Riz.jpg

Properti dan Solusi

Dari Kaktus Jadi Makrame, Sebuah Dekorasi dari Riz.Flo

Membudidayakan kaktus di Kota Batu adalah tantangan tersendiri sebab kondisi kelembaban di daerah pegunungan yang cukup tinggi. Hal ini justru menjadi tantangan yang membanggakan untuk Rizquna Florist, yang lebih dikenal pecinta tanaman sebagai Riz.Flo. Galeri Kaktus Riz.Flo di Sidomulyo menampilkan beragam pot kaktus yang polos elegan dan yang dibungkus makrame dengan kesan etnik. Dari berbagai jenis kaktus, Riz.Flo kini menjelma sebuah jasa dekorasi ornamen rumah dengan tanpa menghilangkan nuansa florist dari kaktus.

Dibangun oleh sepasang suami istri, yakni Fajar Satria Asfar dan Zubdatul Muna, Riz.Flo pun melayani dengan cinta. Hal ini diterapkan dalam Riz.Flo sebagai wujud pengalaman bekerja secara estetik sebagai petani kaktus sebagaimana diterapkan Fajar Satria Asfar hingga saat ini. Kesan kaktus sebagai tanaman berduri lebur dalam narasi pemasaran yang dilakukan oleh Riz.Flo. Kaktus Agavoides Red Ebony misalnya, memberikan nuansa kasih sayang di area Padang Pasir. Sebagai organisme penyimpan air, keberadaan kaktus di padang pasir juga merupakan solusi substitusional untuk pelega dahaga. Dengan melubangi tubuh kaktus, kita bisa meminum air segar yang sudah disaring oleh membran tubuhnya. Narasi ini menjadi penampang harga kaktus di Riz.Flo mulai dari Rp50.000.

Dari konsep cinta itu pula, makrame yang awalnya hanya untuk membungkus pot pun jadi memiliki banyak haluan kreatif. Makrame bermotif bulan dan jaring-jaring, memberikan kesan kehangatan untuk area padang pasir yang cenderung dingin ketika malam. Sementara itu, ada pula motif akar yang menjadi sebuah simbol usaha mencapai nutrisi, dalam hal ini bisa diartikan sebagai tujuan hidup. Mekrame tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp35.000 untuk fungsinya sebagai pembungkus pot. Sementara itu, untuk makrame yang memang hendak digunakan sebagai hiasan dinding dibanderol dengan harga mulai dari Rp75.000.

Riz 2.jpg

Makrame yang diproduksi oleh Riz.Flo murni handmade dan dimulai dari sebuah keisengan. Melihat bentuk kaktus yang beraneka regam, belum lagi adanya kaktus yang menumbuhkan bunga mirip teratai, menjadi inspirasi tersendiri dalam membuat desain makrame. Keunikan ide ini menjadi narasi etnologi yang mana mendekatkan desain makrame tersebut dengan dari mana asal kaktus yang menginspirasi.

"Terletak di Dusun Sukorembug Desa sidomulyo Kecamatan Batu, Kota Batu. Tempatnya strategis berada di pinggir jalan dan bersebelahan dengan TPQ Al Muhtadi 01. Berhadapan dengan Balai Benih Ikan. Keduanya udah seperti ikon di desa itu," terang Mawaddah Madha.

"Udah kayak galeri seni tokonya, padahal yang utamanya dijual kaktus. Berkesan banget pokoknya, yang ngelayanin pemiliknya langsung dan banyak bercerita," ungkap Agung Mawan.


Read More

Riz.Flo

Sebuah studio dan toko kaktus yang sekaligus melayani home decor dengan makrame.

None
None

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.