Damkar Memastikan Kebakaran Sampah Di Lahan Swasta Pademangan Padam

Berita Kawasan

Damkar Memastikan Kebakaran Sampah Di Lahan Swasta Pademangan Padam

Kebakaran lahan swasta di Kampung Muka, RT 06/04 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara padam. Hal tersebut dipastikan pasca puluhan petugas pemadam kebakaran turun tangan mengatasi kebakaran tersebut.

Dilansir dari utara.jakarta.go.id (09/09), Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan memastikan, api di lahan tumpukan sampah tersebut padam. Pemadaman dilakukan oleh 33 petugas beserta unit pemadam dan satu unit alat berat. "Siang ini baru bisa kita atasi. Mudah-mudahan tidak ada penyalaan lagi," kata Satriadi, saat dikonfirmasi.

Damkar Memastikan Kebakaran Sampah Di Lahan Swasta Pademangan Padam

Dijelaskannya, pemadaman dilakukan sejak diterimanya laporan masyarakat pada Jumat, tanggal 6 September 2019. Kontur lahan tumpukan sampah yang berada di atas material bangunan menyebabkan pemadaman membutuhkan waktu cukup lama. "Di bawahnya itu material bangunan yang mudah terbakar dan di atasnya sampah. Kemudian sumber air juga jauh," jelasnya.

[Baca Juga: Kriteria Rumah Rawan Kebakaran Ditempeli Stiker]

Sementara Camat Pademangan Mumu Mujtahid menerangkan, kebakaran di area lahan milik salah satu perusahaan tersebut sudah berulangkali terjadi. Bahkan pihak Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara pun sudah berupaya menutup lahan tersebut dari pembuangan sampah. "Kebakaran itu salah satunya dipicu gas metan hasil dari sampah yang rentan terbakar di musim kemarau ini," terangnya.

Karena itu, Mumu mengaku akan memperingati perusahaan pemilik lahan agar tidak lagi menerima pembuangan sampah di areal lahan seluas sekitar dua hektar itu. Sehingga tidak ada lagi tumpukan sampah yang memicu keberadaan kembali terjadi. "Kalau memang tidak diindahkan, kita akan koordinasi dengan LH apakah dilakukan penyegelan atau seperti apa sebagai sanksi," tutupnya.

[Baca Juga: Damkar Kota Depok Imbau Masyarakat Antisipasi Kebakaran]

Musim kemarau ini, warga memang telah diimbau untuk tetap waspada pada kebakaran dan penyakit. Hal ini tak semata-mata sebagai peringatan saja. Mengetahui sudah beberapa kali terjadi kebakaran pada area-area di Jakarta. Selain itu, ada juga wilayah Jakarta yang masuk golongan hari tanpa hujan. Sebagai warga masyarakat Anda wajib peduli pada keselamatan Anda pribadi dan lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan, serta pastikan setelah memasak, kompor telah mati dengan benar dan tidak ada kebocoran gas. Tetap waspada!

Read More

Artikel Lainnya

Inovatif! 3 Mahasiswa Unpad Ini Cetuskan Sepeda Listrik Tenaga Surya.jpg

Pendidikan

Inovatif! 3 Mahasiswa Unpad Ini Gagas Sepeda Listrik Tenaga Surya

01 October 2020, 17:46

Beberapa mahasiswa Unpad baru-baru ini menggagas sepeda listrik yang dipandang lebih ramah lingkungan dibandingkan sepeda listrik konvensional.

Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah.jpg

Kesehatan

Bantu PMI, Wali Kota Jakarta Barat Instuksikan ASN di Wilayahnya Ikut Donor Darah

01 October 2020, 14:34

Demi membantu menambah stok darah di PMI DKI Jakarta, Wali Kota Jakarta Barat mewajibkan semua ASN di wilayahnya untuk ikut kegiatan donor darah.

Antisipasi Musim Hujam, Pemkot Surabaya Bergerak.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Surabaya Bergerak untuk Antisipasi Musim Hujan

01 October 2020, 13:17

Pada pekan ini, Pemkot Surabaya mengebut pengerjaan tanggul serta mengeluarkan SE sebagai langkah antisipasi musim hujan.

Hadiri Deklarasi Damai Pilakada Medan 2020, Ini Pesan Pemko Medan.jpg

Berita Kawasan

Hadiri Deklarasi Damai Pilakada Medan 2020, Ini Pesan Pemko Medan

01 October 2020, 12:24

Di hadapan Akhyar-Salman dan Bobby-Aulia, Sekda Kota Medan meminta agar kampanye Pilkada Medan 2020 dilakukan dengan cara kreatif yang tak langgar protokol kesehatan.


Comments


Please Login to leave a comment.