Cicipi Bir Kotjok Asli Bogor yang Menghangatkan Tapi Tak Memabukkan

Kuliner

Cicipi Bir Kotjok Asli Bogor, Hangatkan Tapi Tak Memabukkan

Pernahkah Anda mendengar bir kotjok? Walaupun namanya bir, namun minuman ini tidak memabukkan, justru menyehatkan tubuh. Bir kotjok merupakan minuman tradisional asal Bogor yang sudah ada sejak 1940-an. Walaupun kemunculan awalnya belum diketahui, minuman ini merupakan pilihan yang tepat di saat cuaca dingin Kota Hujan menerpa.

Bir kotjok merupakan minuman yang dibuat dari jahe, cengkeh, kayu manis, gula pasir dan gula aren. Dilansir dari berbagai sumber (9/8/2019), menurut pemilik lapak Bir Kotjok Abah Eman menyebutkan, minuman tradisional ini bagus dikonsumsi saat masuk angin karena menghangatkan tubuh, selain itu beberapa bahan seperti kayu manis dan cengkeh mampu memperlancar sirkulasi darah.

[Baca Juga: Wisata Kuliner Bogor Tidak Lengkap Tanpa 3 Asinan Ini]

Resep bir kotjok yang asam, manis, pedas, dan segar ini merupakan resep tiga generasi yang tak pernah diubah. Nama ‘kotjok’ diambil dari proses pembuatan minuman ini, bir diaduk atau dikocok hingga muncul busa layaknya bir. Selain itu, nama bir digunakan supaya orang penasaran mencicipi minuman yang hangat di tenggorokan ini.

Busa dihasilkan dari cengkeh yang bertemu kayu manis dan dikocok bersamaan dengan es batu. Mungkin minuman ini akan mengingatkan Anda dengan bir pletok asal Jakarta, namun dari rempah dan rasanya pun berbeda. Menurut Eman, bir kotjok khas Bogor ini tidak menggunakan secang dan kapulaga.

[Baca Juga: Cungkring, Kuliner Unik di Bogor]

Awalnya, minuman ini dibuat untuk perayaan pernikahan etnis Tionghoa yang ada di Bogor. Namun pada tahun 1965, bir kotjok mulai dijual keliling sehingga minuman ini disebut juga bir penganten. Kini, bir kotjok bukan hanya dikenal sebagai minuman saat pernikahan, namun semua orang bisa mencicipinya kapan pun.

Jika Anda tertarik mencicipi bir kotjok khas Bogor, coba kunjungi lapak Eman yang ada di Jalan Suryakencana, melawati Gang Aut. Letaknya ada di sebelah kiri jalan arah Puncak. Tak sendiri, Eman berjualan ditemani adiknya yang berjualan di lokasi yang berbeda, Anda bisa menemui lapak kedua di ujung Jalan Roda, Kelurahan Babakan Pasar.

Bir Kotjok Abah Eman khas Bogor buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Tak perlu ragu untuk mencobanya karena harga satu gelar bir kotjok terbilang terjangkau, yaitu hanya Rp5.000-an saja. Tertarik untuk mencoba?

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.