Bisnis
Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia
Menjelang bulan Ramadan, sejumlah e-commerce yang bergerak di bidang bisnis maupun analisis mulai merilis penelitiannya seputar penjualan online.
Salah satunya ialah Criteo yang merupakan salah satu pemain terdepan global dalam performance display ads. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang online advertising yang berpusat di Paris ini memaparkan data khusus yang bisa dijadikan informasi berharga bagi para pelaku bisnis online selama Bulan Ramadan.
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pengiklan mengenai perilaku pencarian dan pembelian konsumen secara online terhadap produk ritel dan jasa perjalanan jelang Ramadhan 2019.
Tak Cuma itu, penelitian ini juga dapat membantu penyedia perdagangan dalam upaya kampanye penjual sebelum dan selama Ramadan supaya konsumen lebih reaktif terhadap penjual.
Naik-Turun Penjualan Online
Criteo membeberkan dalam penelitiannya bahwa aktivitas kinerja penjualan online pada 2018 khususnya di Indonesia biasanya menurun pada awal dan akhir Ramadan. Alasannya dikarenakan masyarakat Indonesia lebih fokus pada perayaan Ramadan.
Penjualan ritel online biasanya melonjak pada 10 hari menjelang Ramadan dan bertahan hingga dua minggu sebelum Idul Fitri 2018. Di Indonesia, peningkatan dalam ritel online meningkat tajam hingga 105 persen saat menjelang hari lebaran.
“Ramadhan mempresentasikan pergeseran budaya yang mencolok dalam perilaku konsumen, dengan Timur Tengah dan Asia Tenggata sebagai wilayah utama. Maka, ekonomi Islam secara global juga bertumbuh dari tahun ke tahun dan diperkirakan mencapai 3 triliun dolar AS pada 2023,” tutur Managing Director SEA-Pacific Criteo Alban Vilani melalui rilis yang diterima Pingpoint.co.id (24/4/2019).
Alban menambahkan, potensi pertumbuhan industri halal yang semakin meningkat, para penjual online harus bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk menarik pembeli Muslim.
“Penjual harus mulai menjangkau pembeli dua minggu lebih awal dengan pesan yang relevan kepada konsumen, terutama ketika pembeli berpikir untuk membeli hadiah bagi keluarga atau kerabat. Maka, penjual harus bisa memberikan penawaran special dan konten yang apik selama Ramadan,” ujar Alban.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Properti dan Solusi
Topping Off Apartemen Antasari Place, Wujud Komitmen PDS untuk Stakeholder
01 June 2023, 07:13
Pengembang PT PDS baru-baru ini secara resmi memulai proyek apartemen Antasari Place di Jakarta Selatan melalui proses topping off.

Bisnis
Dukung Kesibukan Pekerja Hybrid, Acer Luncurkan Rangkaian Laptop Anyar
29 April 2023, 12:37
Melalui rangkaian terbaru produk Travelmate, Acer menargetkan Anda yang terbiasa bekerja secara hybrid.

Bisnis
#LengkapiCintadanKebaikan, Kampanye Astra Life Syariah untuk Berbagi dan Proteksi Diri
14 April 2023, 09:55
Dalam rangka momen Ramadan, Astra Life Syariah meluncurkan programnya yang ditujukan untuk mendorong proteksi diri bagi Muslim Tanah Air sekaligus saling berbagi.

Bisnis
Ada Teater Double Deck! Cinepolis Resmikan Bioskop Terbesarnya di Senayan Park
13 April 2023, 09:40
Jaringan bioskop internasional Cinepolis pada pekan ini secara resmi meluncurkan bioskop terbesarnya di Tanah Air yang dihadirkan di mal Senayan Park.