COVID-19 Melonjak, Akademisi Desak Pemkot Surabaya Berlakuan PSBB

Berita Kawasan

COVID-19 Melonjak, Akademisi Desak Pemkot Surabaya Ajukan PSBB

Per Kamis (16/4/2020) jumlah kasus positif COVID-19 di Surabaya sebanyak 246 kasus, sedangkan PDP berjumlah 634 kasus, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 634 kasus. Sementara pasien yang sembuh berjumlah 43 orang dan yang meninggal 24 orang.

Melihat kondisi ini, sudah sepantasnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan di wilayah berjuluk Kota Pahlawan tersebut. Desakan ini muncul setelah Rumpun Kuratif mendapat hasil kajian epidemiologi yang dilakukan tim ahli dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga Surabaya.

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

"Menurut mereka memang sudah saatnya meminta persetujuan PSBB melalui Gubernur kepada Menteri Kesehatan. Itu menurut ahli,” jelas Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi, sebagaimana dilansir tribunnews.com (16/4/2020).

Dari tinjauan epidemiologi, sambung Joni, menjelaskan peningkatan kasus di Surabaya cukup tajam, baik dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun yang positif COVID-19. "Seandainya semuanya masuk rumah sakit sesuai indikasi, maka tidak akan cukup lagi. Ini untuk di daerah Surabaya, jadi grafiknya naik terus," lanjutnya.

[Baca Juga: Warga Surabaya dapat 10.000 Masker Kain dari Produsen Pembalut Ini]

Dengan perbandingan pusat layanan kesehatan terutama ruang isolasi tekanan negatif dengan kasus COVID-19 baik PDP maupun positif COVID-19 yang tidak memadai secara kajian epidemiologi. Maka menurut Dirut RSUD Dr Soetomo ini sudah saatnya PSBB mulai dipertimbangkan.

Sejurus itu dia mengingatkan, apa bila jadi mengajukan PSBB, pemerintah harus siap menyediakan layanan kesehatan yang komprehensif untuk mengantisipasi lonjakan kasus-kasus berikutnya. "Tim satgas Provinsi Jatim sudah menyiapkan, salah satunya Rumah Sakit Unair dan RSUD Dr. Soetomo yang sudah melakukan pelebaran, [RSJ] Menur juga sudah dilakukan pelebaran," beber Joni.

[Baca Juga: Padu Padan Teknologi dan Manusia Atasi COVID-19 di Surabaya]

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) Heru Tjahjono menyampaikan, meskipun kasus pasien positif COVID-19 di daerah tersebut paling tinggi di Jatim, mereka belum mengajukannya.

Heru mengakui, jika dilihat dari tingginya kasus positif COVID-19, Surabaya sudah memenuhi untuk menerapkan PSBB. Namun, tetap harus dikoordinasikan dengan daerah sekitarnya seperti Sidoarjo, Gresik, Lamongan, dan sebagainya.

"Pertimbangan (pengajuan PSBB) itu jumlah penderita yang confirmed, jumlah PDP, termasuk pesebarannya itu yang jadi pertimbangan. Surabaya memenuhi (untuk mengajukan PSBB), artinya di sisi yang lain harus dipertimbangkan juga akses tadi," ujar Heru sebagaimana dilansir liputan6.com (15/4/2020).


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.