Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Berita Kawasan

Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Semenjak awal Juli 2019, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara telah menyampaikan rencananya untuk melakukan penataan ulang atau revitalisasi terhadap Danau Sunter. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan mempercantik wilayah Barat dari Danau Sunter Selatan. Hal ini dilakukan dengan menanam ratusan pohon tabebuya pink yang sekaligus mendukung usaha penghijauan di Jakarta Utara dan mengurangi polusi Ibu Kota.

Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Sekadar informasi, tabebuya merupakan tanaman yang berasal dari Brasil dan kerap dijadikan peneduh. Spesies tabebuya memiliki warna yang beragam dengan yang paling populer adalah kuning (Handroanthus chrysotrichus) dan merah muda atau pink (Handroanthus heptaphyllus). Untuk yang memiliki warna pink, pohon tabebuya kerap dipandang menyerupai bunga sakura yang bermekaran dan tanaman ini sempat viral karena mewarnai jalan-jalan di Surabaya layaknya di Jepang.

[Baca Juga: Pemkot Jakut Siapkan HBKB Rasa Festival Danau Sunter]

Seperti yang dijelaskan di atas, Pemkot Jakarta Utara melalui Suku Dinas Kehutanan menyatakan, pemilihan pohon tabebuya pink untuk revitalisasi Danau Sunter karena dipicu kemiripannya dengan bunga sakura. Sehingga kawasan Danau Sunter akan terlihat lebih cantik saat pohon-pohon tersebut bermekaran.

Dalam Rangka Revitalisasi, Pohon Tabebuya Ditanam di Danau Sunter

Hal ini juga tidak terlepas dengan keberadaan kampung warna-warni yang diresmikan semenjak tahun 2018 dan kerap menjadi “magnet” untuk warga Jakarta Utara mengunjungi Danau Sunter. Pengunjung biasanya memanfaatkan kampung tersebut untuk berfoto. Sehingga tak ayal muncul pandangan, dengan adanya pohon tabebuya pink, pengunjung Danau Sunter akan bertambah.

“Pohon ini kalau sudah berbunga seperti bunga sakura, makanya kita tanam ini supaya nanti tumbuh dan berbunga semua dan nanti bagus sekali warna pink,” ujar Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara Putut Widya Martata, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (29/7/2019).

[Baca Juga: Danau Sunter Direncanakan untuk Ditata Ulang]

Untuk tahap awal, pohon tabebuya pink yang ditanam memiliki jumlah 200 pohon. Namun, secara keseluruhan direncanakan akan ada 500 pohon yang ditanam di sini. “Penanaman dilakukan secara bertahap, termasuk revitalisasi taman-taman yang ada di sekitar Danau Sunter ini,” ucapnya.

Selain pohon tabebuya, Pemkot Jakarta Utara memang sudah memiliki rencana penanaman pohon lainnya dalam usaha penghijauan wilayahnya. Pihak Suku Dinas Kehutanan Jakarta Utara akan menanam pohon di sejumlah titik yang berada di sekitar Waduk Cincin, Kelurahan Papanggo dan Jalan Yos Sudarso dalam upaya mengurangi polusi udara.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.