Gambir-Kawasan-Cleanee-Jakarta-Project-Gerakan-Anak-Muda-Peduli-Sampah-Emil-02.jpg

Berita Kawasan

Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah

Dengan semakin majunya suatu kota dan semakin meningkatnya daya beli masyarakatnya maka persoalannya pun semakin banyak apalagi persoalan sampah. Hal ini juga terjadi di Ibu Kota. Walau sudah banyak tempat sampah yang disediakan di berbagai lokasi tapi terkadang warga Jakarta masih acap kali membuang sampah sembarangan. Hal inilah yang membuat sejumlah anak muda mengedukasi masyarakat mengenai sampah di kegiatan car free day.

[Baca Juga: Wah, Ada Car Free Day di Jalan Layang]

Dengan nama Cleanee Jakarta Project, komunitas yang rata-rata beranggotakan para mahasiswa dari Universitas Bakrie program studi Ilmu Komunikasi tersebut, memiliki cara unik untuk melakukan edukasi masyarakat mengenai buang sampah. Alih-alih menghampiri para pengunjung di car free day, para anggota komunitas ini menginginkan masyarakat secara sadar membuang sampah yang mereka bawa di kantung-kantung yang telah dipersiapkan komunitas Cleanee Jakarta Project.

Cleanee Jakarta Project Gerakan Peduli Sampah di Car Free Day Jakarta

“Kita bukan kelompok yang mengambil sampah orang-orang, kita bertujuan untuk meningkatkan awareness dengan cara menghampiri orang yang membawa sampah dan kita bawakan trash bag agar ia membuang sampahnya sendiri. Kita mengutamakan agar orang-orang mau mengubah pola pikir mengenai sampah, jadi kita meminta mereka untuk bertindak,” ucap Koordinator Cleanee Jakarta Project, Zaki Naufal di car free day Bundaran Hotel Indonesia kepada PingPoint.co.id (18/11/2018).

Koordinator Cleanee Jakarta Project Gerakan Peduli Sampah Zaki Naufal

Walau komunitas ini belum lama berdiri, namun para anggotanya tetap tanpa lelah melakukan edukasi masyarakat Ibu Kota mengenai sampah dengan menggaet para relawan peduli kebersihan di DKI Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya dengan Trash Hero Jakarta yang mereka ajak untuk mengampanyekan mengenai kebersihan di car free day.

[Baca Juga: Bank Sampah Jadi Solusi Kebersihan Unggulan Cipete Utara]

Selain car free day, komunitas yang berisi anak-anak muda ini juga melakukan sejumlah kegiatan di berbagai tempat mengenai pentingnya buang sampah pada tempatnya. “Kita melakukan kegiatan di Bekasi dua kali, selain itu kita juga sosialisasi di beberapa SMP mengenai pentingnya menjaga lingkungan dari sampah. Lalu, kita juga bekerjasama dengan bank sampah dan insyaAllah kita diajak sosialisasi ke beberapa sekolah-sekolah SD dan SMP di daerah Menteng dan sekitarnya,” jelas Zaki.

Pemuda berusia 19 tahun tersebut menambahkan bahwa masyarakat umum juga bisa ikut bergabung dengan kegiatan komunitas peduli sampah di Jakarta ini. “Di Instagram kita ada @cleaneejkt, bisa langsung DM (direct message) dan daftar di situ,” pungkas Zaki.

Read More

Artikel Lainnya

Unik Pemukiman di Penjaringan Disemprot Disinfektan dengan Drone

Berita Kawasan

Unik! Pemukiman di Penjaringan Disemprot Disinfektan dengan Drone

30 March 2020, 17:00

Pemandangan unik terlihat pada akhir pekan lalu di salah satu kawasan Jakarta Utara dengan drone yang terbang dan menyemprotan cairan disinfektan.

Ketahui Sejumlah Manfaat Kulit Jeruk Bagi Tubuh

Kesehatan

Antisipasi Covid-19, IPB Sarankan Jus Jeruk dengan Sedikit Kulitnya

30 March 2020, 16:00

IPB baru-baru ini menyarankan untuk masyarakat mencoba mengonsumsi jus jeruk yang dicampur dengan kulitnya dalam mengantisipasi infeksi Virus Corona.

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

Berita Kawasan

Lakukan Disinfeksi Cegah Covid-19, Ini Alokasi Biaya PMI Depok

30 March 2020, 15:00

Walau PMI Depok tak memungut biaya untuk kegiatan penyemprotan disinfektan, organisasi ini memberi tahu masyarakat berapa biaya persiapan disinfeksi.

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Kesehatan

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

30 March 2020, 14:00

Selain berbahaya bila terkena kulit serta lapisan lendir di mata dan mulut, penyemprotan cairan tersebut juga tidak efektif membunuh virus corona.


Comments


Please Login to leave a comment.