Daya Ingat Lebih Kuat Ini Manfaat Gunakan Flashcard untuk Belajar

Pendidikan

Daya Ingat Lebih Kuat! Ini Manfaat Gunakan Flashcard untuk Belajar

Flashcard adalah metode kuno untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengingat suatu informasi dan memahami konsep. Flashcard sangat membantu dalam proses belajar. Flashcard dapat menjadi teman terbaik dan alat belajar favorit Anda. Ketika digunakan dengan benar, flashcard membuat segala macam informasi yang masuk ke otak akan lebih mudah untuk disimpan dan diingat.

Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu menulis pertanyaan di satu sisi kartu serta jawaban di sisi lainnya. Berikut manfaat menggunakan flashcard sebagai alat penunjang belajar yang dilansir dari laman brainscape.com (12/05/2020).

[Baca Juga: Ini Cara Temani Anak Belajar di Rumah dengan Nyaman]

1) Meningkatkan Kinerja Memori

Ketika Anda melihat sisi depan flashcard dan memikirkan jawabannya, Anda menggunakan kemampuan mental yang dikenal sebagai active recall.

Anda mencoba untuk mengingat pertama kali kartu dilihat dibandingkan hanya melihat isi buku teks atau mengenali suatu pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda. Flashcard sebagai active recall telah terbukti membuat koneksi neuron yang lebih kuat untuk menangkap suatu memori. Flashcard dengan mudah memfasilitasi pengulangan ingatan, yaitu cara terbaik untuk meningkatkan memori.

2) Melatih Kemampuan Metakognitif

Ketika Anda mencoba menjawab dari flashcard Anda, pada dasarnya Anda sedang bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana jawaban saya dibandingkan dengan jawaban yang satu ini?" Tindakan refleksi diri ini dikenal sebagai metakognisi. Penelitian menunjukkan bahwa menerapkan metakognisi cenderung menanamkan ingatan lebih dalam ke dalam pengetahuan Anda.

[Baca Juga: Efektivitas Belajar di Rumah Bergantung Peran Aktif Orangtua]

3) Daya Ingat yang Kuat

Belajar dengan mempelajari suatu informasi yang terus menerus diulang dapat membuat Anda lebih mengingat informasi itu. Mengulang-ulang suatu informasi setelah jangka waktu tertentu membantu menciptakan kenangan permanen, sedangkan memaksakan mengingat informasi dalam waktu yang singkat tidak akan membantu ingatan bertahan lebih lama.

Praktik pengulangan ini telah dibuktikan oleh penelitian selama beberapa dekade sebagai cara yang paling dioptimalkan secara ilmiah untuk meningkatkan kinerja memori.

Daya Ingat Lebih Kuat Ini Manfaat Gunakan Flashcard untuk Belajar

Nah, agar mudah belajar dengan menggunakan flashcard, berikut ada tips berharga yang dapat Anda praktikkan.

  • Kocok flashcard setiap kali Anda menggunakannya untuk memastikan mereka diurutkan dalam urutan yang berbeda.
  • Urutkan kartu menjadi tumpukan dua bagian saya tahu dan saya tidak tahu. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi konsep mana yang perlu diperhatikan.
  • Tinjau kartu yang tidak diketahui lebih dari sekali. Pengulangan adalah kuncinya.

Jadikan kegiatan belajar itu adalah hal yang menyenangkan, dengan menggunakan flashcard, kegiatan belajar akan lebih seru dari sekadar menatap teks buku berjam-jam tanpa hasil yang signifikan.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.