Daun Walang Sangit Bermanfaat Untuk Tubuh

Kesehatan

Daun Walang Sangit Bermanfaat untuk Tubuh

Bagi dunia pemancing daun walang sangit atau Achasma walang (Blume) Val. mugkin tidak akan asing lagi, sebagai salah satu campuran atau essen untuk umpan jitu khusus ikan nila yang beraroma khas. Tapi tahukah Anda? bahwa khasiat daun walang selain menjadi umpan jitu, juga mempunyai manfaat lain untuk kesehatan tubuh maupun sebagai resep makanan.

Daun walang yang juga disebut sebagai daun pandan lumut ini merupakan tumbuhan terna dengan tinggi rata-rata bisa mencapai 1,5 meter. Baunya mirip dengan binatang walang sangit apabila diremas, mengeluarkan aroma yang sangat menusuk hidung dan kuat sekali. Apalagi menempel di telapak tangan, maka baunya akan lama hilang. Melansir dari beberapa laman, berikut manfaat daun walang untuk tubuh.

[Baca Juga: Cara Memasak Daun Kelor Ada di 5 Resep Lezat Ini]

Daun Walang Sangit Bermanfaat Untuk Tubuh
  • Bahan Makanan

Menjadi bahan rempah masakan khas daerah Banten. Angeun Lada adalah makanan dengan bumbu beraroma khas dan kuat, yang menggunakan bahan daun walang.

  • Menghilangkan Bau Badan

Memiliki bau badan pasti sangat mengganggu sekali, apalagi jika tercium oleh orang sekitar Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun walang karena memiliki kandungan aldehida. Caranya mudah yakni, rebus hingga mendidih daun walang dengan 6 gelas air, kemudian biarkan sampai airnya menyusut menjadi 3 gelas air. Minumlah 3 gelas per hari.

  • Menambah Nafsu Makan

Menurut riset ilmiah dari journal Clinical Of Food & Nutrition pada 2001 menyebutkan, Asam Momordicine dan Asam Trichosanat yang ada pada daun walang sangit itu sangat efektif dalam menangani masalah turunnya nafsu makan pada seseorang.

Daun Walang Sangit Bermanfaat Untuk Tubuh

  • Baik untuk Gigi dan Tulang

Kalsium, fosfor, dan magnesium yang terkandung dalam daun ini, sangatlah baik dalam penutrisian gigi serta tulang pada tubuh. Terutama fosfor, dapat mencegah pengeroposan pada tulang.

  • Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun walang sangit, tentunya berguna untuk menjaga dan menyehatkan mata Anda. Terlebih lagi bagi Anda yang sering menggunakan komputer dan ponsel pintar pada jarak sangat dekat, disarankan untuk sering mengkonsumsi tanaman ini, agar mata bisa lebih sehat.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Daun walang sangit mengandung zat besi dan fosfor yang dapat melancarkan sistem sirkulasi darah menjadi lebih baik, sehingga organ-organ tubuh bisa bekerja secara optimal.

[Baca Juga: 5 Manfaat Daun Pegagan untuk Kesehatan]

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun walang. Tak hanya sekedar menjadi umpan ikan, melainkan manfaat apa yang ada dalam daun walang memang lebih efektif dari pada menggunakan obat-obatan kimia secara terus menerus. Bila Anda tidak memiliki tanaman ini, Anda dapat memperolehnya di toko online atau jika beruntung Anda bisa mendapatkan di sejumlah pasar tradisional.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.