Cytokine Storm Reaksi Imun Ini Sebabkan Kematian pada COVID-19

Kesehatan

Cytokine Storm: Reaksi Imun Ini Sebabkan Kematian pada COVID-19?

SARS-Cov-2 atau Virus Corona jenis baru yang awalnya merebak di Wuhan, China ini merupakan virus yang menyerang pernafasan. Beberapa orang mengira virus ini menimbulkan sakit hanya seperti pneumonia pada umumnya, tapi menurut beberapa penelitian, banyak organ yang akan terkena dampak dari COVID-19. Berbeda dengan SARS dan MERS, angka kematian COVID-19 sangat tinggi, hingga kini totalnya lebih dari 18.000 orang tak berhasil melawan virus ini.

Hingga kini pun, jumlah korban meninggal masih terus bertambah. Penyebab kematiannya pun terus bertambah. Di Indonesia sendiri, per tanggal 26 Maret 2020 korban meninggal dunia mencapai 78 orang dari total 839 kasus positif. Angka ini bukan karena persentase kematian yang tinggi, tapi karena kecepatan penularan penyakit yang tidak terbendung. Kurang dari tiga bulan, WHO telah menyatakan penyakit ini sebagai pandemi alias menyebar di seluruh penjuru dunia dengan adanya banyak puluhan ribu penularan lokal.

Cytokine Storm Reaksi Imun Ini Sebabkan Kematian pada COVID-19

Penyebab kematian yang ditemukan pasien sangat beragam, mengutip dari Aljazeera.com, sebuah penilitian yang mengetes 138 pasien COVID-19 di Wuhan yang diterbitkan dalam Journal of the American Medical Association (JAMA) pada 7 Februari lalu, dikatakan gejala yang timbul akibat Virus Corona adalah demam, batuk kering, dan rasa lelah berlebihan. Tiga dari 138 orang merasa sakit pada bagian otot dan kesulitan bernafas, sedangkan 10 persen orang yang diteliti memiliki gejala umum, termasuk diare dan mual.

Sementara itu, dalam jurnal tersebut juga diucapkan jika sebagian kasus ringan, kebanyakan pasiennya mengalami pneumonia. Sekitar sepertiga pasien mengalami kesulitan bernafas yang parah dan memerlukan perawatan di Intensif Care Unit atau ICU. Kedua jurnal tersebut mengindikasikan, pasien COVID-19 kebanyakan mengalami cytokine storm.

Kematian COVID-19 Akibat Cytokine Storm

Sebuah penelitian lain yang diterbitkan The Lancet pada 24 Januari lalu yang menyebutkan, kebanyakan pasien COVID-19 dengan tingkat infeksi cukup tinggi, ditemukan adanya cytokine storm, yaitu suatu reaksi imun yang dapat berakibat fatal sehingga tubuh dapat menjadi kebal dan memproduksi sel-sel kekebalan serta protein yang bisa menghancurkan fungsi organ lainnya.

Protein cytokine atau sitokin ini sebenarnya bekerja untuk membentuk sel kekebalan untuk melindungi organ yang terinfeksi. Tetapi pada keadaan-keadaan tertentu, sitokin tidak bekerja dengan baik dan reaksi ini menjadi tidak terkontrol, sehingga sel-sel imun yang teraktivasi menjadi begitu banyak di satu tempat. Mengapa hal ini bisa terjadi, belum bisa dijelaskan, tetapi mungkin disebabkan oleh respon yang berlebihan ketika sistem imun menyerang sel-sel patogen baru atau sel-sel dengan kemampuan patogenik yang tinggi.

[Baca Juga: Ini Cara Menteri Terawan Tingkatkan Imunitas Tubuh]

Seseorang dengan infeksi COVID-19 cukup parah, tubuhnya bisa jadi melepaskan sitokin berlebih ke paru-paru dan menyerang jaringan yang sehat. Dikutip dari nationalgeogrpahic.com, bahkan ditemukan kasus COVID-19, di mana cytokine storm juga dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas kemampuan tubuh untuk memompa oksigen dan mengakibatkan kegagalan multi organ.

Uniknya, tanda-tanda cytokine storm ini memiliki gejala yang serupa dengan COVID-19, yaitu demam, pusing, hilang nafsu makan, nyeri pada bagian sendi dan otot, mual, muntah, diare, pernafasan cepat, detak jantung cepat, tekanan darah rendah, kejang, sakit kepala, dan lain sebagainya. Itulah yang menyebabkan cytokine storm tidak terdeteksi dengan baik dan seperti menjadi bagian dari penyakit COVID-19 itu sendiri.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.