Depok-Kawasan-Kelurahan Cipas Dirikan Taman Guna Dukung Program KLA-Rachli-1.jpg

Berita Kawasan

Cisalak Pasar Dirikan Taman Guna Dukung Program KLA

Bicara soal kasus kekerasan terhadap anak seakan tidak ada habisnya. Persoalan ini diibaratkan seperti teori gunung es, terlihat bagian atas sedangkan bagian bawah tidak. Maksudnya adalah baru terlihat jika kasus tersebut dilaporkan, dan yang tidak dilaporkan mungkin masih banyak.

Guna meminimalisir kasus kekerasan terhadap anak, banyak pihak terkait yang melakukan kegiatan pecegahan mulai dari mengeluarkan kebijakan hukum hingga membuat program Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA).

Program Kabupaten atau Kota Layak Anak adalah kabupaten atau kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha, yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak dan perlindungan anak.

[Baca Juga: 8 Taman Kota di Kawasan Pasar Minggu]

Secara umum, tujuan KLA untuk memenuhi hak dan melindungi anak. Sedangkan tujuan khususnya untuk membangun inisiatif pemerintah kabupaten atau kota yang mengarah pada upaya tranformasi Konvensi Hak Anak (Convention on the Rights of the Child) dari kerangka hukum ke dalam definisi, strategi dan intervensi pembangunan, dalam bentuk: kebijakan, program dan kegiatan pembangunan yang ditujukan untuk Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak (PHPA) pada suatu wilayah kabupaten atau kota.

Ada beberapa alasan KLA penting untuk diwujudkan, antaranya anak merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberlangsungan hidup manusia dan keberlangsungan hidup bernegara, untuk meningkatkan kualitas anak agar tidak menjadi beban pembangunan, dan tingginya kekerasan terhadap anak baik di lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat dan lingkungan keluarga.

Taman Bermain Anak di Kelurahan Cisalak Pasar

Taman di Cisalak Pasar

Seperti halnya Kelurahan Cisalak Pasar (Cipas), Depok yang mendukung program KLA. Dukungan tersebut dalam bentuk menyediakan taman bermain anak di halaman kantor kelurahan. Masyarakat yang membawa anak dapat memanfaatkan taman tersebut saat mengurus berbagai pelayanan di kantor kelurahan.

Lurah Cipas Cahyanto mengatakan, keberadaan taman bermain anak juga diberikan sebagai upaya untuk memaksimalkan program Kelurahan Layak Anak yang sudah berjalan. Dengan begitu, masyarakat dapat langsung merasakan program tersebut saat berada di kantor Kelurahan Cipas.

[Baca Juga: Berburu Belimbing untuk Hipertensi di Depok Baru]

“Fasilitas taman kami berikan agar masyarakat lebih nyaman saat mengurus administrasi kependudukan, terlebih yang membawa anak,” tutur Cahyanto seperti dikutip dari depok.go.id (17/1/2019).

Dikatakan Cahyanto, taman bermain tersebut dilengkapi dengan sarana bermain anak, tempat duduk yang rindang, serta lahan untuk bermain yang ramah anak. Selain taman bermain anak, pihaknya juga menyediakan pojok bermain anak dan pojok baca anak. Seluruhnya diberikan dengan fasilitas yang ramah terhadap anak.

“Semoga dengan fasilitas yang kami sediakan semakin memberikan kenyamanan kepada masyarakat saat berkunjung ke kantor kelurahan,” tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.