Kelapa Gading_Kawasan_Warna-warni Mural Hiasi Kali Sunter_Kiki_2.jpg

Berita Kawasan

Corak Warna-Warni Mural, Hiasi Kali Sunter

Dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, vandalisme merupakan perbuatan merusak dan menghancurkan hasil karya seni dan barang berharga lain. Biasanya, vandalisme berupa perusakan fisik atau mural di tempat umum. Sayangnya, kegiatan vandalisme, khususnya mural sulit dihentikan. Bisa jadi karena sulitnya menangkap pelaku atau tidak adanya efek jera.

Maka dari itu, dari pada membiarkan kerusakan fasilitas umum, Pemkot Jakarta Utara bekerja sama dengan PT Pertamina untuk memfasilitasi para pemuda untuk menumpahkan kreativitasnya lewat mural. Pemkot Jakarta Utara membolehkan bantaran Kali Sunter yang masuk wilayah Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja sebagai lokasi pelaksanaan lomba mural.

Melansir dari utara.jakarta.go.id (9/1/2019), lomba mural yang ini diikuti oleh 10 tim. Para peserta yang berkompetisi akan memperebutkan piala penghargaan dan hadiah uang tunai dari Kelurahan Rawa Badak Utara dan PT Pertamina.

Lomba Mural di Danau Sunter

“Tahun ini, kami ingin melibatkan masyarakat perusahan swasta untuk melakukan sesuatu hal yang baru untuk membantu menata lingkungan. Lokasi ini biasanya rawan aksi vandalisme, oleh karena itu, Kali Sunter kami pilih sebagai lokasi lomba mural yang menjadi wadah implementasi kreativitas,” kata Teguh Subroto, Lurah Rawa Badak Utara (8/1/2019).

[Baca Juga: Melihat Gerakan #BeliYangBaik Lewat Mural]

Lomba mural ini mengusung tema lingkungan. Harapannya mural ciptaan para peserta ini mampu menghiasi Kali Sunter yang ada di Rawa Badak Utara, “Sepanjang 1,2 km panjang Kali Sunter, kami menggunakan 50 m untuk mural,” ujarnya.

Operation Head Terminal BBM Plumpang Pertamina Budi Prasojo mengatakan, “kami fasilitasi untuk kegiatan baik ini. Harapannya agar lingkungan Kali Sunter semakin baik dan rapi.” Bukan hanya itu, ia juga turut mengapresiasi hasil mural dari 10 kelompok peserta yang berpartisipasi.

Mural ini nantinya terdapat pesan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan corak dan gambar yang bervariasi yang diharapkan dapat diserap seluruh lapisan masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di area bantaran Kali Sunter.

[Baca Juga: Melihat Masjid Megah ala Taj Mahal di Danau Sunter]

Dari 10 kelompok terpilihlah tiga kelompok yang berhak membawa pulang hadiah. Karya mural yang diciptakan dipilih melalui proses keputusan dewan juri dan sesuai dengan tema atau tidak. Kelompok yang dimaksud adalah tim FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Rawa Badak Utara yang berhasil membawa pulang Juara I, tim RW 03 berhasil menjadi Juara II, dan RW 07 yang berhasil membawa pulang Juara III.

Read More

Artikel Lainnya

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco.jpg

Kuliner

Wah, Ada Takoyaki Rasa Kari Jepang di Gindaco

30 September 2020, 18:14

Brand takoyaki Gindaco baru-baru ini menghadirkan menu baru dengan rasa kari otentik dari Negeri Sakura.

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

Properti dan Solusi

5 Pilihan Warna Monokromatik untuk Bangun Suasana Baru di Rumah

30 September 2020, 16:07

Memilih palet warna monokromatik berarti berkomitmen pada satu warna, tentu saja, tetapi penggemar warna sejati tidak akan menghindar tantangan itu.

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik Ini 3 Tendensi Penentunya

Kesehatan

Anda Hanya Egois atau Benar Narsistik? Ini 3 Tendensi Penentunya

30 September 2020, 15:03

Mengartikan tingkat narsistik "normal" itu rumit, tetapi tiga tendensi penentu berikut dapat lebih memperjelas apa masalah yang Anda hadapi.

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam .jpg

Bisnis

Pasca Kafe Broker, Wali Kota Bekasi Kumpulkan Pengusaha Kafe dan Hiburan Malam

30 September 2020, 14:02

Pepen baru-baru ini mengumpulkan semua pengusaha kafe hingga hiburan malam demi mencegah keadaan seperti di Kafe Broker Galaxy Bekasi kembali terjadi.


Comments


Please Login to leave a comment.