Dari Genflix sampai Netflix, Menilik Streaming Service di Indonesia

Berita Kawasan

Dari Genflix sampai Netflix, Menilik Streaming Service di Indonesia

Mayoritas masyarakat yang tinggal di Jabodetabek saat ini sudah memiliki jaringan internet di rumahnya. Hal ini membuat semakin banyak orang yang memilih menggunakan layanan streaming service dibandingkan menonton acara di televisi berlangganan konvensional. Pasalnya, dengan prinsip yang serupa, yakni membayar biaya langganan setiap bulannya, melalui streaming service over the top, Anda bisa menentukan sendiri program atau film apa yang Anda tonton dibandingkan televisi berlangganan yang semuanya berdasarkan jadwal.

[Baca Juga: Bosan Nonton Film Box Office? Kineforum Putar Film-film Alternatif]

Bila berbicara mengenai streaming service atau video on demand legal, Indonesia memiliki setidaknya enam layanan yang terbilang populer dengan harga serta tayangan yang beragam. Kira-kira apa saja ya? Inilah enam streaming service itu:

  • CatchPlay

CatchPlay merupakan perusahaan asal Taiwan yang memberikan layanan streaming service asal negara Taiwan. Sesuai negara asalnya, tidak mengherankan bila CatchPlay banyak menghadirkan serial televisi dan film Mandarin. Hal ini dipermudah dengan di bagian genre film yang bisa Anda klik dan mengarahkan ke menu khusus film-film mandarin.

Dengan kualitas HD yang bisa ditonton di berbagai perangkat, CatchPlay juga dilengkapi dengan teks terjemahan dalam Bahasan Indonesia dan Inggris. Sedangkan untuk biayanya ada yang gratis dengan batasan 10 judul per bulan di area gratis. Ada juga yang berbayar dengan harga Rp45.000 per bulan untuk menonton sepuasnya di area unlimited. Namun ada juga film-film yang harus kita keluarkan biaya tambahan untuk rental, biasanya film Hollywood baru, dengan harga Rp15.000-Rp22.000.

  • Genflix

Genflix adalah streaming service hasil karya anak bangsa yang dikenal netizen Indonesia karena menyiarkan layanan pertandingan sepakbola LIVE serta beberapa channel televisi ternama. Di sisi lain, Genflix juga memiliki serial televisi, film, serta animasi dari berbagai genre yang bisa Anda pilih. Di sini juga terdapat sejumlah konten lokal yang dekat dengan masyarakat Indonesia, seperti channel Jowo.

Untuk layanan LIVE, Genflix memberikannya secara gratis. Sedangkan untuk berbagai serial dan film yang ada di Genflix, pengguna harus membayar biaya langganan premium dengan harga Rp49.000 per bulannya.

  • VIU

Jika Anda termasuk penggemar drama asal negara Korea Selatan, maka VIU menjadi streaming service yang sudah Anda kenal dengan dekat. Layanan yang bermarkas di Hong Kong ini berfokus dengan berbagai konten serial televisi dan film dari Asia, jadi Indonesia dan Thailand masuk di dalam library VIU.

VIU memberikan dua opsi untuk pelanggannya dalam menikmati layanannya, yaitu gratis atau berlangganan premium. Untuk yang gratis, Anda bisa memilih serial televisi serta film yang tidak bertuliskan premium dan langsung menontonnya tapi akan ada tayangan iklan dalam sesi menonton Anda. Sedangkan premium yang biayanya Rp30.000 per bulan merupakan cara untuk menikmati semua tayanan di VIU tanpa khawatir iklan.

  • HOOQ

Layanan streaming service yang cara bacanya “hook” ini berasal dari Singapura dan memiliki banyak konten serial televisi dan film Indonesia. Selain itu, konten dari Hollywood juga tersedia di HOOQ yang bisa Anda saksikan dari biaya langganan sekitar Rp49.500 per bulannya. Untuk film-film baru dan populer, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewanya di streaming service ini.

Sebagaimana dilansir dari id.techinasia.com (11/9/2019), HOOQ banyak menjalin kerjasama dengan sejumlah rumah produksi di Indonesia sehingga tidak heran bila banyak konten dari streaming service ini berasal dari hasil karya anak bangsa. Selain itu, film-film Indonesia yang lawas pun bisa disaksikan di HOOQ.

  • Iflix

Iflix merupakan streaming service asal Malaysia yang terbilang populer karena walau memiliki banyak judul di library-nya, film serta serial televisinya bisa disaksikan secara gratis untuk pelanggan layanan internet dari provider tertentu seperti XL Axiata dan Indihome. Bagi Anda yang ingin menikmati streaming service ini tapi tidak berlangganan provider yang memberikan layanan Iflix gratis maka biaya langganan yang perlu dibayarkan per bulannya adalah Rp39.000.

Dari Genflix sampai Netflix, Menilik Streaming Service di Indonesia

  • Netflix

Di antara semua layanan streaming service, Netflix merupakan yang terpopuler dengan berbagai serial televisi dan film Barat yang terkenal di kalangan netizen Indonesia. Selain itu, ribuan konten di Netflix juga banyak yang masuk kategori Netflix Originals yang tidak bisa ditemukan di layanan streaming service lainnya dan tidak sedikit yang memiliki rating tinggi.

Untuk biaya, Netflix bisa dikatakan sebagai yang tertinggi dibandingkan dengan streaming service lainnya yang disebutkan di artikel ini. Dengan biaya per bulannya untuk paket dasar adalah Rp109.000 tapi hal ini dipandang setara dengan konten hiburan yang ditayangkan di Netflix. Sayangnya ada penyedia layanan jaringan internet yang memblokir Netflix jadi jika Anda ingin berlangganan streaming service ini maka perhatikan betul provider apa yang Anda gunakan.

[Baca Juga: Peran Viu Indonesia untuk Sineas Muda Bertalenta]

Dari enam pilihan streaming service di atas, sudahkan Anda berlangganan salah satu atau mungkin beberapa di antaranya? Jika belum, ayo coba! Ada beberapa yang memberikan langganan gratis di bulan pertama.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.