Coba Cara Ini Untuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing

Kuliner

Coba Cara Ini Untuk Hilangkan Bau Perengus Daging Kambing

Sadarkah Anda, belakangan ini sudah banyak sapi, kambing, dan domba dijual di pinggir jalan? Pemandangan seperti ini biasanya hanya muncul satu tahun sekali menjelang perayaan Iduladha atau Lebaran Haji. Biasanya, pada perayaan ini kebanyakan orang akan menerima bingkisan daging kambing atau sapi. Jika Anda mengolah daging sapi mungkin tak akan terlalu sulit karena sapi tak memiliki bau khas menyengat layaknya daging kambing.

Tak banyak orang yang mampu menghilangkan bau perengus khas kambing. Menurut beberapa orang, bau perengus kambing bisa menghilang jika ditambahkan rempah-rempah yang kuat pula. Namun jika sebelum dimasak, pengolahannya kurang tepat, bau perengus akan tetap tercium.

[Baca Juga: 3 Olahan Daging Kambing Wajib Dicoba di Hari Raya Iduladha]

Untuk mempersipakan olahan makanan di Iduladha nanti, merangkum dari beberapa sumber (30/7/2019) inilah cara untuk mengilangkan bau perengus pada daging kambing.

  • Jangan Dicuci

Langkah ini merupakan langkah penting yang harus Anda lakukan sebelum memasak daging kambing agar tidak bau perengus dan alot. Daging kambing yang tidak dicuci memiliki kualitas yang lebih baik karena daging tak bercampur dengan bakteri bawaan air. Hal tersebut menyebabkan bau perengus makin kuat. Jangan khawatir akan kehigienisannya karena bakteri yang ada dalam daging kambing akan mati dalam suhu tinggi ketika memasak.

  • Tambahkan Daun Jeruk

Untuk menghilangkan bau perengus pada daging, Anda bisa memanfaatkan aroma dari daun jeruk yang dapat mengikat bau. Gunakan beberapa helai daun jeruk untuk hidangan kuah yang dibuat dari daging kambing.

[Baca Juga: Iduladha Tiba, Ini 4 Olahan Daging Kambing Selain Sate]

  • Direbus Dahulu

Cara ini juga efektif untuk hilangkan bau perengus dari daging. Namun Anda memerlukan beberapa renpah-rempah untuk membantu menghilangkan bau. Anda bisa gunakan pandan, salam, serai, dan lengkuas. Biarkan rebusan daging hingga mendidih dan muncul buih putih atau abu-abu di atas rebusan. Buang buih tersebut dan ambil daging. Setelah ditiriskan daging sudah siap diolah kembali untuk jadi hidangan yang nikmat.

  • Manfaatkan Jeruk Nipis

Jika Anda tak ingin repot, coba masak sate menggunakan daging kambing. Gunakan jeruk nipis sebagai bahan pencuci daging sebelum disate. Biarkan air jeruk nipis menyerap ke dalam daging hingga menutupi bau perengus daging. Setelah 30 menit dimarinasi, tambahkan kecap dan dan margarin atau bumbu yang lebih kuat seperti ketumbar, gula merah, lada, bawang putih, dan lainnya.

Itulah empat cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan bau perengus pada daging kambing. Selamat mencoba!

Read More

Artikel Lainnya

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari

Kesehatan

Ingin Kurus? Jangan Coba-coba Makan Ini di Malam Hari!

10 December 2019, 18:00

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalori saat malam hari akan membuat berat badan naik. Ingin kurus? hindari jenis makanan ini jelang tidur!

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

Bisnis

Avrist Senang dengan Hasil Program Avrist Warrior Woman

10 December 2019, 17:00

Melihat antusiasme serta perkembangan bisnis peserta Avrist Warrior Woman, perusahaan Avrist menilai program CSR ini sukses.

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

Berita Kawasan

Pedagang Pakaian Bekas di Pasar Senen Direlokasi

10 December 2019, 16:00

Dalam rangka menata trotoar di Jalan Raya Senen, Pemkot Jakarta Pusat relokasi para pedagang pakaian bekas.

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

Berita Kawasan

Ular Sanca Besar Ditangkap Petugas Kelurahan Kebagusan

10 December 2019, 15:00

Warga Kelurahan Kebagusan baru-baru ini dikejutkan dengan kemunculan ular yang panjangnya lebih dari satu meter. Petugas pun sigap menangkapnya.


Comments


Please Login to leave a comment.