Cungkring, Kuliner Legendaris Khas Bogor yang Masih Menjadi Favorit.jpg

Kuliner

Cungkring, Kuliner Legendaris Khas Bogor yang Masih Menjadi Favorit

Jalan Suryakencana yang terletak di depan Pintu Masuk Utama Kebun Raya Bogor ini sejak dulu memang dikenal sebagai kawasan kuliner. Di kawasan yang banyak ditinggali masyarakat Bogor keturunan Tionghoa ini terdapat banyak pilihan makanan khas Bogor yang bisa menjadi pilihan para pengunjung saat berlibur ke Kota Bogor, salah satunya adalah cungkring. Bagi pengunjung luar Bogor dan orang-orang yang tinggal di luar Bogor, mungkin kuliner yang satu ini masih belum begitu populer. Tapi, bagi sebagian warga Bogor, kuliner ini bisa menjadi salah satu santapan favorit yang cocok dinikmati untuk sarapan atau makan siang.

Cungkring sendiri merupakan makanan khas Bogor perpaduan bibir, otot kaki sapi, dan lontong yang disiram dengan saus kacang. Sekilas mirip dengan Sate Padang. Cungkring sendiri menjadi salah satu kuliner khas Bogor yang sampai saat ini masih banyak dicari. Namun, makanan yang satu ini juga mulai jarang ditemui ditempat lain dan biasa banyak ditemukan di kawasan Jalan Suryakencana, salah satu cungkring yang terkenal ialah Cungkring Pak Jumat yang sudah ada sejak tahun 1975.

Cungkring, Kuliner Legendaris Khas Bogor yang Masih Menjadi Favorit 1.jpg

Salah satu generasi penerus Cungkring Pak Jumat mengatakan, nama cungkring sendiri diambil dari nama bahan-bahan yang digunakan, yaitu cungur (bibir), kaki garingan. “Cungur dan kaki garingan, itu kepanjangannya,” ujar Muhammad Deden, penerus usaha Cungkring Pak Jumat.

Deden juga menceritakan, awalnya sang kakek (Pak Jumat) berdagang cungkring dengan cara berkeliling, kemudian usaha Cungkring Jumat tersebut dilanjutkan oleh sang anak. Sejak tahun 1975, penerus Cungkring Pak Jumat mulai memutuskan untuk mangkal di Jalan Suryakencana. “Karena semakin ramai, beberapa orang mengikuti jejak ayah saya berjualan di Suryakencana ini. Saat ini juga mulai banyak bermunculan pedagang cungkring baru di tempat lain,” kata Deden.

[Baca Juga: Pilihan Kuliner Peranakan Tionghoa di Gang Aut Bogor]

Meskipun mulai bermunculan pesaing cungkring di kawasan Jalan Suryakencana, Deden mengaku bahwa Cungkring Pak Jumat jauh lebih nikmat. Ia mengatakan salah satu rahasianya ada pada racikan bumbu kacangnya. Disela-sela melayani pembelinya, Deden juga mewanti-wanti para pembeli untuk lebih jeli ketika membeli cungkring, karena ada beberapa pedagang yang mengganti bahan utama cungkring yaitu bibir dan otot kaki sapi dengan kikil atau kulit sapi.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.