Cocok Untuk Diet, Lakukan Ini Sebelum Memulai Olahraga Pagi

Kesehatan

Cocok untuk Diet, Lakukan Ini Sebelum Memulai Olahraga Pagi

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain mudah, berolahraga juga bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hanya saja beberapa orang masih bertanya ‘kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk berolahraga?’

Dilansir dari boldsky.com (28/11/2019), beberapa penelitian menyebutkan bahwa olahraga sebelum sarapan bisa membantu mencegah sejumlah gangguan kesehatan. Bahkan berolahraga ketika perut masih kosong di pagi hari bisa membantu membakar lemak lebih banyak. Hal itu dikarenakan semakin sedikit kalori yang berada di sistem pencernaan, maka tubuh akan semakin banyak membakar cadangan lemak yang ada di dalam tubuh. Untuk itu, olahraga sebelum sarapan ini sangat cocok dilakukan untuk orang yang ingin menurunkan berat badannya.

Cocok Untuk Diet, Lakukan Ini Sebelum Memulai Olahraga Pagi

Jika kalian ingin mencoba memulai untuk berolahraga sebelum sarapan, baiknya cobalah ikuti beberapa tips berikut ini:

[Baca Juga: Inilah 6 Manfaat Olahraga untuk Otak Anda]

1) Mempersiapkan Diri Sejak Malam

Jangan tidur terlalu larut malam menjadi kunci awal untuk melakukan olahraga. Dengan waktu tidur yang cukup, tubuh pun siap untuk melakukan aktivitas fisik di pagi hari.

2) Lakukan Olahraga yang Sesuai Dengan Kemampuan

Jika kalian baru memulai untuk berolahraga, cobalah untuk melakukannya dalam intensitas yang tidak terlalu tinggi. Beberapa contohnya bisa kalian lihat di Internet. Saat ini banyak vloger yang mengunggah video olahraganya mulai dari yang intensitasnya rendah sampai yang sudah mencapai tahap profesional. Jika hal itu cukup merepotkan, kalian juga bisa memulainya dengan joging di sekitar rumah.

3) Cukupi Kebutuhan Air

Sebelum memulai berolahraga, pastikan kalian mengonsumsi air mineral. Hal itu supaya tubuh terhidrasi selama berolahraga. Dilansir dari WebMD, seorang pakar gizi asal Amerika Serikat Renee Melton membuat rumus konsumsi air saat berolahraga. Menurutnya, satu sampai dua jam sebelum berolahraga, cobalah untuk minum sekitar 2 sampai 3 gelas air. Kemudian, minum lagi sekitar satu gelas air 15 menit sebelum latihan dimulai. Dan ketika berolahraga, coba minum segelas air setiap 15 menit.

4) Berhenti Bila Merasa Lelah

Untuk pemula, tidak masalah jika kalian berhenti sebelum selesai melakukan latihan. Karena tubuh sedang dalam masa melakukan pembiasaan dari segala aktivitas yang kalian lakukan. Selain itu, cobalah untuk mengkonsumsi susu protein setelah berolahraga. Hal itu untuk mengembalikan massa otot dan memulihkan energi sehabis berolahraga.

[Baca Juga: Cara Diet Sehat untuk Turunkan Berat Badan]

Meski begitu, tidak semua orang dianjurkan untuk berolahraga sebelum sarapan. Salah satunya bagi penderita Diabetes. Sebab, penderita diabetes sering mengalami kekurangan kadar gula darah atau hipoglikemia. Maka, untuk para penderita diabetes disarankan untuk sarapan atau memakan sedikit camilan sebelum olahraga.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.