Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia

Bisnis

Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia

Menjelang bulan Ramadan, sejumlah e-commerce yang bergerak di bidang bisnis maupun analisis mulai merilis penelitiannya seputar penjualan online.

Salah satunya ialah Criteo yang merupakan salah satu pemain terdepan global dalam performance display ads. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang online advertising yang berpusat di Paris ini memaparkan data khusus yang bisa dijadikan informasi berharga bagi para pelaku bisnis online selama Bulan Ramadan.

[Baca Juga: Ini 5 Cara Agar Bisnis Online Bisa Berkembang]

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pengiklan mengenai perilaku pencarian dan pembelian konsumen secara online terhadap produk ritel dan jasa perjalanan jelang Ramadhan 2019.

Tak Cuma itu, penelitian ini juga dapat membantu penyedia perdagangan dalam upaya kampanye penjual sebelum dan selama Ramadan supaya konsumen lebih reaktif terhadap penjual.

Naik-Turun Penjualan Online

Criteo membeberkan dalam penelitiannya bahwa aktivitas kinerja penjualan online pada 2018 khususnya di Indonesia biasanya menurun pada awal dan akhir Ramadan. Alasannya dikarenakan masyarakat Indonesia lebih fokus pada perayaan Ramadan.

Penjualan ritel online biasanya melonjak pada 10 hari menjelang Ramadan dan bertahan hingga dua minggu sebelum Idul Fitri 2018. Di Indonesia, peningkatan dalam ritel online meningkat tajam hingga 105 persen saat menjelang hari lebaran.

“Ramadhan mempresentasikan pergeseran budaya yang mencolok dalam perilaku konsumen, dengan Timur Tengah dan Asia Tenggata sebagai wilayah utama. Maka, ekonomi Islam secara global juga bertumbuh dari tahun ke tahun dan diperkirakan mencapai 3 triliun dolar AS pada 2023,” tutur Managing Director SEA-Pacific Criteo Alban Vilani melalui rilis yang diterima Pingpoint.co.id (24/4/2019).

[Baca Juga: Dukungan #UntukPerempuan dalam Bisnis Daring]

Alban menambahkan, potensi pertumbuhan industri halal yang semakin meningkat, para penjual online harus bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk menarik pembeli Muslim.

“Penjual harus mulai menjangkau pembeli dua minggu lebih awal dengan pesan yang relevan kepada konsumen, terutama ketika pembeli berpikir untuk membeli hadiah bagi keluarga atau kerabat. Maka, penjual harus bisa memberikan penawaran special dan konten yang apik selama Ramadan,” ujar Alban.


Read More

Artikel Lainnya

cov.jpg

Hobi dan Hiburan

Virtuso Music Studio, Solusi Sewa Studio Musik dan Rekaman di Malang

22 September 2021, 07:07

Untuk bagian dalam studio, terdapat satu ruang rekaman yang digunakan oleh operator dan juga ruang latihan atau studio yang digunakan oleh para pemain band.

Ngabuburit di Alun-Alun Kota Bandung

Berita Kawasan

Hari Jadi Kota Bandung, Sukseskan Tagline #BandungHarmoniTuntaskanPandemi

21 September 2021, 06:01

Pada Sabtu, 25 September mendatang, Kota Bandung akan memperingati hari jadinya yang berusia 211 tahun. Tagline yang diusung tahun ini yaitu "Bandung Harmoni Tuntaskan Pandemi”.

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.


Comments


Please Login to leave a comment.