Coba Cara Ini Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Kuliner

Coba 3 Langkah Ini Agar Nasi Tidak Cepat Basi

Nasi sudah lama menjadi makanan pokok bagi kebanyakan masyarakat di Indonesia. Selain karena mudah didapat, kandungan di dalam nasi juga baik untuk tubuh, asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Namun yang jadi persoalan, kadang nasi yang kita buat sendiri di rumah tidak bisa bertahan lama. Bahkan belum sehari, nasi sudah basi dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Namun tenang saja, bebera tips ini bisa kalian manfaatkan agar nasi yang kalian buat bisa bertahan lebih lama tanpa mengubah cita rasanya.

[Baca Juga: 10 Ciri Perbedaan Jenis Beras]

1) Cuci Beras Hingga Benar-benar Bersih

Pastikan kalian saat mencuci beras tidak sekali, tapi berkali-kali. Karena dikhawatirkan beras yang hanya dicuci sekali akan membuat nasi cepat basi. Beras wajib dicuci bersih untuk menghilangkan lapisan kanji atau zat tepung. Kedua lapisan tersebut diketahui memiliki efek pengental yang menyebabkan nasi jadi berbau dan membuat cepat basi. Pastikan juga air bilasan beras benar-benar dibuang habis sebelum mencucinya untuk kedua dan ketiga kalinya atau paling tidak, sampai air tak lagi keruh agar tidak memangkas nutrisi.

Coba Cara Ini Agar Nasi Tidak Cepat Basi

2) Tambah Jeruk Nipis dan Sedikit Garam

Sebelum nasi dimasak, coba perah setengah buah jeruk nipis ke dalam 2-3 gelas beras yang sudah ditambah dengan air. Air jeruk nipis dapat membuat nasi lebih harum dan tahan lama karena keasamannya. Selain itu, masukkan sedikit garamke dalam panci agar nasi yang dimasak lebih tahan lama, sedap dan kenyal.

3) Aduk Nasi Setelah Matang

Bila kalian memasak nasi menggunakan rice cooker, jangan lupa untuk segera membuka penutupnya setelah nasi matang. Kemudian aduk nasi agar uap yang terakumulasi keluar dari panci. Nasi yang diaduk saat baru matang akan menciptakan ruang kosong antara butiran nasi yang memudahkan air menguap keluar. Selain akan membuat nasi tahan lama, juga akan menjadikan teksturnya lembut dan pulen. Jangan lupa juga untuk mencabut stop kontak rice cooker jika nasi tidak langsung dimakan.

[Baca Juga: Pilihan Jenis Karbohidrat Sehat Selain Nasi yang Wajib Anda Tahu]

Sementara itu, terdapat beberapa tanda untuk mengenali nasi yang sudah basi. Tanda paling jelas ketika nasi sudah basi dilihat dari baunya yang sudah tidak sedap. Selain itu, nasi basi juga memiliki tekstur berlendir serta warnanya yang menguning. Selainitu disarankan juga untuk tidak memanaskan nasi berkali-kali. Sebab hal itu berpotensi membuat bakteri dalam nasi berkembang lebih banyak dan menyebabkan keracunan makanan seperti muntah dan diare.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.