Dampingi Jemaah Haji, TKHI Dibekali Materi Komunikasi Persuasif

Kesehatan

Dampingi Jemaah Haji, TKHI Dibekali Materi Komunikasi Persuasif

Dalam rangka memantau kondisi fisik para jemaah haji Indonesia yang mengalami kelelahan dan stres, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar Konsolidasi dan Penguatan Komunikasi Persuasif Petugas Kesehatan Haji Indonesia Tahun 2019.

Kegiatan tersebut digelar untuk lebih memaksimalkan pemantauan dan penanganan terhadap kondisi fisik jemaah haji. Di sisi lain, digelarnya acara ini juga berdasarkan pengalaman dari para petugas kesehatan haji pada tahun-tahun sebelumnya.

Seperti halnya, tak sedikit dijumpai jemaah haji yang mengalami kelelahan sehingga tidak mau beraktivitas. Atau sebaliknya, beraktivitas berlebihan saat pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. Hal ini dapat disebabkan karena faktor usia, beratnya prosesi haji, hingga ketidakmampuan beradaptasi.

[Baca Juga: Kemenkes Akan Kawal Kondisi Kesehatan Jemaah Haji]

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Cilandak, Jakarta Selatan ini diikuti sekitar 60 orang peserta. Mereka adalah Tim Keseahtan Haji Indonesia (TKHI) yang berasal dari wilayah Jabodetabek.

Widyaiswara asal BBPK Ciloto Jawa Barat Iman Kastubi menceritakan, beberapa pengalaman yang dialami petugas kesehatan ketika menghadapi jemaah haji yang merasakan kelelahan atau stres.

“Sementara kemampuan teknis sebagai tenaga kesehatan yang menonjol ialah memberikan tindakan medis dengan pengobatan. Padahal bisa didukung dengan penanganan kekuatan mental dan mendorong motivasi spiritual kepada jemaah,” ceritanya seperti dikutip dari depkes.go.id (23/6/2019).

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Berikan Hibah 1,25 M untuk Penyelenggaraan Haji]

Kemampuan komunikasi persuasif yang diberikan kepada tenaga kesesehatan yang tergabung dalam TKHI dirasakan amat diperlukan. Mengingat para TKHI yang sehari-hari menanganani jemaah secara langsung dalam kelompok terbangnya.

Teknik komunikasi seperti itu menjadi salah satu upaya untuk melengkapi kemampuan teknis tenaga kesehatan untuk memandirikan jemaah dalam memelihara kesehatannya. Terdapat empat macam materi komunikasi persuasif yang disampiakan kepada para peserta, yakni promosi kesehatan, akupresur atau pijat, SEFT dan hipnoterapi.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.


Comments


Please Login to leave a comment.