Danau di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Dijadikan Data Center

Berita Kawasan

Danau di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Dijadikan Data Center

Dalam program Urban Farming 4.0 atau pertanian perkotaan 4.0, sistem internet untuk segala (internet of thing/IoT) dimanfaatkan untuk menunjang proses pertanian modern. Dengan semakin banyak data yang masuk yang nantinya akan dianalisa maka dalam penerapan Urban Farming 4.0 dibutuhkan juga fasilitas data center untuk penyimpanan data tersebut. Inilah yang sekarang tengah dipertimbangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mengingat, konsep pertanian ini sudah diterapkan pihak pemkot melalui Jaksel Farm dan terdapat fasilitas yang dipandang menunjang data center tersebut.

Danau di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan Dijadikan Data Center

Lokasi yang rencananya akan dijadikan lokasi berdirinya data center itu adalah di danau buatan yang berada di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Pemilihan lokasi ini sebenarnya berhubungan dengan penghematan energi. Mengingat kondisi bawah air yang dingin dipandang dapat membantu mendinginkan server di pusat penyimpanan data tersebut. Proses perencanaan ini sudah mencapai tahap peninjauan yang dilakukan pada pekan lalu.

Di proses peninjauan yang digelar pada 3 September 2019 itu, Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali bersama Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Provinsi DKI Jakarta langsung melihat keadaan danau buatan di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan. Pada tahapan ini, Marullah memandang keberadaan data center di sana dapat menunjang pengembangan Jaksel Farm.

[Baca Juga: Warga Kembali Mancing Ikan di Sungai Ciliwung]

“Saya bersama teman-teman dari TGUPP DKI meninjau lokasi yang berpotensi dijadikan tempat penyimpanan mesin data center di dalam air. Kalau nanti data-datanya memadai dan hasil verifikasi lapangan juga bagus, mungkin kita (Jakarta Selatan) bisa jadi wilayah pertama di Jakarta yang menggunakan itu,” ucap Marullah di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jalan Prapanca Raya No.9, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (3/7/2019). Nantinya selain menjadi data center untuk Jaksel Farm, fasilitas ini juga akan dimanfaatkan untuk laman www.jakartamaghribmengaji.id.

Perwakilan TGUPP Provinsi DKI Jakarta Bidang Respon Strategis Idhan Alfissyahrin Ismail melihat air danau buatan di kantor Wali Kota Jakarta Selatan memang tepat dijadikan penunjang keberadaan data center demi pengembangan Urban Farming 4.0. Pasalnya, air di danau yang dikelola Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan itu diklaim tidak akan surut walau musim kering sehingga tepat untuk membantu mendinginkan data center. Apalagi menurutnya, ini sejalan dengan program Gubernu DKI Jakarta Anies Basweda dalam perihal penghematan energi serta kreativitas pengurangan konsumsi listrik.

[Baca Juga: Jadi Lokasi Memancing, Waduk Rawa Babon Ramai Dikunjungi Warga]

“Bahwa penghematan energi harus terus diupayakan. Salah satunya dengan pemanfaatan danau di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan yang nantinya akan dijadikan sebagai pilot project pembangunan data center untuk cloud service data Urban Farming 4.0,” imbuh Idhan.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.