Damkar Kota Depok Imbau Masyarakat Antisipasi Kebakaran

Properti dan Solusi

Damkar Kota Depok Imbau Masyarakat Antisipasi Kebakaran

Memasuki musim kemarau, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mengimbau masyarakat agar mengantisipasi potensi kebakaran. Pasalnya saat udara panas dan kering, api akan lebih mudah menyebar. Hal ini tentu dilakukan Damkar untuk mengurangi jumlah kebakaran yang ada di Kota Depok.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Gandara Budiana menyebutkan, saat musim kemarau tiba, potensi kebakaran memang meningkat. Sehingga kami lakukan ini agar masyarakat lebih waspada dan menjaga keadaan rumahnya.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Waspada Bahaya Kebakaran]

Sebagai mana dilansir dari depok.go.id (29/8/2019) Gandara menyebutkan, ada beberapa upaya mudah yang bisa dilakukan untuk menghindari potensi kebakaran ini, diantaranya tidak membakar sampah dan ketika listrik padam sebaiknya jauhkan lilin dari material yang mudah terbakar. “Perhatikan apabila ada bau gas bocor segera buka sirkulasi udara dan jangan nyalakan atau mematikan lampu,” ujar Gandara.

Selain itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir potensi kebakaran di rumah seperti yang dilansir dari detik.com berikut ini.

Damkar Kota Depok Imbau Masyarakat Antisipasi Kebakaran

  • Hindari Bahan Bangunan yang Mudah Terbakar

Material yang Anda gunakan tentu berpengaruh terhadap pencegahan kebakaran, maka dari itu hindari menggunakan material yang mudah terbakar seperti kayu dan plastik di area yang terdapat memicu api seperti dapur.

  • Jangan Menumpuk Barang yang Mudah Terbakar

Jika Anda menggunakan ruangan tak terpakai sebagai gudang, jangan ditumpuk. Cara menyimpan yang tepat adalah dengan meletakkannya berjauhan. Hal ini menghindari api yang besar dan susah dikendalikan

  • Gunakan Elektronik yang Berkualitas

Untuk mencegah korsleting listrik, pastikan elektronik yang Anda gunakan terdapat Standar Nasional Indonesia (SNI). Penggunaan peralatan listrik yang tidak berkualitas dapat memicu percikan api maupun arus pendek listrik yang kerap jadi penyebab kebakaran.

  • Jauhkan Pemantik Api dari Anak-Anak

Simpan pemantik api jauh dari anak-anak. Jangan sampai meletakkan pemantik api di area yang bisa digapai anak-anak. selain itu, beri anak edukasi mengenai pengendalian api dan kebakaran agar anak-anak mengerti dengan bahaya yang bisa ditimbulkan.

[Baca Juga: Tips Merawat Tanaman di Taman pada Musim Kemarau]

Gandara juga mengimbau warga untuk cepat melapor ke Kantor Damkar jika ada kebakaran di nomor 082177888580, wilayah Tapos 08218752113, wilayah Mako Kembang 082177827280, wilayah Bojongsari 082518604113, wilayah Cimanggis 082187745313, wilayah Pos Wali 082177200760, serta wilayah Cinere 08217543025 atau hubungi 112 jika melihat kebakaran dari wilayahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.