Bisnis
Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia
Menjelang bulan Ramadan, sejumlah e-commerce yang bergerak di bidang bisnis maupun analisis mulai merilis penelitiannya seputar penjualan online.
Salah satunya ialah Criteo yang merupakan salah satu pemain terdepan global dalam performance display ads. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang online advertising yang berpusat di Paris ini memaparkan data khusus yang bisa dijadikan informasi berharga bagi para pelaku bisnis online selama Bulan Ramadan.
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pengiklan mengenai perilaku pencarian dan pembelian konsumen secara online terhadap produk ritel dan jasa perjalanan jelang Ramadhan 2019.
Tak Cuma itu, penelitian ini juga dapat membantu penyedia perdagangan dalam upaya kampanye penjual sebelum dan selama Ramadan supaya konsumen lebih reaktif terhadap penjual.
Naik-Turun Penjualan Online
Criteo membeberkan dalam penelitiannya bahwa aktivitas kinerja penjualan online pada 2018 khususnya di Indonesia biasanya menurun pada awal dan akhir Ramadan. Alasannya dikarenakan masyarakat Indonesia lebih fokus pada perayaan Ramadan.
Penjualan ritel online biasanya melonjak pada 10 hari menjelang Ramadan dan bertahan hingga dua minggu sebelum Idul Fitri 2018. Di Indonesia, peningkatan dalam ritel online meningkat tajam hingga 105 persen saat menjelang hari lebaran.
“Ramadhan mempresentasikan pergeseran budaya yang mencolok dalam perilaku konsumen, dengan Timur Tengah dan Asia Tenggata sebagai wilayah utama. Maka, ekonomi Islam secara global juga bertumbuh dari tahun ke tahun dan diperkirakan mencapai 3 triliun dolar AS pada 2023,” tutur Managing Director SEA-Pacific Criteo Alban Vilani melalui rilis yang diterima Pingpoint.co.id (24/4/2019).
Alban menambahkan, potensi pertumbuhan industri halal yang semakin meningkat, para penjual online harus bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk menarik pembeli Muslim.
“Penjual harus mulai menjangkau pembeli dua minggu lebih awal dengan pesan yang relevan kepada konsumen, terutama ketika pembeli berpikir untuk membeli hadiah bagi keluarga atau kerabat. Maka, penjual harus bisa memberikan penawaran special dan konten yang apik selama Ramadan,” ujar Alban.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Properti dan Solusi
Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung
11 August 2022, 17:17
Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.

Bisnis
East Ventures Pimpin Suntikan Dana Rp63,8 Miliar untuk Startup Diri Care
11 August 2022, 15:15
East Ventures berkolaborasi dengan beberapa investor guna memberikan putaran pendanaan awal untuk perusahaan startup Diri Care dengan nilai US$4,3 juta.

Bisnis
Rayakan Ulang Tahun ke-11, tiket.com Gelar Promo Ann11versary
11 August 2022, 15:09
Bagi Anda yang berencana liburan, baik ke dalam dan luar negeri, maka bisa memanfaatkan berbagai potongan harga serta deal dari tiket.com dalam momen perayaan Ann11versary.

Pendidikan
Festival Literasi Digelar di Koja Trade Mall Hingga 15 Agustus 2022
11 August 2022, 11:13
Jelang HUT RI ke-77, Pemkot Jakarta Utara menggelar Festival Literasi Merah Putih Ceria di Koja Trade Mall untuk edukasi literasi bagi anak-anak.