Selama Covid 19, Data Pendonor Darah Jadi Berkurang

Kesehatan

Data Selama COVID-19, Pendonor Darah Berkurang

Selama pandemi COVID-19 ini, pasokan darah hampir di seluruh negeri berkurang terlebih lagi dalam bulan Ramadan tahun ini karena lebih sedikit orang yang berpartisipasi. Palang Merah Indonesia (PMI) mencatat terdapat penurunan donor darah sebesar 60 persen di setiap daerah.

Biasanya, terkumpul 1.000 kantong pada hari-hari normal. Namun, selama pandemi COVID-19 yang bersamaan dengan bulan Ramadan hanya terkumpul 400 kantong per hari.

Melansir laman thejakartapost.com (14/05/2020), Kepala Bidang Unit Transfusi Darah Pusat PMI Linda Lukita Waseso mengungkapkan, sejak kasus COVID-19 pertama dilaporkan pada bulan Maret yang diikuti dengan kebijakan physical distancing, banyak orang, lembaga serta masyarakat membatalkan janji untuk donor darah karena takut tertular virus corona.

Pondok-Indah-Pendidikan-Siswi-Ini-Berhasil-Membuat-Aplikasi-untuk-Bantu-Donor-Darah-Emil.jpg

Selain itu, banyak rumah sakit menunda operasi elektif - atau prosedur terjadwal dan nondarurat yang juga sering memerlukan transfusi darah.

Namun, permintaan darah tetap tinggi, terutama untuk orang dengan talasemia dan hemofilia, yang memerlukan transfusi teratur, serta ibu nifas saat melahirkan, bahkan pasien demam berdarah.

Menurut wakil kepala unit transfusi darah PMI Jakarta Niken Ritchie, penangguhan operasi elektif di banyak rumah sakit membantu mengurangi permintaan darah hingga 600 kantong per hari, tetapi itu masih tiga kali lipat dari pasokan.

[Baca Juga: PMI Depok Imbau Masyarakat Donor Darah Karena Stok Menipis]

Untuk memastikan suplai darah yang mencukupi secara nasional, PMI telah mengintensifkan donor darah di banyak lingkungan pada malam hari setelah umat Islam berbuka puasa dan terus mempromosikan donor darah di media sosial dan televisi. Mereka juga bekerja sama dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), polisi dan lembaga pemerintah untuk mendorong donor darah di antara pegawai negeri, anggota militer dan polisi.

Ketua PMI sekaligus mantan wakil presiden Jusuf Kalla mengimbau orang-orang sehat untuk menyumbangkan darah selama pandemi.

[Baca Juga: Wabah COVID-19, Donor Darah Tetap Aman]

PMI menerapkan protokol untuk memastikan jarak sosial di fasilitasnya dan menggunakan alat steril. Donor sekarang diminta untuk memberikan informasi medis tambahan, seperti apakah mereka adalah orang yang diawasi (ODP) untuk COVID-19, pasien di bawah pengawasan (PDP) atau memiliki riwayat perjalanan yang melibatkan negara-negara yang terkena dampak.

Salah seorang karyawan swasta Indra Bagoes mengatakan dia tidak ragu untuk donor darah di PMI Cilegon pekan lalu meskipun ada saran dari perusahaannya untuk menghindari tempat-tempat dengan risiko COVID-19 yang tinggi, seperti fasilitas kesehatan. “Saya percaya PMI telah menerapkan standar kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, untuk keselamatan baik donor maupun penerima,” ucapnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.