Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Berita Kawasan

Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Semenjak awal Juli 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara telah menyampaikan rencananya untuk melakukan penataan ulang atau revitalisasi terhadap Danau Sunter. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mempercantik wilayah Barat dari Danau Sunter Selatan. Hal ini dilakukan dengan menanam ratusan pohon tabebuya pink yang sekaligus mendukung usaha penghijauan di Jakarta Utara dan mengurangi polusi Ibu Kota.

Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Sekadar informasi, tabebuya merupakan tanaman yang berasal dari Brasil dan kerap dijadikan peneduh. Spesies tabebuya memiliki warna yang beragam dengan yang paling populer adalah kuning (Handroanthus chrysotrichus) dan merah muda atau pink (Handroanthus heptaphyllus). Untuk yang memiliki warna pink, pohon tabebuya kerap dipandang menyerupai bunga sakura yang bermekaran dan tanaman ini sempat viral karena mewarnai jalan-jalan di Surabaya layaknya di Jepang.

[Baca Juga: Pemkot Jakut Siapkan HBKB Rasa Festival Danau Sunter]

Seperti yang dijelaskan di atas, Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Kehutanan menyatakan, pemilihan pohon tabebuya pink untuk revitalisasi Danau Sunter karena dipicu kemiripannya dengan bunga sakura. Sehingga kawasan Danau Sunter akan terlihat lebih cantik saat pohon-pohon tersebut bermekaran.

Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Hal ini juga tidak terlepas dengan keberadaan kampung warna-warni yang diresmikan semenjak tahun 2018 dan kerap menjadi “magnet” untuk warga Jakarta Utara mengunjungi Danau Sunter. Pengunjung biasanya memanfaatkan kampung tersebut untuk berfoto. Sehingga tak ayal muncul pandangan, dengan adanya pohon tabebuya pink, pengunjung Danau Sunter akan bertambah.

“Pohon ini kalau sudah berbunga seperti bunga sakura, makanya kita tanam ini supaya nanti tumbuh dan berbunga semua dan nanti bagus sekali warna pink,” ujar Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara Putut Widya Martata, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (29/7/2019).

[Baca Juga: Danau Sunter Direncanakan untuk Ditata Ulang]

Untuk tahap awal, pohon tabebuya pink yang ditanam memiliki jumlah 200 pohon. Namun, secara keseluruhan direncanakan akan ada 500 pohon yang ditanam di sini. “Penanaman dilakukan secara bertahap, termasuk revitalisasi taman-taman yang ada di sekitar Danau Sunter ini,” ucapnya.

Selain pohon tabebuya, Pemkot Jakarta Utara memang sudah memiliki rencana penanaman pohon lainnya dalam usaha penghijauan wilayahnya. Pihak Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara akan menanam pohon di sejumlah titik yang berada di sekitar Waduk Cincin, Kelurahan Papanggo dan Jalan Yos Sudarso dalam upaya mengurangi polusi udara.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.