Cikini 82, Rumah Sederhana yang Membuat Indonesia Dikenal Dunia

Berita Kawasan

Cikini 82, Rumah Sederhana yang Membuat Indonesia Dikenal Dunia

Cikini 82 adalah sebuah rumah yang terletak di Jalan Cikini Raya No.82 Kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Dulunya, bangunan bersejarah ini milik Menteri Luar Negeri pertama Indonesia Mr. Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Selain menjadi rumah tinggal, rumah bergaya arsitektur Belanda ini juga menjadi kantor Kementerian Luar Negeri pertama Indonesia.

Cikini 82, Rumah Sederhana yang Membuat Indonesia Dikenal Dunia

Dari tempat sederhana inilah kemudian langkah diplomasi Indonesia dalam memperjuangkan kedaulatan negara dan mendapatkan pengakuan internasional dimulai. Kini, sepeninggal Achmad Soebardjo pada 1978, rumah yang dibangun di atas lahan seluas 3.000 meter persegi itu tidak lagi ditempati.

[Baca Juga: 6 Cara Jitu Agar Rumah Miliki Cahaya Alami]

Meski begitu, Pemerintah tetap mempertahankan keaslian bangunan yang sudah berdiri sejak zaman Kemerdekaan Republik Indonesia. Di dalamnya masih tersimpan rapi buku-buku koleksi keluarga Achmad Soebardjo. Bahkan di dinding-dinding ruangannya juga nampak terpanjang beberapa lukisan serta foto-foto keluarga yang meskipun gambarnya sudah sedikit agak kabur.

Cikini 82, Rumah Sederhana yang Membuat Indonesia Dikenal Dunia

Terdapat pula ranjang tidur dan juga mesin ketik yang biasa dipakai Achmad Soebardjo ketika menjalani tugas sebagai Menteri Luar Negeri. Sejarah mencatat, Cikini 82 juga sering digunakan menjadi tempat berkumpul bagi para tamu internasional. Mereka sering mengadakan seminar, pertunjukan kesenian dan lain-lain hingga meninggalnya Sang Diplomat.

Bermula ketika Achmad Soebardjo ditunjuk menjadi Menlu, dua hari setelah hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945. Situasi negara yang masih bergejolak dan juga belum siapnya fasilitas penunjang membuat Soebardjo memutuskan untuk menggunakan tempat tinggalnya sebagai kantor Kementerian Luar Negeri.

Cikini 82, Rumah Sederhana yang Membuat Indonesia Dikenal Dunia

Di awal kepemimpinannya, Soebardjo juga hanya memiliki 10 karyawan yang Ia pekerjakan setelah memasang iklan di surat kabar. Dengan keterbatasan itu, Soebardjo dan anak buahnya belum mampu bekerja maksimal. Padahal tugas Menteri Luar Negeri waktu zaman itu terbilang cukup berat. Soebardjo dan anak buahnya harus menyebarluaskan Proklamasi Kemerdekaan RI. Selain itu, Menteri Luar Negeri pada masa itu juga harus mendapatkan pengakuan internasional dari negara-negara di dunia.

[Baca Juga: Ini Sejarah Singkat Stasiun Gambir dari Masa ke Masa]

Baru tiga bulan menjabat, Soebardjo malah mengundurkan diri. Pengunduran diri itu dilakukan karena perbedaan pandangan politik antara dirinya dengan Sutan Sjahrir yang pada waktu itu menjabat sebagai Perdana Menteri RI. Namun setelah kabinet berganti, Soebardjo kembali diangkat menjadi Menteri Luar Negeri pada April 1951 hingga Februari 1952. Sampai akhirnya, dia ditugaskan sebagai Duta Besar RI untuk Swiss periode 1957-1961.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.