Dari Ekonomi Sampai Psikologi, Pemkot Jakarta Barat Ungkap Manfaat Tren Ikan Cupang .jpg

Bisnis

Dari Ekonomi Sampai Psikologi, Pemkot Jakarta Barat Ungkap Manfaat Tren Ikan Cupang

Salah satu tren di masa pandemi COVID-19 yang hingga kini masih bisa Anda lihat baik di media sosial sampai di sudut-sudut jalan Ibu Kota adalah kemunculan para pedagang ikan cupang. Di mana tak sedikit yang memandang proses pengembangbiakan ikan ini terbilang mudah dan peminat untuk memeliharanya yang tinggi ketika mengisi luang di masa pandemi. Namun dari sisi membuka kesempatan untuk berbisnis, ternyata tren ikan cupang juga bermanfaat dari sisi kesehatan, khususnya psikologi.

Hal ini diungkapkan dalam webinar yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian atau Sudin KPKP Jakarta Barat. Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati yang turut hadir dalam webinar tersebut menyebut bagaimana acara ini merupakan kegiatan yang edukatif, khususnya bagi mereka yang baru akan memulai ternak usaha ikan cupang dalam mengisi waktunya di masa pandemi COVID-19.

Dari Ekonomi Sampai Psikologi, Pemkot Jakarta Barat Ungkap Manfaat Tren Ikan Cupang.jpg

“Ini kegiatan yang sangat positif. Untuk Sudin KPKP Jakarta Barat jangan pernah berhenti di sini saja, bahas terus tema-tema yang menarik. Masa pandemi bukan berarti kita berdiam diri, justru ini membuat kita semakin kreatif, semakin ingin menunjukkan kepada masyarakat dengan bersama bisa menjalani lebih baik lagi,” tutur Suharini, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (31/3/2021).

Seperti yang diungkapkan Kepala Sudin KPKP Jakarta Barat Iwan Indiranto, sebenarnya usaha ikan cupang terus berkembang minatnya apalagi dengan warna-warnanya yang indah dari sisi konsumen juga akan suka untuk memandanginya. Bahkan menurut Iwan dari sisi psikologi, memelihara ikan cupang juga cocok untuk membantu menurunkan stres.

[Baca Juga: Sudin KPKP Jakarta Timur Bantu UMKM Binaan Pasarkan Produknya]

Pandangan Iwan itu didukung oleh Psikolog Hertha Christabelle yang turut hadir sebagai pembicara di webinar tersebut. “Positif sekali, interaksi dengan hewan peliharaan terutama ikan cupang mendorong kita meningkatkan perilaku menolong atau pro-sosial. Dengan munculnya komunitas baru maka ada tren pertemanan yang positif yang selalu mendukung dan menghibur kita. Ditambah ada nilai ekonomisnya juga,” imbuh Hertha.

Hertha juga turut menyinggung keamanan dari interaksi antara ikan cupang dan anak-anak. Karena berbeda dengan hewan berbulu, seperti anjing dan kucing, ikan cupang tak menimbulkan reaksi alergi bila dipelihara. Apalagi bagi anak-anak, warna-warni dari ikan cupang dapat membangkitkan semangat serta kepercayaan diri mereka.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.