Dapur Umum 2.jpeg

Berita Kawasan

Dapur Umum Panunggangan Utara Bantu Sesama Warga yang Terkena COVID-19

Kota Tangerang tidak ketinggalan menjadi salah satu titik wilayah yang terkategori menjadi sumber peningkatan angka lonjakan kasus COVID-19. Akibat lonjakan yang terjadi, beberapa rumah sakit dan Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) di Kota Tangerang mencapai batas maksimal atau hampir penuh.

Menanggapi fenomena lonjakan tersebut, berbagai pihak lapisan masyarakat Kota Tangerang merespon dengan berbagai cara. Selain volume vaksinasi yang semakin ditingkatkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, masyarakat sendiri juga gotong royong melakukan antisipasi dengan berbagai cara. Salah satu yang patut diapresiasi adalah langkah kerja gotong royong warga Kelurahan Panunggangan Utara, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, yang kembali membentuk dan mendirikan dapur umum.

Dapur Umum 1.jpeg

Dapur Umum warga Kelurahan Penunggangan Utara tepatnya berdiri di wilayah RT 03/RW 01. Keberadaan kembalinya Dapur Umum di sini terinisiasi karena banyaknya warga Kelurahan Panunggangan Utara yang terpapar kasus COVID-19. Terhitung mencapai 15 warga yang harus melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing karena semakin menipisnya mendapatkan akses isolasi di rumah sakit atau Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) yang tersebar di wilayah Kota Tangerang.

Semangat saling membantu dan gotong royong antar warga itulah yang menyebabkan ide dibentuknya kembali Dapur Umum meletus serta berhasil direalisasikan.

“Awalnya kami bantu warga yang isolasi mandiri sekitar empat orang dengan memberikan sembako. Tapi, beberapa hari ini kasusnya semakin naik dan kami kewalahan. Akhirnya, berdiskusi dengan Pak Warji, selaku Lurah Panunggangan dan kami bersama-sama membangun dapur umum ini,” ungkap Mahmud Fauzi, Ketua Satgas COVID-19 RT 03 Kelurahan Panunggangan Utara.

[Baca Juga: Bantu Korban Banjir, Sudin Sosial Kembali Operasikan Dapur Umum di GOR Jaktim]

Dapur Umum tersebut dijalankan secara kolektif oleh seluruh warga dengan modal uang dana patungan, sekaligus membantu modal yang telah dijalankan lebih awal melalui dana kas RT tersebut. Dalam prosesnya, Dapur Umum berjalan setiap hari semenjak lonjakan kasus terjadi. Di mulai saat pagi hari dengan berbelanja dan memasak bersama yang terkoordinir, Dapur Umum menutup waktu kerjanya di sore hari.

“Jadi, kami mulai masak dari jam 9 itu untuk makan siang sekaligus makan sore atau malam. Nanti jam 11, makan siang akan diantarkan ke rumah-rumah warga yang sedang isolasi mandiri. Setelah itu, sekitar jam 2 atau 3 sore, makanan untuk makan malam akan kami antar. Dalam sehari, langsung masak dua kali sekaligus,” ungkap Siti Hasiah, Penanggung Jawab Dapur Umum saat menjelaskan proses kerja Dapur Umum.

Dapur Umum 3.jpeg

Keberadaan Dapur Umum juga telah mendapat dukungan dan bantuan dari pihak instansi pemerintah, baik kelurahan sampai kecamatan. Kerja sama dengan semangat gotong royong warga melalui Dapur Umum mempunyai peran konkrit selain memastikan bahwa warga yang terpapar dan menjalankan isolasi mandiri dapat terpenuhi kebutuhannya, sekaligus memastikan tetap di rumah saja untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus ke warga lainnya yang biasanya terdesak untuk beraktivitas demi memenuhi kebutuhannya.

Dapur Umum yang sangat bermanfaat dalam menjaga ketahanan pangan di akar rumput masyarakat ini tetap akan berjalan dalam waktu dekat ini, serta belum dipastikan sampai kapan Dapur Umum ini berdiri, semuanya dijalankan sesuai dengan kondisi.

Warga yang berpartisipasi di Dapur Umum tersebut juga berharap dan mengajak seluruh warga Kota Tangerang, untuk saling membantu warga sekaligus tetangga masing-masing dengan berbagai cara sesuai dengan kebutuhan masing-masing.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.