Dampingi Jemaah Haji, TKHI Dibekali Materi Komunikasi Persuasif

Kesehatan

Dampingi Jemaah Haji, TKHI Dibekali Materi Komunikasi Persuasif

Dalam rangka memantau kondisi fisik para jemaah haji Indonesia yang mengalami kelelahan dan stres, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar Konsolidasi dan Penguatan Komunikasi Persuasif Petugas Kesehatan Haji Indonesia Tahun 2019.

Kegiatan tersebut digelar untuk lebih memaksimalkan pemantauan dan penanganan terhadap kondisi fisik jemaah haji. Di sisi lain, digelarnya acara ini juga berdasarkan pengalaman dari para petugas kesehatan haji pada tahun-tahun sebelumnya.

Seperti halnya, tak sedikit dijumpai jemaah haji yang mengalami kelelahan sehingga tidak mau beraktivitas. Atau sebaliknya, beraktivitas berlebihan saat pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. Hal ini dapat disebabkan karena faktor usia, beratnya prosesi haji, hingga ketidakmampuan beradaptasi.

[Baca Juga: Kemenkes Akan Kawal Kondisi Kesehatan Jemaah Haji]

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK), Cilandak, Jakarta Selatan ini diikuti sekitar 60 orang peserta. Mereka adalah Tim Keseahtan Haji Indonesia (TKHI) yang berasal dari wilayah Jabodetabek.

Widyaiswara asal BBPK Ciloto Jawa Barat Iman Kastubi menceritakan, beberapa pengalaman yang dialami petugas kesehatan ketika menghadapi jemaah haji yang merasakan kelelahan atau stres.

“Sementara kemampuan teknis sebagai tenaga kesehatan yang menonjol ialah memberikan tindakan medis dengan pengobatan. Padahal bisa didukung dengan penanganan kekuatan mental dan mendorong motivasi spiritual kepada jemaah,” ceritanya seperti dikutip dari depkes.go.id (23/6/2019).

[Baca Juga: Pemkot Tangerang Berikan Hibah 1,25 M untuk Penyelenggaraan Haji]

Kemampuan komunikasi persuasif yang diberikan kepada tenaga kesesehatan yang tergabung dalam TKHI dirasakan amat diperlukan. Mengingat para TKHI yang sehari-hari menanganani jemaah secara langsung dalam kelompok terbangnya.

Teknik komunikasi seperti itu menjadi salah satu upaya untuk melengkapi kemampuan teknis tenaga kesehatan untuk memandirikan jemaah dalam memelihara kesehatannya. Terdapat empat macam materi komunikasi persuasif yang disampiakan kepada para peserta, yakni promosi kesehatan, akupresur atau pijat, SEFT dan hipnoterapi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.