Ciptakan Gaya Hidup Minimalis dengan Miliki Pakaian yang Sedikit

Kecantikan dan Fashion

Ciptakan Gaya Hidup Minimalis dengan Capsule Wardrobe

Gaya hidup minimalis bisa dimulai dari memiliki pakaian yang sedikit. Pakaian yang sedikit akan memberikan banyak manfaatnya, bahkan Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencocokkan pakaian saat akan ke luar rumah. Teknik ini dikenal dengan istilah capsule wardrobe.

Capsule wardrobe adalah istilah yang diciptakan pemilik butik Wardrobe di London bernama Susie Faux pada tahun 1970-an. Menurut Faux, capsule wardrobe adalah koleksi beberapa potong pakaian penting yang modelnya tidak lekang waktu, seperti rok, celana panjang, dan jaket yang kemudian dapat ditambah dengan busana yang sesuai musim atau tren terkini.

[Baca Juga: 7 Kesalahan Berbusana yang Sering Pria Lakukan]

Berikut tips memulai gaya hidup minimalis ala capsule wardrobe dengan pakaian yang sedikit.

Ciptakan Gaya Hidup Minimalis dengan Miliki Pakaian yang Sedikit

1. Tentukan Palet Warna Baju

Hal yang pertama Anda coba lakukan adalah menentukan palet warna pakaian. Pilihlah warna netral untuk pakaian Anda, tujuannya agar Anda lebih mudah mencocokkan pakaian yang akan Anda kenakan saat ke luar rumah. Pakaian yang sedikit Anda miliki akan tercipta beberapa gaya. Dalam menentukan palet warna pakaian, Anda bisa mencarinya di mesin pencari via internet. Palet warna apa saja yang bisa mudah mencocokkan pakaian satu dengan yang lainnya.

2. Tentukan Gaya Berpakaian

Masing-masing orang memiliki gaya tersendiri dalam berpakaian. Anda bisa menentukan sendiri gaya yang seperti apa yang cocok diaplikasikan dalam berpakaian. Kenali postur tubuh dan sesuaikan pakaian yang cocok dengan postur tubuh Anda. Hal ini akan membuat Anda enak dilihat orang dan membuat Anda lebih tampil percaya diri. Pakaian sedikit yang Anda miliki akan lebih nyaman dipakai di mana pun dan kapan pun. Mengingat, Anda sudah mengenal gaya berpakaian. Bila Anda masih bingung menentukan gaya berpakaian. Anda bisa melihat berbagai gaya fashion di dunia maya maupun dalam dunia nyata. Anda bisa melihat gaya berpakaian orang-orang di mal-mal atau tempat wisata atau di mana pun itu.

[Baca Juga: Rentique, Aplikasi Rental Busana dengan Harga Terjangkau]

3. Berpikir Bagaimana Mix and Match

Karena pakaian Anda hanya terbatas 1-20 potong saja, Anda harus pintar mix and match pakaian agar tidak tampil membosankan dan juga bisa mendapatkan beberapa gaya busana untuk berbagai kondisi. Tentunya meskipun pilihan pakaian Anda terbatas hingga 20 potong saja, penampilan di rumah, kantor, atau dalam acara formal seperti kondangan tidak bisa sama.

4. Sesuaikan Cuaca

Di Indonesia hanya ada dua musim, panas dan hujan. Jadi, pastikan pakaian sedikit Anda hanya yang mampu menyerap keringat di saat musim panas tiba dan pakaian hangat saat musim hujan datang. Dengan begitu, Anda bisa bijak memilih pakaian mana saja yang seharusnya ada di lemari Anda atau pakaian yang harus disingkirkan.

Itulah empat tips ciptakan gaya hidup minimalis yang bisa Anda mulai dari memiliki pakaian yang sedikit. Banyak inspirasi capsule wardrobe yang bisa Anda peroleh. Cari dan tentunya mana yang paling sesuai untuk Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus.jpg

Pendidikan

Ini Komunitas Unpad Peduli Anabul Penghuni Area Kampus

06 February 2023, 14:53

Bergabung dalam UnpadSF, sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengisi sela-sela waktunya untuk membantu serta melindungi anabul yang tinggal di sekitaran kampus Unpad.

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM.jpg

Bisnis

CFD Kota Medan Bawa Berkah Bagi Pengusaha UMKM

06 February 2023, 12:51

Selain untuk berolahraga, CFD Kota Medan juga menjadi momen berkumpul bersama keluarga serta teman dan ini menjadi berkah tersendiri bagi pelaku usaha UMKM Kota Melayu Deli.

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).


Comments


Please Login to leave a comment.