Content Writing vs Copywriting, Apa Perbedaan dan Tujuannya

Pendidikan

Content Writing vs Copywriting, Apa Perbedaan dan Tujuannya?

Perbedaan besar antara content writing dengan copywriting terletak pada tujuan penulisannya. Copywriting sendiri didefinisikan sebagai bentuk penulisan yang bertujuan untuk iklan, promosi atau pemasaran. Sedangkan tujuan dari content writing adalah untuk menghibur pembaca daring agar mau berlama-lama tinggal di dalam satu website. Meski demikian, kedua jenis penulisan ini bertujuan untuk mengangkat atau menjual suatu produk.

Lalu apa perbedaan signifikan antara kedua jenis penulisan konten dan copywriting? Berdasarkan hasil penelusuran PingPoint.co.id kebeberapa laman sumber seperti quora.com (18/11/2019), berikut beberapa perbedaan content writing dan copywriting.

Content Writing vs Copywriting, Apa Perbedaan dan Tujuannya

Content Writing

Menulis konten berarti menyusun konten yang bernilai untuk dikirimkan dengan tujuan tertentu, seperti bisnis, pemasaran, urusan komersial, dll. Seringkali, penulisan konten digunakan untuk menarik pelanggan potensial dan mengedukasi mereka tentang produk dan layanan merek terkait. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan blog, artikel, siaran pers dan sebagainya.

Content writing dapat diartikan sebagai kegiatan membuat konten yang bertujuan untuk memasarkan sesuatu. Sederhananya, penulisan konten bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk atau merek dengan cara membuatkan keterangan yang dapat membantu pembaca atau konsumen memahami tentang isi produk tersebut secara detail. Singkatnya, penulisan konten yang baik adalah konten yang dapat menjangkau target pembaca atau konsumen mencapai tujuannya (kebutuhan informasi mereka) secara implisit.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Pusat Dorong Promosi Pasar Buku Kenari]

Copywriting

Berbicara soal copywriting maka Anda akan berkutat dengan sebuah konten yang dikemas secara menarik, bernilai serta berisikan dengan nilai-nilai produk atau layanan dari brand tertentu. Tujuan utama dari copywriting sendiri adalah untuk menjual ide, berbeda dengan penulisan konten atau content writing yang cenderung kepada konten website, copywriting lebih kepada konten yang membantu pembaca memahami merek produk yang Anda jual sekaligus meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Mudahnya, copywriting merupakan konten branding (user engagement) yang berkaitan dengan suatu produk dan layanan, yang terdiri dari ide-ide promosi dengan sekreatif mungkin agar dapat memperoleh segmentasi konsumen yang sesuai dengan strategi bisnis yang sudah tersusun.

[Baca Juga: Piaggio Adakan Kompetisi Konten Digital 2019 Live More Vespa Story]

Pada dasarnya, content writing dan copywriting merupakan bentuk penulisan konten yang berkaitan satu sama lain. Dalam bisnis media yang terkait dengan produk, kedua bentuk penulisan ini akan mengisi satu sama lainnya untuk membangun satu produk. Dengan demikian, kedua bentuk penulisan konten ini merupakan kombinasi yang pas untuk branding suatu produk. Apakah Anda salah satu content writer atau copywriter?


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.