Mal di Depok Putar Indonesia Raya Setiap Pagi Sebagai Ucapan Cinta NKRI

Berita Kawasan

Cinta NKRI, Mal di Depok Putar Indonesia Raya Setiap Pagi

Beberapa waktu lalu, ada video singkat yang viral di media sosial Twitter yang dapat membangkitkan semangat nasionalisme masyarakat Indonesia yang sempat renggang akibat berbagai keributan dalam pelaksanaan Pemilu 2019. Sebuah pengguna Twitter dengan nama Zulkarnaini @bangzul_1988 mengunggah kebanggaanya pada suatu pusat perbelanjaan di Kota Depok, Jawa Barat yang memutar lagu kebangsaan, Indonesia Raya.

Menurut unggahannya, Pesona Square yang merupakan pusat perbelanjaan yang terbilang baru di Depok ini rutin memutar lagu kebangsaan sebelum jam pembukaan operasional untuk pengunjung. Unggahannya disambut baik oleh masyarakat, terbukti per 19 Juni 2019 sudah 5,684 akun yang me-retweet, 11.000 akun menyukai, dan 660 balasan netizen atas postingan video tersebut.

Mal di Depok Putar Indonesia Raya Setiap Pagi Sebagai Ucapan Cinta NKRI

Beberapa netizen turut bangga atas tindakan yang dilakukan pihak mal, misalnya akun dengan username @1NUNGW1DD69 yang menyebutkan “Ikut merinding mendengarnya. Ttp harus dibangun rasa Nasionalisme kita. Jgn sampai pudar. Hiduplah Indonesia Raya”

Zurkarnaini mengungkapkan kekagumannya terhadap kebiasan yang dilakkan pihak pengelola pusat perbelanjaan Pesona Square Mall, yaitu PT Menara Depok Asri (MDA). Ditulis dalam unggahannya “Ini mall square paling top sejagat, setiap hari jam 10.00 pagi, selalu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebelum buka mall, MUANTAP habis. Berikan apresiasimu.“

[Baca Juga: Bangunan Tua di Margo City Jadi Saksi Sejarah Depok]

Menanggapi unggahan Zurkarnaini yang viral, pihak Pesona Square Mall menanggapi berita yang sedang ramai. Direktur Utama PT Menara Depok Asri Alwi Bagir Mulachela menyebutkan, fenomena kebanggan terhadap lagu kebangsaan menurutnya sudah mulai luntur. Maka dari itu, untuk memupuk rasa cinta terhadap bangsa, pihak pengelola memilih untuk memutar kembali Indonesia Raya setiap pagi.

Dampak dari pemutaran lagu Indonesia Raya sangat nyata. Setiap lagu kebangsaan ini dikumandangkan, secara otomatis para karyawan mengambil posisi tegak berdiri, menghormati atau bahkan ikut bernyanyi.

Mengutip dari kompas.com (19/6/2019) Customer Service Officer Pesona Square Mall Septiana menyebutkan, memperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya sudah dilakukan sejak mal ini dibuka pada 27 September 2018 dan termasuk kebisakan perusahaan. "Kami berada di Indonesia, membangun di Indonesia, dan sudah selayaknya kami mencintai Indonesia. Kami ingin menumbuhkan kembali rasa cinta Tanah Air. Ini salah satu bentuk dan upaya kami mencintai negeri sendiri," tutur Septiana.

[Baca Juga: Kisah Makam Pejuang Bangsa di Hutan Kota UI Depok]

Menurut Septiana, Pesona Sqaure Mall merupakan satu-satunya mal yang melakukan hal ini. Ia menambahkan, ke depannya bukan hanya jelang pembukaan operasional mal saja, lagu dengan unsur patriotisme juga akan dikumandangkan jelang penutupan operasional mal.

Pihak pengelola mal bukan hanya mengumandangkan lagu kebangsaan, namun mal ini juga menyetel adzan selama empat kali, dimulai dari dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Sebagai pihak pengelola Alwi berharap, upaya ini akan berdampak lebih luas ke masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.