Daur Bunga, Komunitas Daur Ulang Bunga yang Bagikan Semangat Baru

Berita Kawasan

Daur Bunga, Komunitas Daur Ulang Bunga yang Bagikan Semangat Baru

Penggunaan beragam bunga sebagai objek mempercantik ruangan seringkali ditemui dalam berbagai acara. Namun, sayangnya beragam bunga tersebut memang memiliki waktu hidup hanya sebatas hingga acara selesai. Tak jarang pula, saat usai acara akan ditemukan tumpukan bunga bersama sampah-sampah lain.

Lalu bagaimana kelanjutan kondisi bunga-bunga tersebut? Dengan mengusung semangat recycle, ada sebuah komunitas di kawasan Kota Tangerang yang siap menerima donasi ragam bunga yang sudah tidak digunakan usai berbagai acara. Komunitas ini bernama Daur Bunga yang sudah berdiri sejak 25 September 2016 sebagaimana tertulis di laman indorelawan.org (13/6/2019).

Daur Bunga, Komunitas Daur Ulang Bunga yang Bagikan Semangat Baru

Daur Bunga ingin menjadikan setiap tanaman terutama beragam bunga yang telah dipakai dalam suatu acara seperti, resepsi, ulang tahun, dan acara lainnya yang menggunakan dekorasi dari bunga asli dapat memperoleh kesempatan kedua kalinya dalam bentuk yang berbeda. Ragam bunga yang diterima Daur Bunga, akan dibuat menjadi karangan bunga sederhana untuk dibagikan kepada mereka yang butuh perhatian lebih.

[Baca Juga: Komunitas Peduli Sampah, Osoji Club Jakarta Rayakan HUT Ke-7]

Komunitas ini berdiri untuk berbagi kebahagiaan, menghasilkan senyum setiap orang yang mungkin terlupakan banyak orang. Jadi, gerakan komunitas ini mampu menciptakan peluang kedua bagi bunga yang tersisa untuk menghasilkan senyum. Sebab, faktanya memang tak banyak orang yang beruntung menerima bunga dalam hidupnya, terutama bagi kaum marginal, para tunawisma, dan para pasien rumah sakit yang dirawat menahun.

Komunitas Daur Bunga mampu membuktikan, penggunaan bunga daur ulang yang diterimanya yang kemudian diberikan kepada mereka, ternyata mampu menumbuhkan semangat baru. Berdasarkan unggahan dari akun instagram komunitas Daur Bunga @daurbunga, sudah banyak kegiatan komunitas ini membagikan karangan bunga sederhana ke berbagai lokasi.

Daur Bunga, Komunitas Daur Ulang Bunga yang Bagikan Semangat Baru

Berdasarkan pantauan dari akun instagram @daurulang, komunitas ini sudah melakukan berbagi kebahagiaan di Panti Sosial Tresna Wedha Budhi Mulia 2 Cengkareng, Panti Sosial Bina Karya Wanita Kedoya, RS Kanker Dharmais, hingga ke pedagang pinggir jalan.

[Baca Juga: Cleanee Jakarta Project, Gerakan Anak Muda Peduli Masalah Sampah]

Kesempatan kedua yang diupayakan komunitas Daur Bunga adalah agar bunga-bunga yang masih layak dan yang telah menunaikan tugasnya dalam mempercantik ruangan kini dapat mempercantik hari bagi seseorang yang mendapatkannya. Dengan membagikan karangan tangan sederhana dari ragam bunga hasil donasi, orang-orang yang menerimanya tentu akan merasa ada yang memperhatikan mereka.

Nah, bagi Anda yang sebentar lagi mengadakan suatu acara yang menggunakan tanaman dan ragam bunga, setelah selesai acara, sebaiknya donasikan saja ke komunitas Daur Bunga. Anda bisa mengirim pesan melalui akun instagram @daurulang atau melalui email info.daurbunga@gmail.com apabila Anda ingin turut berpartisipasi membagikan kebahagiaan dan semangat baru kepada mereka yang membutuhkan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.