Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah

Berita Kawasan

Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah

Gerakan peduli lingkungan kerap menjadi dasar terbentuknya sebuah komunitas masyarakat dalam merapihkan keadaan alam. Banyak yang membuat inovasi-inovasi baru untuk mengakali perlindungan lingkungan namun sayangnya masih sedikit yang bisa mewujudkannya. Adanya pagelaran acara Climate Diplomacy Week 2019 ini menjadi salah satu wadah bagi pejuang lingkungan hidup serta terwujudnya inovasi pemanfaatan limbah hingga ajang edukasi bagi masyarakat. Meskipun hal ini bukanlah langkah awal dari gerakan peduli lingkungan, tapi acara ini bisa menjadi jembatan penghubung baru antara komunitas peduli lingkungan dengan masyarakat biasa.

PingPoint.co.id ikut serta dalam kegiatan Climate Diplomacy Week yang berlangsung di Jalan Buntu, Teplan Kelurahan Kedungbadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor (01/10/2019). Acara ini mengikut sertakan seluruh lapisan masyarakat mulai dari public figure, aktivis, jurnalis hingga masyarakat biasa. Para peserta ikut membersihkan kali Ciliwung bersama hingga perkenalan mesin sampah penghasil bahan bakar.

Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah di Indonesia

Acara ini cukup banyak mengundang tokoh-tokoh penting seperti Pendiri Get Plastic Dimas Bagus , Relawan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Suparno Jumar, Community Specialist National Geographic Indonesia Diky Wahyudi Lubis, dan penyanyi serta public figure Sheryl Geting atau yang dikenal dengan nama Shae. Ada pula perwakilan-perwakilan dari lembaga internasional seperti Europian Union.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

Dibalik kesederhanaan acaranya, Climate Diplomacy Week hadir dengan segudang edukasi dasar terhadap lingkungan. Berbagai info penting yang muncul pada topik pembahasan adalah seputar perilaku manusia, kebiasaan, tips melakukan gerakan peduli sampah, sebab akibat buruknya kondisi lingkungan hingga cara pemanfaatan sampah yang menjadi core pada acara ini.

Climate Diplomacy tidak sekedar mengajar masyarakat dengan setumpuk edukasi melainkan menjadi ajang gerakan diplomasi yang dirasa cukup menyentil kepedulian masyarakat terhadap limbah. Kebiasaan-kebiasaan kecil seperti membuang puntung rokok yang dibuang secara sembarang atau penggunaan plastik yang kurang bijak ternyata berpengaruh sangat buruk bagi ekosistem.

Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah di Indonesia

"Kebiasaan buruk yang mengancam ekosistem saat ini memang terkadang menjadi hal yang sering dinomorsepuluhkan. Misalnya seperti kebiasaan buruk yang sudah disebutkan di atas. Bayangkan, apabila sampah yang Anda buang secara tidak sengaja mengalir ke sungai yang kemudian menjadi limbah berbahaya bagi ekosistem air, khususnya ikan," ujar Suparno yang memberikan penjelasan dalam acara tersebut.

[Baca Juga: Antisipasi Banjir, Masyarakat Gotong Royong Bersihkan Ciliwung]

Ia mencontohkan, sampah styrofoam yang merupakan komponen yang tidak bisa larut secara alami terkena panas sehingga mengeluarkan mikro plastik yang dapat mencemarkan ikan yang Anda konsumsi setiap harinya. Seberapa banyak zat mikro plastik penyebab kanker yang sudah Anda telan? Dengan kata lain, sampah yang Anda buang secara tidak langsung kembali kepada Anda.

Diawali dengan sebuah obrolan empat mata hingga menjadi ratusan tangan yang ikut serta dalam memungut sampah Ciliwung, Climate Diplomacy Week dapat menjadi contoh nyata dari aksi peduli lingkungan di Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.