Damkar Memastikan Kebakaran Sampah Di Lahan Swasta Pademangan Padam

Berita Kawasan

Damkar Memastikan Kebakaran Sampah Di Lahan Swasta Pademangan Padam

Kebakaran lahan swasta di Kampung Muka, RT 06/04 Kelurahan Ancol, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara padam. Hal tersebut dipastikan pasca puluhan petugas pemadam kebakaran turun tangan mengatasi kebakaran tersebut.

Dilansir dari utara.jakarta.go.id (09/09), Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, Satriadi Gunawan memastikan, api di lahan tumpukan sampah tersebut padam. Pemadaman dilakukan oleh 33 petugas beserta unit pemadam dan satu unit alat berat. "Siang ini baru bisa kita atasi. Mudah-mudahan tidak ada penyalaan lagi," kata Satriadi, saat dikonfirmasi.

Damkar Memastikan Kebakaran Sampah Di Lahan Swasta Pademangan Padam

Dijelaskannya, pemadaman dilakukan sejak diterimanya laporan masyarakat pada Jumat, tanggal 6 September 2019. Kontur lahan tumpukan sampah yang berada di atas material bangunan menyebabkan pemadaman membutuhkan waktu cukup lama. "Di bawahnya itu material bangunan yang mudah terbakar dan di atasnya sampah. Kemudian sumber air juga jauh," jelasnya.

[Baca Juga: Kriteria Rumah Rawan Kebakaran Ditempeli Stiker]

Sementara Camat Pademangan Mumu Mujtahid menerangkan, kebakaran di area lahan milik salah satu perusahaan tersebut sudah berulangkali terjadi. Bahkan pihak Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jakarta Utara pun sudah berupaya menutup lahan tersebut dari pembuangan sampah. "Kebakaran itu salah satunya dipicu gas metan hasil dari sampah yang rentan terbakar di musim kemarau ini," terangnya.

Karena itu, Mumu mengaku akan memperingati perusahaan pemilik lahan agar tidak lagi menerima pembuangan sampah di areal lahan seluas sekitar dua hektar itu. Sehingga tidak ada lagi tumpukan sampah yang memicu keberadaan kembali terjadi. "Kalau memang tidak diindahkan, kita akan koordinasi dengan LH apakah dilakukan penyegelan atau seperti apa sebagai sanksi," tutupnya.

[Baca Juga: Damkar Kota Depok Imbau Masyarakat Antisipasi Kebakaran]

Musim kemarau ini, warga memang telah diimbau untuk tetap waspada pada kebakaran dan penyakit. Hal ini tak semata-mata sebagai peringatan saja. Mengetahui sudah beberapa kali terjadi kebakaran pada area-area di Jakarta. Selain itu, ada juga wilayah Jakarta yang masuk golongan hari tanpa hujan. Sebagai warga masyarakat Anda wajib peduli pada keselamatan Anda pribadi dan lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan, serta pastikan setelah memasak, kompor telah mati dengan benar dan tidak ada kebocoran gas. Tetap waspada!


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.