Ciptakan Lingkungan Inklusif di Masjid Bagi Teman Disabilitas

Berita Kawasan

Ciptakan Lingkungan Inklusif di Masjid Bagi Teman Disabilitas

Dalam rangka menciptakan lingkungan inklusif di sekitar masjid, So Nice dan Thisable Enterprise menggagas peogram Masjid Ramah Disabilitas. Program Masjid Ramah Disabilitas ini dilakukan selama tiga hari, yakni pada 18, 19, dan 25 Mei 2019 di tiga lokasi masjid yang berbeda.

Lokasi masjid yang menjalankan program Masjid Ramah Disabilitas ini antaranya Masjid Ramah Disabilitas dilakukan di Masjid Jami An Ni’mah, Pondok Labu, Jakarta Selatan, dan Masjid Al Mukarromah, Pesanggarahan, Jakarta Selatan.

Ciptakan Lingkungan Inklusif di Masjid Bagi Teman Disabilitas

Program Masjid Ramah Disabilitas digagas karena melihat selama ini adanya kesulitan teman disabilitas mengakses masjid dan menjadi hambatan setiap mereka ingin melakukan ibadah. Hambatan ini seperti tidak adanya akses ramp yang membuat tunadaksa jarang ke masjid, dan bahkan ada yang tidak diperbolehkan masuk di dalam masjid karena kursi roda dianggap kotor.

Tidak hanya itu saja, untuk disabilitas tuli karena ketidakmampuan mendengar dan memaknai adzan hingga makna shalat. Maka dari itu, program ini sebagai bentuk inisiasi awal dan mengajak Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk ikut bersama menciptakan lingkungan inklusif di lingkungan masjid.

[Baca Juga: Ngabuburit Berfaedah di Galeri Islam Al-Azhom Kota Tangerang]

Marketing Manager So Nice M. Reza Rizali mengatakan, program ini menjadi poiner bagi pihaknya untuk terus berusaha menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah, terlebih di bulan Ramadan ini.

“Masjid yang menjadi pilihan programnya, dikarenakan masjid yang selalu digunakan beribadah oleh teman-teman disabilitas. Semoga dengan terciptanya program ini dapat memudahkan teman disabilitasn untuk selalu dekat dengan Tuhan” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint.co.id (21/5/2019).

[Baca Juga: Akta Kelahiran dan KIA Braille Bisa Diperoleh di Disdukcapil Tangsel]

Dengan tagline #masjiduntuksemua, So Nice dan Thisable Enterprise mengajak semua pihak untuk ikut berkontribusi menyukseskan program ini menjadi program inklusif tidak hanya ramah terhadap aksesibilitas yang diperlukan dan menggerakkan sikap masyarakat untuk selalu menerima dengan baik jika teman disabilitas ingin melaksanakan ibadah di dalam masjid.

Program ini tidak berhenti di bulan Ramadan saja, karena So Nice dan Thisable Enterprise telah bekerjasama dalam jangka panjang untuk pemberdayaan disabilitas, sehingga menjadi program yang berkesinambungan tidak hanya menjadikan lingkungan yang ramah terhadap disabilitas namun juga pemberdayaan disabilitas agar lebih mandiri dari beragam segi kehidupan.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.