Connectoon, Surganya Komik Lokal Hingga Barang-Barang Kolektor di M Bloc Space

Berita Kawasan

Connectoon, Surganya Komik Lokal & Barang Kolektor di M Bloc Space

Berbicara soal komik, Jepang mungkin jadi salah satu negara yang memiliki industri komik paling melesat di Dunia. Beragam tokoh superhero hingga karakter paling iconic di dunia perkomikan diciptakan komikus Jepang. Pesatnya perkembangan industri komik Jepang banyak membuat nama-nama besar seperti Shonen Jump tersebar di berbagai belahan dunia, salah satunya adalah Indonesia. Sebagai salah satu konsumen komik terbesar, Indonesia juga memiliki industri komik lokal yang tak kalah apik.

Connectoon, Surganya Komik Lokal Hingga Barang-Barang Kolektor di M Bloc Space

Meski sempat kesulitan untuk mencapai ketenaran, kini Indonesia telah memiliki banyak komikus handal yang sudah menciptakan berbagai karya. Perkembangan industri komik Indonesia yang semakin baik membuat banyak komikus mulai mengeksplorasi pasar mereka di Jakarta. Salah satu wadah bagi para komikus Indonesia adalah Connectoon.

Berdasarkan dari hasil wawancara PingPoint.co.id, toko komik ini merupakan gabungan dari tiga perusahaan yaitu Ciayo Comic, Kosmik dan Pionicon. Toko komik lokal yang berlokasi di M Bloc Space ini, sangat mendukung industri komik Indonesia. konsep yang dianut Connectoon sendiri adalah konsep komik lokal, maka dari itu Connectoon banyak mempublikasikan komik-komik lokal dari berbagai penerbit seperti Ciayo Comic, Pionicon, Kosmik, Mice dan masih banyak lagi.

[Baca Juga: Ayo Ikut Lomba Esai dan Komik Si Pitung!]

Sebagai salah satu pemilik dari Connectoon sekaligus author dari komik Si Juki, Faza Meonk menjadikan karakter Juki sebagai ikon monoton di sini. Kelengkapan seri komik lokal di sini juga cukup up to date. Berbagai macam seri komik di sini sangat beragam, salah satu yang paling menarik perhatian adalah komik Gundala. Menariknya lagi, Connectoon tidak hanya menyediakan seri komik terbaru, melainkan seri komik lama seperti komik Gundala dengan cover print batch pertamanya. Hal ini tentunya membuat Connectoon tidak hanya sekedar toko komik lokal biasa, melainkan toko komik dengan item collectable.

Connectoon, Surganya Komik Lokal Hingga Barang-Barang Kolektor di M Bloc Space

“Biasanya kita enggak hanya mem-publish seri komik yang udah aja, melainkan ada beberapa komik yang collectable seperti Gundala first cover (terbitan pertama, red.). Alur publish komik di kita juga biasanya cepat, sekitar satu bulan sekali kita pasti ada masuk komik baru. Biasanya kita juga masukin komik-komik yang banyak peminatnya, istilahnya kita bisa luncurin komik by request,” ujar Neni saat ditemui PingPoint.co.id di Toko Connectoon (14/10/2019).

[Baca Juga: Belajar Kreatif Menjadi Komikus Profesional]

Selain komik, Anda juga bisa mendapatkan banyak barang atau merchandise menarik seperti topi, sandal, gantungan kunci, Gelang, topi, tas, sepatu, baju, pewangi ruangan hingga action figure dengan tema komik lokal. Jika Anda pecinta Juki, Anda bisa mendapatkan banyak merchandise Si Juki seperti baju, gantungan kunci, pewangi ruangan hingga sandal yang bergambarkan Si Juki beserta quotes konyol khasnya.

Connectoon, Surganya Komik Lokal Hingga Barang-Barang Kolektor di M Bloc Space

“Saya rasa komik lokal sekarang sudah mulai banyak peminatnya. Dilihat dari penjualan komik-komik kita cukup laku kok. Bahkan ada beberapa seri komik seperti Gundala atau Kosmik yang selalu abis terjual, apalagi jika komik tersebut punya nilai koleksi yang tinggi,” ungkap Neni pada sesi wawancara tersebut.

Dia menambahkan, "Kita juga tidak hanya sekedar menjual komik lokal atau barang-barang merch, melainkan Mas Faza Meonk juga sudah merencakan ingin membuat kelas ilustrator di lantai dua toko Connectoon."

Connectoon, Surganya Komik Lokal Hingga Barang-Barang Kolektor di M Bloc Space

Perkembangan industri komik di Indonesia dirasa semakin membaik. Munculnya wadah-wadah baru seperti Connectoon menjadi sebuah tantangan besar bagi para komikus lokal untuk mengalahkan pamor komik Impor. Dengan adanya Connectoon ini diharapkan dapat memberikan ruang untuk para komikus lokal berkarya dengan bebas dan sebaik-baiknya.

Bagi Anda penggemar komik, Anda patut untuk datang ke Connectoon, M Bloc Space untuk melihat dan membeli komik lokal yang dijamin tidak kalah keren dengan komik impor.


Read More

Artikel Lainnya

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng.jpg

Kuliner

Omzet Capai Rp25 Juta Per Hari! Ini Rahasia Nikmatnya Mih Kocok Mang Dadeng

15 August 2022, 16:05

Berasal dari jerih payah serta bumbu-bumbu yang digunakan, Mih Kocok Mang Dadeng berhasil eksis selama 58 tahun terakhir dan terus dicari oleh konsumen setianya.

2 Inovatur Indonesia Digandeng dalam Program Plastic Waste to Value Southeast As ia Challenge.jpg

Bisnis

2 Inovator Indonesia Masuk Program Plastic Waste to Value Southeast Asia Challenge

15 August 2022, 14:04

Dari lima inovator di Asia Tenggara, dua datang dari Indonesia, terpilih ikut dalam program untuk membenahi tata kelola sampah plastik.

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara.jpg

Berita Kawasan

Parade Acara Jakarnaval 2022 Gaungkan Kekayaan Budaya Nusantara

15 August 2022, 12:01

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi COVID-19, Jakarnaval akhirnya kembali digelar dengan sukses pada akhir pekan kemarin.

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.


Comments


Please Login to leave a comment.