CIKINI GOLD CENTER PUSAT BISNIS EMAS TERBESAR DI JAKARTA

Bisnis

Cikini Gold Center, Pusat Bisnis Emas Terbesar di Jakarta

Selain sebagai perhiasan, emas juga dijadikan sebagai standar keuangan di banyak negara. Sehingga tak heran, benda yang terbentuk dari unsur kimia ini sangat populer di dunia, termasuk Indonesia. Dalam hal ini, DKI Jakarta memiliki satu lokasi yang digadang-gadang sebagai pusat bisnis emas terbesar di Indonesia. Tempat itu bernama Cikini Gold Center.

Untuk mencapai area ini pun terbilang mudah. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, maka arahkan saja aplikasi maps di ponsel pintar Anda ke Cikini Gold Center. Namun bila menggunakan kereta komuter, Anda tinggal turun di Stasiun Cikini dan berjalan sekira satu menit saja untuk mencapai area tersebut. Sedangkan untuk bis kota, Anda bisa memilih menggunakan bis T502 yang berhenti di dekat Cikini Gold Center.

Pusat Jual-Beli Emas

Cikini Gold Center memiliki sejarah berawal dari Pasar Cikini yang sudah ada sejak tahun 1962. Pada era tersebut, wilayah Cikini sebenarnya sudah memiliki nama dan terkenal sebagai pusat berkumpulnya pedagang emas dan perhiasan. Saat itu yang membedakan pedagang emas Cikini dengan yang lainnya adalah perhiasan yang dijual memiliki bentuk indah. Bentuk itu berasal dari tingkat keterampilan para penjualnya. Namun karena bentuk pasar yang semakin tua, pada tahun 2011, dilakukanlah pemugaran dan dibuat lebih modern dengan pusat para penjual emas yang dialokasikan menempati empat lantai.

[Baca Juga : Mencari Souvenir Pernikahan di Pasar Jatinegara]

Saat proses pemugarannya nyaris rampung, pihak pengelola Cikini Gold Center berharap lokasi tersebut akan menjadi pusat bisnis emas yang dapat dibanggakan oleh warga Indonesia, khususnya Jakarta. Bahkan, salah satu media Tanah Air pernah mewartakan bahwa pejabat tinggi Cikini Gold Center memiliki visi bahwa tempat tersebut akan menjadi pusat bisnis emas yang dapat bersaing dengan Dubai atau London.

Cikini Gold Center pun tercatat pernah mendapatkan piagam dari Museum Rekor Indonesia pada 2014. Saat itu, lokasi yang menjadi tempat berkumpulnya tempat beli emas terpercaya di Jakarta tersebut mengadakan pameran batu akik dengan jumlah peserta terbanyak. Saat itu, ratusan peserta dari berbagai kota di Tanah Air berkumpul dan memperlihatkan koleksi batuk akik mereka.

Terkait kabar perkembangan bisnis di sana, tentu saja tempat berkumpulnya tempat beli emas terpercaya di Jakarta ini juga mengalami situasi “pasang-surut” dalam bisnis emasnya. beberapa bulan lalu, salah satu media di Tanah Air mewartakan bahwasanya muncul fenomena meningkatnya pembelian emas di Cikini Gold Center.

Pasalnya, hal ini sejalan dengan momen pasca-lebaran, tepatnya pada akhir Juni 2018, di mana terjadinya peningkatan pengeluaran keluarga-keluarga yang merayakan idul fitri dan menikmati libur panjang. “Mereka (pengunjung) jual emas habis Lebaran mungkin lagi butuh uang. Biasanya buat bayar sekolah, kenaikan kelas mau daftar ulang, masuk sekolah, macam-macam,” ucap salah satu penjual emasi di Cikini Gold Center, sebagaimana diwartakan detik.com pada 20 Juni 2018.

Tempat Berburu Parsel

Selain menjadi tempat berkumpulnya orang- orang yang mencari perhiasan atau jual-beli emas, masih ada hal menarik yang ditawarkan oleh Cikini Gold Center. Sebab tempat ini juga menjadi lokasi yang didatangi oleh para warga Jakarta dan sekitarnya untuk mencari seserahan demi keperluan resepsi pernikahan.

Berbagai seserahan hingga parsel dapat Anda temukan di sini. Jejeran toko yang menjual seserahan pun beragam dan dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Selain dapat memilih seserahan yang sudah ada, Anda bisa meminta dibuatkan yang bersifat personal atau customer.

[Baca Juga : Roti Unyil Venus, Bakery yang Eksis Sejak 1992]

Pusat seserahan di Cikini Gold Center berada di lantai LG - UG. Banyaknya yang menjual seserahan dan parsel, membuat banyak orang berpendapat mayoritas pengunjung yang datang ke Cikini Gold Center bukan untuk membeli emas.

Bila ditarik garis merah, ramainya para penjual seserahan dan parsel di Cikini Gold Center diduga memiliki hubungan aktivitas penggusuan oleh PT. Kereta Api Indonesia terhadap para penjual parsel yang membuka lapaknya di Stasiun Cikini pada 2013. Para pedagang pun akhirnya direlokasi di Cikini Gold Center yang berada di dekat area Stasiun Cikini.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.