Dari Perencanaan Hingga Ratusan Gerai, Ini Perjalanan Fore Coffee

Bisnis

Dari Perencanaan Hingga Ratusan Gerai, Ini Perjalanan Fore Coffee

Saat ini di hampir setiap sudut kawasan Jabodetabek, Anda sudah dapat menemukan berbagai coffee shop dan kafe. Namun bisa dikatakan tidak ada yang serupa dengan Fore Coffee. Di mana konsep bisnisnya menggabungkan gerai untuk menyajikan kopi Arabica asli Nusantara dengan teknologi sehingga semakin mempermudah konsumen untuk menikmati segelas kopi favorit mereka. Namun tahukah Anda bahwa hadirnya Fore Coffee tidak terlepas dari pembicaraan yang dilakukan para petinggi di East Ventures?

Sekadar informasi, East Ventures merupakan perusahaan modal ventura yang sudah berdiri sejak tahun 2009 di Kota Jakarta dan sudah menanamkan modal di berbagai bisnis startup yang tersebar di kawasan Asia Tenggara. Perusahaan ini didirikan oleh Wilson Cuaca, Batara Eto, dan Taiga Matsuyama. Berdirinya Fore Coffee di tahun 2018 pun dimulai dengan obrolan salah satu founder dari perusahaan modal ventura tersebut.

Dari Perencanaan Hingga Ratusan Gerai, Ini Perjalanan Fore Coffee

Ideation-nya satu minggu, jadi kan kita lagi nongkrong,Eh mau donk bikin kopi startup gitu, terus kapan kita bikin? Udahlah minggu depan lauch, terus kan masih belum ada cup-nya (dan) harus dipesan segala macam?’ Gue bilang di-print aja, ditempel stiker, udah jualan langsung,” ungkap Managing Partner East Ventures Wilson Cuaca terkait ide awal berdirinya Fore Coffee kepada awak media di sela-sela konferensi pers Penandatanganan Kerjasama Fore Coffee & Airy di Citywalk Sudirman, Jln. K. H Mas Mansyur No.Kav 121, Jakarta Pusat (20/11/2019).

[Baca Juga: Kerjasama dengan Airy, Fore Coffee Lebarkan Sayap Bisnisnya]

Setelah sepakat dengan ide tersebut serta memanfaatkan teknologi untuk mempermudah konsumennya mendapatkan kopi pada tanggal 1 Agustus 2018, pihak East Ventures pun memilih nama brand “Fore” yang berasal dari kata forest atau hutan. Nama ini disebut menggambarkan harapan pihak Fore Coffee agar bisnisnya dapat tumbuh dengan cepat, kuat, dan tinggi layaknya pohon di hutan serta dapat menghidupi semua yang ada di sekitarnya. Satu minggu kemudian, tepatnya 8 Agustus 2018, Fore Coffee pun resmi berdiri.

Dari Perencanaan Hingga Ratusan Gerai, Ini Perjalanan Fore Coffee

Pihak Fore Coffee menyebut, produk kopi yang disajikan merupakan 100 persen berasal dari biji kopi Arabica hasil petani di Indonesia. Hal ini disebut guna menghasilkan kopi berkualitas tinggi di setiap gelas yang diterima konsumennya. Konsep ini pun mulai diterapkan di satu gerai pertama sederhana Fore Coffee pada 8 Agustus 2018 yang berlokasi di Jakarta Selatan.

[Baca Juga: Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore]

Dari satu gerai itu, ekspansi secara berlanjut pun dilakukan Fore Cofee di wilayah Jabodetabek dan wilayah lainnya di Indonesia. Dengan saat ini totalnya ada sekitar 100 gerai Fore Coffee dan semuanya menerapkan tiga sistem dalam penjualannya yang terdiri dari aplikasinya sendiri, layanan food delivery dari ojek online, dan secara tunai yang dibayarkan konsumen di gerainya.

“Untuk jumlah download Fore apps sendiri, sekarang kita ada 1,5 juta registered user. Jadi ini sesuatu yang kita kembangkan (sendiri) dari Desember 2018, waktu kita pertama kali full launched itu 5.000, jadi sudah naik-naik terus sampai 1,5 juta registeres user,”pungkas Co-Founder serta COO Fore Coffee Elisa Suteja.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.