Mengetahui Karakter Seseorang Dari Genre Musik

Pendidikan

Dari 10 Genre Musik Ini dapat Diketahui Karakter Seseorang

Mendengar musik tak hanya sebuah hiburan, lantunan irama musik bisa juga digunakan untuk terapi emosional, mental, spiritual, dan lainnya. Musik memiliki genre yang bermacam-macam. Orang mempunyai selera musik yang berbeda-beda. Tahukah Anda bahwa karakteristik seseorang dapat diketahui dari genre atau aliran musik yang disukai? Melansir dari beberapa sumber, berikut karakter seseorang berdasarkan genre musik, antara lain:

1) Musik Jazz

Bagi Anda yang gemar mendengar musik jazz, Anda tergolongan orang yang kreatif, menghargai diri sendiri, mudah bergaul, dan santai. Selain itu, Anda juga termasuk orang yang teliti, ingin segalanya terlihat sempurna termasuk penampilan. Namun jika mood Anda kurang baik, sedikit tak bisa diatasi. Anda juga penyayang, romantis, terbuka, suka hal-hal baru, dan memiliki harga dirinya cukup tinggi.

[Baca Juga: Inilah Referensi Musik Meditasi Terbaik]

2) Musik Klasik

Anda yang senang mendengar melodi-melodi klasik gubahan maestro lama kayak Beethoven, Bach, dan Mozart, bukan berarti Anda memiliki selera yang tua. Sesuai dengan temponya, penggemar musik klasik berkarakter pendiam, penyendiri, cerdas, kreatif, suka kedamaian, dan menghindari konflik sekecil apapun.

Menurut hasil penelitian, penggemar genre ini relatif memiliki harga diri tinggi, tapi sedikit introver. Musik klasik memang bisa menenangkan hati pendengarnya karena alunannya cenderung lembut dan sangat menyentuh hati. Dan jika Anda adalah salah satu penggemarnya, berarti Anda termasuk orang yang terbuka pada pengalaman-pengalaman baru, dan bisa menerima pendapat orang lain.

3) Musik Rap dan Hip Hop

Lagu-lagu rap terkenal karena liriknya lugas dan musiknya dinamis. Kalau Anda hobi mendengarkan musiknya para rapper mumpuni seperti Eminem dan Timbaland, kemungkinan besar Anda adalah orang yang mudah bersosialisasi, penuh kebanggaan, memiliki pribadi yang outgoing, dan memiliki harga diri yang tinggi.

Mengetahui Karakter Seseorang Dari Genre Musik

4) Musik Blues

Karakter pencinta musik blues cenderung mirip dengan pencinta musik jazz yaitu terbuka, outgoing, dan punya harga diri yang cukup tinggi. Anda juga kreatif, cerdas, dan cenderung tenang. Para pecinta musik blues umumnya mencintai diri sendiri, mudah bergaul, dan cenderung santai dalam menghadapi banyak hal.

5) Musik Rhythm and Blues (R&B)

Pencinta aliran musik ini, biasanya adalah orang yang juga memiliki semangat tinggi dan selalu positif dalam berpikir. Selain itu, Anda juga pintar dalam berinteraksi dengan orang lain karena pribadi Anda yang menyenangkan dan ramah. Anda juga memiliki kreativitas yang cukup tinggi. Tetapi biasanya para penggemar musik ini juga kurang lembut, malahan cenderung lugas.

[Baca Juga: Pengaruh Musik Metal Terhadap Kegalauan]

5) Musik Indie

Musik yang satu ini memang beda dari yang lain, alias anti mainstream, dari lirik hingga gaya bermusiknya. Buat Anda yang suka dengan musik ini, biasanya memiliki kreativitas dan kecerdasan yang tinggi. Apalagi mengingat aliran musik satu ini yang memang sedikit berbeda. Jadi, tidak heran kalau penggemarnya juga memiliki pemikiran yang berbeda dari orang kebanyakan.

Penyuka aliran musik indie biasanya cenderung tertutup, juga tidak suka pekerjaan yang terlalu menghamburkan tenaga. Namun Anda juga kreatif. Menurut para peneliti, mereka cenderung memiliki self respect yang relatif rendah, kemudian sering merasa cemas, rendah diri, dan kurang sensitif.

7) Musik Rock

Tidak selalu kok yang suka musik metal itu identik dengan sifat keras dan arogan. Tetapi tahukah Anda? Di luar stereotip yang dilekatkan pada musik rock, ternyata menurut hasil survei North, para pecinta genre musik ini justru memiliki kepribadian yang cukup sensitif. Mereka umumnya punya jiwa kreatif dan santai, tetapi memiliki rasa bangga yang rendah terhadap diri sendiri, kurang suka bekerja keras, dan sedikit sulit bersosialisasi.

Penelitian lainnya tentang musik malah menyatakan, sebagian besar pencinta musik heavy metal adalah orang yang berperasan lembut, pembawaannya tenang, dan cukup sensitif. Namun mereka juga sedikit keras kepala dan egonya sedikit besar. Kalau sudah berpendapat, tidak suka dibantah dan akan mati-matian mempertahankan argumen. Di sisi lain, pecinta heavy metal memiliki kepercayaan diri yang mudah sekali drop.

Mengetahui Karakter Seseorang Dari Genre Musik

8) Musik Pop

Musik pop cocok untuk orang-orang dengan jiwa terbuka, mudah bergaul, pekerja keras, percaya diri, punya harga diri yang tinggi, sangat menghargai, dan peduli dengan keadaan di sekitarnya. Para peneliti menemukan bahwa mereka pada umumnya kurang kreatif dan nyaman dengan keadaan sekarang.

Musik pop memang digemari karena irama musiknya yang mudah diikuti dan enak didengar. Hampir semua orang menyukai jenis musik yang satu ini. Biasanya pecinta musik pop menyukai segala sesuatu yang simpel. Meskipun terlihat terlalu santai tapi, bukan berarti dia orang yang pemalas.

Pecinta musik pop ini juga biasanya pandai berbagi waktu dan senang menyenangkan hati orang lain. Anda termasuk orang yang pekerja keras, suka bersosialisasi, lembut, dan mencintai diri sendiri. Tetapi sayangnya kamu tidak terlalu punya jiwa kreatif dan seringkali sulit berpikiran relaks.

[Baca Juga: Mendengarkan Musik Jadi Lebih Asik dengan Spotify Station]

9) Musik Country

Penyuka musik country adalah orang-orang yang pekerja keras dan mudah bergaul. Selain itu, mereka juga memiliki jiwa petualang dan menyukai kebebasan dalam arti yang positif. Para pecinta jenis musik ini biasanya konvensional dan ramah.

10) Musik Reggae

Pecinta genre musik yang dipopulerkan oleh Bob Marley, ini menandakan bahwa Anda adalah seseorang yang berjiwa bebas dan umumnya memiliki kreativitas tinggi, santai, dan mudah bersosialiasi. Hidup Anda terlalu santai sehingga terlihat bukan pekerja keras. Anda sering menjadi pusat perhatian dan senang dalam keramaian.

Itulah beberapa karakteristik dari genre musik. Yang manakah Anda?


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.