Ciki Ngebul Dilarang Dijual di Kota Bandung.jpg

Kesehatan

Ciki Ngebul Dilarang Dijual di Kota Bandung

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, konsumsi jajanan ciki ngebul telah memicu banyak anak di wilayah Jawa Barat dilarikan ke rumah sakit bahkan hingga harus menjalani tindakan medis. Dinas Kesehatan Jawa Barat mencatat di Kabupaten Tasikmalaya ada puluhan anak yang mengonsumsi ciki ngebul dengan tujuh di antaranya menunjukan gejala gangguan kesehatan dan sempat dibawa ke puskesmas dengan satu dirawat di rumah sakit. Saat ini semuanya telah diizinkan pulang. Namun yang paling parah adalah satu kasus di Kota Bekasi dengan satu anak menunjukan gejala yang membuatnya terpaksa harus menjalani operasi. Kondisi ini pun akhirnya memicu Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung ambil langkah tegas.

Pelarangan ini langsung disampaikan Wali Kota Bandung Yana Mulyana pada 16 Januari 2023 kemarin. Keputusan ini diambilnya usai menilai semakin meningkatnya kasus anak-anak yang mengalami keracunan akibat mengonsumsi jajanan yang mengombinasikan camilan chiki itu dengan nitrogen cair. Ia menegaskan, terdapat unsur yang berbahaya saat manusia menelan nitrogen cair apalagi dibuat jadi camilan yang dimakan anak-anak.

Ciki Ngebul Dilarang Dijual di Kota Bandun g.jpg

“Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung rasanya sudah membuat surat edaran untuk melarang. Sebab risikonya, nitrogen itu kalau sampai tertelan bisa bahaya. Gelas saja bisa pecah kalau terkena nitrogen yang membeku, apalagi lambung,” ujarnya sebagaimana dikutip dari Bandungkota.go.id (16/1/2023).

Selain Dinkes, Dinas Pendidikan Kota Bandung juga disebut sudah diinstruksikan membuat surat edaran khusus yang nantinya disebarkan di sekolah-sekolah guna orangtua memperhatikan apa yang dibeli anak mereka di sekolah. Selain itu, Pemkot Bandung juga sidah memberikan imbauan agar para pedagang di sekitar sekolah tidak menjual jajanan ciki ngebul. Kebijakan ini diambil demi mengantisipasi potensi terjadinya kasus keracunan seperti di wilayah lain apalagi menurut Dinkes Kota Bandung, di Kota Kembang belum tercatat adanya anak-anak yang terkena dampak negatif konsumsi ciki ngebul.

[Baca Juga: Viral Dampak Konsumsi Chiki Ngebul, Dinkes Kota Tangerang Keluarkan Peringatan]

Selain di tingkat pemkot, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga sudah mengeluarkan imbauan ke dinkes di wilayah kabupaten serta kota. Sebagaimana dilansir dari Jabarprov.go.id (14/1/2023) imbauan itu berbunyi mengenai peninjauan kembali izin usaha makanan yang menggunakan nitrogen cair. Kementerian Kesehatan sendiri sudah mengeluarkan Surat Edaran mengenai pengawasan penggunaan nitrogen cair di makanan siap saji yang memaparkan bagaimana zat tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti radang dingin, luka bakar di jaringan kulit, tenggorokan yang seasa terbakar, bahkan organ dalam yang bisa mengalami kerusakan.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.