Dear Ladies, Pelecehan di Kantor Termasuk Kekerasan Seksual

Berita Kawasan

Dear Ladies, Pelecehan di Kantor Termasuk Kekerasan Seksual!

Saat ini Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) serta berbagai organisasi masyarakat tengah mengadakan berbagai program dalam rangka memperingati Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan 2019. Untuk tahun ini, tema utama yang disorot adalah terkait kekerasan seksual yang ternyata mencapai belasan ribu kasus di periode tahun 2016-2018. Namun tahukah Anda bahwa pelecehan seksual yang acap kali terjadi di lingkungan tempat kerja termasuk ke dalam kekerasan seksual?

Berdasarkan data yang dihimpun Komnas Perempuan dalam menangani kasus kekerasan seksual selama puluhan tahun, terdapat sekitar 15 jenis kekerasan seksual. Salah satunya adalah pelecehan seksual dan percaya atau tidak, ini cukup sering terjadi di mana-mana. Dari mulai ruang publik bahkan hingga tempat profesional seperti kantor tak luput dari hal ini.

Dear Ladies, Pelecehan di Kantor Termasuk Kekerasan Seksual

Sebagaimana dilansir dari komnasperempuan.go.id (29/11/2019) dijelaskan bahwa pelecehan seksual merupakan tindakan seksual yang terjadi lewat sentuhan fisik hingga non-fisik terhadap organ seksual atau seksualitas korban. Di mana ini termasuk siulan atau cat calling, main mata, ucapan bernuansa seksual, menunjukkan materi yang berbau pornografi, sentuhan terhadap bagian tubuh, gerakan, isyarat yang bersifat seksual yang memicu seseorang merasa tidak nyaman, tersinggung, direndahkan martabatnya, bahkan hingga memicu masalah kesehatan serta keselamatan.

[Baca Juga: Simak Agenda Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan]

Dari beberapa hal yang dipaparkan Komnas Perempuan di atas mungkin pernah Anda saksikan atau bahkan alami. Mau siapa saja yang melakukannya dari mulai atasan, rekan kerja, hingga bahkan klien, hal-hal tersebut bisa saja muncul dan ini kerap memicu korbannya merasa tak nyaman.

Jadi bukan hanya sesuatu yang bersifat kontak fisik, menggoda atau cat calling dengan gestur-gestur pun masuk ke dalam kategori pelecehan seksual yang terjadi di kantor. Walau banyak yang mungkin cenderung tidak mengindahkan hal-hal seperti ini dan hanya memandangnya sebagai bercanda saja tapi ini bukan sesuatu yang boleh dibiarkan. Mengingat intensitas pelecehan seksual bisa saja berkembang dan mengganggu kinerja kerja atau emosi Anda.

[Baca Juga: Ini Alasan Kampanye Anti Kekerasan Terhadap Perempuan Digelar 16 Hari]

Bila Anda menyaksikan hal ini terjadi atau bahkan mengalaminya di kantor, ada baiknya langsung melaporkan kepada atasan Anda. Bila tidak ada tindakan lanjut, Anda juga bisa meminta bantuan dari HRD di kantor. Dalam momen Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan 2019 sudah saatnya semua pihak memastikan kantor atau tempat kerja lainnya sebagai lokasi yang aman untuk kaum Hawa dapat berkarya.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.