Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia

Bisnis

Criteo Beberkan Kinerja Penjualan Online Saat Ramadan di Indonesia

Menjelang bulan Ramadan, sejumlah e-commerce yang bergerak di bidang bisnis maupun analisis mulai merilis penelitiannya seputar penjualan online.

Salah satunya ialah Criteo yang merupakan salah satu pemain terdepan global dalam performance display ads. Perusahaan teknologi yang bergerak di bidang online advertising yang berpusat di Paris ini memaparkan data khusus yang bisa dijadikan informasi berharga bagi para pelaku bisnis online selama Bulan Ramadan.

[Baca Juga: Ini 5 Cara Agar Bisnis Online Bisa Berkembang]

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada para pengiklan mengenai perilaku pencarian dan pembelian konsumen secara online terhadap produk ritel dan jasa perjalanan jelang Ramadhan 2019.

Tak Cuma itu, penelitian ini juga dapat membantu penyedia perdagangan dalam upaya kampanye penjual sebelum dan selama Ramadan supaya konsumen lebih reaktif terhadap penjual.

Naik-Turun Penjualan Online

Criteo membeberkan dalam penelitiannya bahwa aktivitas kinerja penjualan online pada 2018 khususnya di Indonesia biasanya menurun pada awal dan akhir Ramadan. Alasannya dikarenakan masyarakat Indonesia lebih fokus pada perayaan Ramadan.

Penjualan ritel online biasanya melonjak pada 10 hari menjelang Ramadan dan bertahan hingga dua minggu sebelum Idul Fitri 2018. Di Indonesia, peningkatan dalam ritel online meningkat tajam hingga 105 persen saat menjelang hari lebaran.

“Ramadhan mempresentasikan pergeseran budaya yang mencolok dalam perilaku konsumen, dengan Timur Tengah dan Asia Tenggata sebagai wilayah utama. Maka, ekonomi Islam secara global juga bertumbuh dari tahun ke tahun dan diperkirakan mencapai 3 triliun dolar AS pada 2023,” tutur Managing Director SEA-Pacific Criteo Alban Vilani melalui rilis yang diterima Pingpoint.co.id (24/4/2019).

[Baca Juga: Dukungan #UntukPerempuan dalam Bisnis Daring]

Alban menambahkan, potensi pertumbuhan industri halal yang semakin meningkat, para penjual online harus bisa memanfaatkan momen Ramadan untuk menarik pembeli Muslim.

“Penjual harus mulai menjangkau pembeli dua minggu lebih awal dengan pesan yang relevan kepada konsumen, terutama ketika pembeli berpikir untuk membeli hadiah bagi keluarga atau kerabat. Maka, penjual harus bisa memberikan penawaran special dan konten yang apik selama Ramadan,” ujar Alban.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.