok yang asam, manis, pedas, dan segar ini merupakan resep tiga generasi yang tak pernah diubah. Nama ‘kotjok’ diambil dari proses pembuatan minuman ini, bir diaduk atau dikocok hingga muncul busa layaknya bir. Selain itu, nama bir digunakan supaya orang penasaran mencicipi minuman yang hangat di tenggorokan ini.

Busa dihasilkan dari cengkeh yang bertemu kayu manis dan dikocok bersamaan dengan es batu. Mungkin minuman ini akan mengingatkan Anda dengan bir pletok asal Jakarta, namun dari rempah dan rasanya pun berbeda. Menurut Eman, bir kotjok khas Bogor ini tidak menggunakan secang dan kapulaga.

[Baca Juga: Cungkring, Kuliner Unik di Bogor]

Awalnya, minuman ini dibuat untuk perayaan pernikahan etnis Tionghoa yang ada di Bogor. Namun pada tahun 1965, bir kotjok mulai dijual keliling sehingga minuman ini disebut juga bir penganten. Kini, bir kotjok bukan hanya dikenal sebagai minuman saat pernikahan, namun semua orang bisa mencicipinya kapan pun.

Jika Anda tertarik mencicipi bir kotjok khas Bogor, coba kunjungi lapak Eman yang ada di Jalan Suryakencana, melawati Gang Aut. Letaknya ada di sebelah kiri jalan arah Puncak. Tak sendiri, Eman berjualan ditemani adiknya yang berjualan di lokasi yang berbeda, Anda bisa menemui lapak kedua di ujung Jalan Roda, Kelurahan Babakan Pasar.

Bir Kotjok Abah Eman khas Bogor buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk mencobanya karena harga satu gelar bir kotjok terbilang terjangkau, yaitu hanya Rp5.000-an saja. Tertarik untuk mencoba?

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.