Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia

Bisnis

Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia

Menjelang bulan Ramadan, sejumlah e-commerce yang bergerak di bidang bisnis maupun analisis mulai merilis penelitiannya seputar penjualan online.

Salah satunya ialah Criteo yang merupakan salah satu pemain terdepan global dalam performance display ads. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang online advertising yang berpusat di Paris ini memaparkan data khusus yang bisa dijadikan informasi berharga bagi para pelaku bisnis online selama Bulan Ramadan.

[Baca Juga: Ini 5 Cara Agar Bisnis Online Bisa Berkembang]

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pengiklan mengenai perilaku pencarian dan pembelian konsumen secara online terhadap produk ritel dan jasa perjalanan jelang Ramadhan 2019.

Tak Cuma itu, penelitian ini juga dapat membantu penyedia perdagangan dalam upaya kampanye penjual sebelum dan selama Ramadan supaya konsumen lebih reaktif terhadap penjual.

Naik-Turun Penjualan Online

Criteo membeberkan dalam penelitiannya bahwa aktivitas kinerja penjualan online pada 2018 khususnya di Indonesia biasanya menurun pada awal dan akhir Ramadan. Alasannya dikarenakan masyarakat Indonesia lebih fokus pada perayaan Ramadan.

Penjualan ritel online biasanya melonjak pada 10 hari menjelang Ramadan dan bertahan hingga dua minggu sebelum Idul Fitri 2018. Di Indonesia, peningkatan dalam ritel online meningkat tajam hingga 105 persen saat menjelang hari lebaran.

“Ramadhan mempresentasikan pergeseran budaya yang mencolok dalam perilaku konsumen, dengan Timur Tengah dan Asia Tenggata sebagai wilayah utama. Maka, ekonomi Islam secara global juga bertumbuh dari tahun ke tahun dan diperkirakan mencapai 3 triliun dolar AS pada 2023,” tutur Managing Director SEA-Pacific Criteo Alban Vilani melalui rilis yang diterima Pingpoint.co.id (24/4/2019).

[Baca Juga: Dukungan #UntukPerempuan dalam Bisnis Daring]

Alban menambahkan, potensi pertumbuhan industri halal yang semakin meningkat, para penjual online harus bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk menarik pembeli Muslim.

“Penjual harus mulai menjangkau pembeli dua minggu lebih awal dengan pesan yang relevan kepada konsumen, terutama ketika pembeli berpikir untuk membeli hadiah bagi keluarga atau kerabat. Maka, penjual harus bisa memberikan penawaran special dan konten yang apik selama Ramadan,” ujar Alban.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.